Virsya Pramesti Salsabila

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Vir.JPG

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ

Biodata

Nama : Virsya Pramesti Salsabila

NPM : 1806181760

Fakultas/Jurusan : Teknik/Teknik Mesin

Tempat/Tanggal Lahir : Banjarmasin, 21 September 2001



Kelas Mekanika Fluida-02

Pertemuan 1 (31 Maret 2020)

Pertemuan pertama dari Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) dilakukan dengan video call melalui aplikasi Zoom.us oleh Asisten Dosen dari Pak DAI yaitu Bang Edo. Perkuliahan dimulai dengan sedikit review materi mengenai viskositas fluida. Setelah perkuliahan berjalan sekitar 30 menit pembahasan materi disudahi dan dilanjutkan dengan pengenalan awal penggunaan Software CFDSOF v1.5.


CFDSOF merupakan software simulasi analisis rekayasa berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD). Pada pertemuan hari ini kami mempelajari cara membuat simulasi aliran laminar pada pipa 2D.

Simul.jpg Grafikres.jpg

Kemudian dilakukan pula simulasi menggunakan software lain yaitu ParaView. Berikut merupakan bentuk simulasi pada ParaView beserta grafik yang dihasilkan

Cfdpost.jpg Grafik cfd.jpg


Pada pertemuan hari ini kami juga diberikan beberapa pertanyaan, yaitu :

  1. Apa itu Entrance Region?
  2. Apa itu Aliran Berkembang Sempurna (Fully Developed Flow)?
  3. Apa itu Entrance Length?
  4. Apakah pengaruh viskositas dan Pressure Drop pada aliran pipa?
  5. Bagaimana cara menghitung Pressure Drop pada suatu aliran?

Jawaban :

  1. Entrance Region adalah daerah atau bagian pada pipa yang dilalui oleh aliran hingga mencapai kondisi kecepatan aliran fluida yang seragam
  2. Aliran Berkembang Sempurna (Fully Developed Flow) adalah kondisi ketika profil kecepatan aliran fluida sudah seragam
  3. Entrance Lenght adalah jarak yang dilalui aliran dari awal masuknya fluida hingga titik awal aliran mencapai kondisi aliran berkembang sempurna (Fully Developed Flow)
  4. Pengaruh viskositas pada pipa adalah semakin besar viskositas maka semakin sulit fluida untuk bergerak didalam pipa. Sementara itu pengaruh Pressure Drop pada pipa adalah nilainya akan meningkat sebanding dengan gesekan dalam jaringan pipa dan begitu pula sebaliknya
  5. Pada Aliran Laminar
Lamvir.jpgLamvir1.jpg
Pada Aliran Turbulen
Turbu.jpg

Pertemuan 2 (1 April 2020)

Pertemuan kedua ini dimulai dengan penjelasan materi oleh Pak DAI serta dilanjutkan dengan tutorial cara menghitung Pressure Drop pada pipa oleh Bang Edo.

Materi yang dibahas oleh Pak DAI merupakan mengenai rumus dasar pada Mekanika Fluida, yaitu :

  1. Konservasi Energi
    Energiv.jpg
  2. Konservasi Massa
    Massav.jpg
  3. Konservasi Momentum
    Momentumv.jpg

Setelah itu diberi juga penjelasan mengenai pertanyaan yang diberikan pada pertemuan sebelumnya yaitu mengenai Entrance Region, Fully Developed Flow, dan Entrance Lenght. Berikut merupakan skema dari istilah diatas :

Skemavir.jpg

Kami juga diberikan suatu contoh kasus Incompressible Laminar Flow untuk disimulasikan pada CFDSOF. Berikut merupakan soal yang ditugaskan:

Soal1wa.jpeg

(a) Berikut merupakan hasil simulasi menggunakan CFDSOF dengan inlet velocity sebesar 0.01 m/s dan dynamic viscosity sebesar 4x10^-5 kg/m.s Soal1adin1.png Grafika1din1.jpg

Berikut merupakan bentuk simulasi pada ParaView beserta grafik profil kecepatan yang dihasilkan

Paraa1din11.jpg


Berikut merupakan hasil simulasi menggunakan CFDSOF dengan inlet velocity sebesar 0.01 m/s dan dynamic viscosity sebesar 10^-5 kg/m.s Soal1adin2.png Grafik1adin2.jpg

Berikut merupakan bentuk simulasi pada ParaView beserta grafik profil kecepatan yang dihasilkan

