Difference between revisions of "Dany Hendrik Priatno"
Dany.hendrik (talk | contribs) (→Perancangan Kapal LPD) |
Dany.hendrik (talk | contribs) (→Tugas Besar : DESAIN KRI TIPE LANDING PLATFORM DOCK (LPD) SEBAGAI KAPAL MARKAS BERBASIS HYBRID) |
||
(5 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
Line 289: | Line 289: | ||
7. Posisi Objek Bangunan '''tidak pada center''' input domain pada cfdsoft | 7. Posisi Objek Bangunan '''tidak pada center''' input domain pada cfdsoft | ||
− | + | Hasil latihan pada link berikut [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Latihan_CFDsoft_Beban_angin_pada_bangunan] | |
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
== '''PERTEMUAN 10''' == | == '''PERTEMUAN 10''' == | ||
Line 398: | Line 347: | ||
Dosen : Ass.Dosen Ibu Chandra | Dosen : Ass.Dosen Ibu Chandra | ||
− | Topik bahasan : | + | Topik bahasan : Perpindahan Panas Konduksi dan Konveksi pada Pelat dengan Program EES |
+ | |||
+ | Catatan tentang Konsep Dasar Perpindahan Panas | ||
+ | |||
+ | Perpindahan panas pada dasaranya terjadi sebagai akibat dari adanya ketidak seimbangan temperature. Proses perpindahan panas terjadi cukup rumit sehingga diperlukan model untuk menyederhanakan dalam peninjauan proses dengan memperhatikan hal-hal yang kurang berpengaruh terhadap proses secara keseluruhan. | ||
+ | |||
+ | '''a. Perpindahan panas secara konduksi''' | ||
+ | |||
+ | Perpindahan panas secara konduksi merupakan proses perpindahan panas jika panas mengalir dari tempat yang suhunya tinggi ketempat yang suhunya lebih rendah, dengan media penghantar panas tetap. | ||
+ | |||
+ | qk=-kA dT/dx | ||
+ | |||
+ | qk=k A/L (T1-T2)……………(1) | ||
+ | |||
+ | Dimana : | ||
+ | |||
+ | qk = laju panas konduksi yang berpindah (W) | ||
+ | |||
+ | A = luas penampang bidang (m2) | ||
+ | |||
+ | L = Tebal dinding (m) | ||
+ | |||
+ | k = kondusktivitas termal bahan | ||
+ | |||
+ | T = temperature (oC) | ||
+ | |||
+ | |||
+ | '''b. Perpindahan panas secara konveksi''' | ||
+ | |||
+ | Perpindahan panas secara konveksi merupakan perpindahan panas yang terjadi antara permukaan padat dengan fluida yang mengalir disekitarnya, dengan menggunakan media penghantar berupa fluida (cairan/gas). | ||
+ | |||
+ | qc=hc A (Tw-Tf) …………….(2) | ||
+ | |||
+ | qc/A=hc (Tw-Tf) | ||
+ | |||
+ | Dimana : | ||
+ | |||
+ | qc = laju panas konveksi yang berpindah (W) | ||
+ | |||
+ | A = luas penampang bidang (m2) | ||
+ | |||
+ | hc = koefisien konveksi (W/m2 C | ||
+ | |||
+ | Tw = temperature permukaan dinding (oC) | ||
+ | |||
+ | Tf = temperature fluida (oC) | ||
+ | |||
+ | c. Perpindahan panas secara radiasi | ||
+ | |||
+ | Perpindahan panas secara radiasi merupakan perpindahan panas yang terjadi karena pancaran/sinaran/radiasi gelombang elektro-magnetik, tanpa memerlukan media perantara. | ||
+ | |||
+ | qr=ε σ A (T_1^4-T_2^4) ………………..(3) | ||
+ | |||
+ | Dimana : | ||
+ | |||
+ | qr = laju panas radiasi yang berpindah (W) | ||
+ | |||
+ | A = luas penampang bidang (m2) | ||
+ | |||
+ | σ = konstanta Stevan_boltzman (W/m2 K) | ||
+ | |||
+ | Ɛ = emisivitas bahan (0< Ɛ <1) | ||
+ | |||
+ | Ɛ = 0, benda putih; Ɛ = 1, benda hitam | ||
+ | |||
+ | T