Para1adin22.jpg


(b) Berikut merupakan hasil simulasi menggunakan CFDSOF dengan dynamic viscosity sebesar 4x10^-5 kg/m.s dan inlet velocity sebesar 0.01 m/s Soal1bin1.png Grafik1bin1.jpg

Berikut merupakan bentuk simulasi pada ParaView beserta grafik profil kecepatan yang dihasilkan

Para1bin11.jpg


Berikut merupakan hasil simulasi menggunakan CFDSOF dengan dynamic viscosity sebesar 4x10^-5 kg/m.s dan inlet velocity sebesar 0.04 m/s Soal1bin2.png Grafik1bin2.jpg

Berikut merupakan bentuk simulasi pada ParaView beserta grafik profil kecepatan yang dihasilkan

Para1bin22.jpg

Pertemuan 3 (7 April 2020)

Pada pertemuan ketiga ini perkuliahan kembali dimulai dengan pembahasan materi dari Pak DAI dan juga latihan simulasi dari Bang Edo.

Pak DAI memulai dengan mengulang kembali materi-materi perkuliahan sebelumnya, kemudian membahas mengenai Governing Equation pada rumus dasar Mekanika Fluida yang dibahas pada pertemuan kedua. Governing Equation yang dimaksud dapat dilihat dari gambar dibawah ini.

Laminar flow through the parallel- plate analytical sol 1.png

Setelah itu Pak DAI membahas mengenai hubungan gaya inersia dengan Bilangan Reynold. Bilangan Reynold merupakan perbandingan antara inertia force dengan friction force, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Reyin1.jpg

Pak DAI juga menjelaskan mengenai pengaruh viskositas fluida pada Entrance Region dan Fully Developed Flow. Semakin kental fluida, maka fluida akan mencapai Fully Developed Flow lebih cepat dan pembentukan Entrance Region. Begitu pula sebaliknya.

Kemudian kami juga diberikan soal dibawah ini oleh Pak DAI untuk dipelajari dan juga didiskusikan bersama

Soalwa2.jpeg

Latihan simulasi dari Bang Edo kali ini dimulai dengan membuat model pipa pada software SolidWorks. Kemudian, bagian model pipa tersebut di save sebagai file .stl secara terpisah untuk membedakan bagian inlet, outlet, dan wall. Setelah itu dilanjutkan kembali menggunakan CFDSOF untuk melakukan simulasi pada fluida tersebut.

Pertemuan 4 (8 April 2020)

Pertemuan kali ini Pak DAI membahas mengenai pengaruh Bilangan Reynold terhadap suatu aliran, terutama aliran turbulen. Pada Bilangan Reynold rendah, lapisan bergerak dengan ideal karena masih terpengaruh dengan efek viskositas yang besar. Aliran dengan Re rendah ini disebut juga dengan Aliran Laminar. Sementara itu pada Aliran Turbulen yang memiliki Re tinggi, kecepatan aliran akan terus berubah-ubah setiap saat (rapid fluctuation). Gambar dibawah ini merupakan grafik kecepatan Aliran Turbulen terhadap waktu pada suatu titik.

813munson.jpg

Dari grafik tersebut kita dapat menentukan kecepatan rata-rata dengan rumus dibawah ini.

Rumusvturb.jpg
Rumusvturb2.jpg

Dengan v bar adalah kecepatan rata-rata dan v' merupakan kecepatan fluktuasi.

Kami juga membahas contoh soal dibawah ini

Soal84a.jpg
Soal84b.jpg

Pertemuan 5 (14 April 2020)

Pada pertemuan kelima ini, Pak DAI mengadakan Quiz 1 dimana kami harus membuat artikel yang topiknya berhubungan dengan Soal-Jawab Mekanika Fluida nomor 1 hingga 6. Dibawah ini merupakan artikel yang saya buat untuk quiz ini:

  1. Analytical Solution of Laminar Flow Through the Parallel-Plate
    Persamaan pada Mekanika Fluida
    Pada mekanika fluida terdapat 3 rumus dasar, yaitu Hukum Konservasi Energi, Hukum Konservasi Massa, dan Hukum Konservasi Momentum.
    Energiv.jpg Massav.jpg Momentumv.jpg
    Governing Equation merupakan persamaan yang menjelaskan baagaimana nilai dari variabel yang tidak diketahui (dependent) ketika variabel yang diketahui (independent) berubah. Pada pembahasan Example 3.4 ini dapat dilihat bahwa solusi ini merupakan Governing Equation yang didapatkan dari menurunkan Hukum Kekekalan Massa dan Hukum Kekekalan Energi.
    Apabila terdapat detail viskositas, jarak plat, dan sebagainya kita dapat memprediksi solusi yang ada pada pembahasan menggunakan Navier-Stokes Equation. Persamaan ini menjelaskan bagaimana hubungan kecepatan, tekanan, temperatur, dan massa jenis fluida bergerak
  2. Laminar Parallel Plate Flow - CFD Simulation
    Pengaruh Reynold Number pada Suatu Aliran Laminar
    Bilangan Reynold merupakan perbandingan antara inertia force dengan friction force. Apabila Re bernilai kecil (<2100) maka inertia force tidak mendominasi friction force, sehingga aliran tersebut bersifat laminar.
    Ditanyakan profil kencepatan antara inlet dengan hydrodynamic entrance length, yaitu jarak yang dilalui aliran dari awal masuknya fluida hingga titik awal aliran mencapai kondisi aliran berkembang sempurna.
    Dari solusi profil kecepatan yang tersedia dapat terlihat pengaruh viskositas dan kecepatan fluida terhadap pembentukan aliran berkembang sempurna. Semakin rendah nilai Re, maka semakin cepat terbentuknya aliran fluida berkembang sempurna. Hal ini menyebabkan Entrance Length yang lebih pendek.
  3. Turbulent Parallel Plate Flow - CFD Simulation Case Study
    Pengaruh Reynold Number pada Suatu Aliran Turbulen
    Apabila Re bernilai besar (>4000) maka inertia force mendominasi friction force, sehingga aliran tersebut bersifat turbulen. Aliran turbulen mengalami perubahan kecepatan secara rapid setiap saat (fluktuasi). Oleh karena itu dibutuhkan rumus untuk memperhitungkan kecepatannya.
    Rumusvturb.jpg Rumusvturb2.jpg
    Dengan nilai re yang besar maka mencapi aliran berkembang sempurna juga lebih lama, sehingga memiliki entrance length yang lebih panjang.
  4. Soal Jawab Mekanika Fluida, Munson, Example 8.2 Laminar Pipe Flow
    Pressure Drop pada Aliran dalam Pipa
    Pressure Drop adalah penurunan tekanan dari satu titik dalam pipa atau tabung ke hilir titik. Pressure drop pada pipa nilainya akan meningkat sebanding dengan gesekan dalam jaringan pipa dan begitu pula sebaliknya. Pada aliran laminar pressure drop dapat dihitung dengan rumus dibawah ini:
    Lamvir.jpg Lamvir1.jpg
    Pada aliran turbulen:
    Turbu.jpg
    Pressure drop pada pipa juga dipengaruhi oleh tingkat kemiringan pipa. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan hidrostatik, yaitu tekanan yang ada karena ketinggian fluida dari fluida terhadap titik steady statenya.
  5. Turbulent Pipe Flow Properties, Example 8.4, FFM, Munson Et. Al
    Pembentukan Viscous Sub-Layer pada Aliran Turbulen dalam Pipa
    Turbulenmunson.jpg
    Pada suatu aliran pipa terdapat viscous sublayer yang merupakan lapisan yang berada pada pinggir pipa. Dilihat pada gambar diatas kita dapat melihat bagaimana shear stress dan kecepatan fluida dapat dipengaruhi oleh reynold's number. Kecepatan fluida pada pinggiran dari boundary layer lebih seragam dan kecepatan tinggi ini lebih ditemukan dekat pada wall dibandingkan dengan pada aliran laminar. Hal ini menyebabkan gradien yang sangat curam di posisi dekat pada wall dan memiliki shear stress yang tinggi. Shear stress dan pressure drop yang lebih tinggi pada aliran turbulen ini disebabkan oleh tebalnya viscous sublayer.
  6. Comparison of Laminar or Turbulent Pressure Drop
    Perbandingan Pressure Drop pada Aliran Laminar dan Turbulen
    Pressure drop pada aliran turbulen lebih besar dibandingkan pada aliran laminar. Nilai pressure drop ini dikarenakan aliran turbulen memiliki tegangan gesek dan viscous, sementara pada aliran laminar hanya didominasi oleh tegangan viscous. Selain itu dipengaruhi juga oleh friction factornya, dimana pada aliran laminar menggunakan rumus yang dipengaruhi oleh Re saja dan pada aliran turbulen friction factor ditentukan berdasarkan formula ColeBrook
    Lamvir1.jpg Lamvir3.jpg

Pertemuan 6 (15 April 2020)

Pada Pertemuan keenam ini Pak DAI menjelaskan mengenai Pressure Loss pada suatu aliran. Pressure loss adalah salah satu contoh perubahan energi tekanan menjadi energi dalam (panas). Terdapa dua macam loss, yaitu major losses dan minor losses

Major losses dapat terjadi pada pipa lurus dan disebabkan oleh gesekan pada dinding/viskositas.Minor losses dapat terjadi sebab adanya perubahan geometri benda yang dialiri oleh fluida, seperti pada valve, tees, bends, dan masih banyak lagi.Sementara head loss merupakan penurunan tekanan pada fluida yang mengalir.

Pertemuan 7 (21 April 2020)

Pada pertemuan ketujuh ini Pak DAI memberi kesempatan kepada mahasiswa bimbingannya Bang Agil M'16 untuk menjelaskan materi mengenai konversi energi air ke energi mekanikal yang merupakan topik skripsinya

Pertemuan 8 (22 April 2020)

Pada pertemuan kedelapan ini Pak DAI memberi kesempatan pada kami untuk menjelaskan mengenai artikel yang sudah dibuat untuk Quiz 1 yang paling kita pahami. Namun saya belum mendapat kesempatan untuk menjelaskan artikel saya pada pertemuan ini.

Pertemuan 9 (28 April 2020)

Pada pertemuan kesembilan ini Pak DAI kembali memberi kesempatan kepada kami untuk menjelaskan artikel yang dibuat untuk Quiz. Saya kembali tidak mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan artikel yang saya buat. Setelah itu Pak DAI membahas sedikit mengenai External Flow.

Pertemuan 10 (29 April 2020)

Pertemuan kesepuluh ini dimulai kembali dengan pembahasan materi External Flow oleh Pak DAI. Setelah itu dilanjutkan oleh simulasi CFDSOF bersama Bang Edo. Kali ini kami mencoba untuk mensimulasikan External Flow pada mobil.

Tugas Besar: Pengaruh Bentuk Peluru terhadap Drag (External Flow)

Sinopsis

Peluru keluar dari mulut senjata api pada kecepatan maksimal akan mengalami pengurangan kecepatan karena efek drag. Terutama pada jarak jauh, drag akan memiliki pengaruh yang lebih besar. Oleh karena itu analisis pengaruh bentuk peluru terhadap efek drag akan membantu memprediksi lintasan peluru dan memaksimalkan efektivitas.

Pada tugas besar ini saya akan melakukan simulasi pada peluru dengan bentuk yang berbeda untuk melihat pengaruhnya terhadap drag.

Pertemuan 11 (5 Mei 2020)

Pada pertemuan ini Pak DAI memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i yang belum mempresentasikan kontribusi dan progress belajar mereka.

Pertemuan 12 (6 Mei 2020)

Pada pertemuan ini Pak DAI kembali memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i yang belum mempresentasikan kontribusi dan progress belajar mereka.

Setelah itu kami juga mendiskusikan mengenai 'Mengapa saat diameter pipa membesar, pressure drop berkurang?'. pendapat saya mengenai topik ini adalah: 'pressure drop adalah penurunan tekanan dari satu titik ke hilir titik yang disebabkan oleh gaya gesek pada pipa. Semakin tinggi gaya gesek maka akan semakin besar pula pressure drop. Apabila pipa semakin kecil maka gaya gesek yang dihasilkan pada dinding pipa akan lebih besar dibandingkan dengan pipa dengan diameter besar. Oleh karena itu pressure drop pada pipa berbanding terbalik dengan diameter pipa'

Pertemuan 13 (12 Mei 2020)

Pada pertemuan ini Pak DAI memulai perkuliahan dengan membahas soal mengenai parallel plate flow

Setelah itu kami diminta untuk melanjutkan diskusi pendapat kami mengenai 'mengapa bagian atas airfoil mempunyai kecepatan aliran yang lebih cepat dari kecepatan aliran bagian bawah airfoil?' melalui grup WhatsApp.

Pertemuan 14 (13 Mei 2020)

Pada pertemuan ini kami diberikan kesempatan oleh Pak DAI untuk menunjukkan progress pengerjaan tugas besar, serta topik yang kami bawa.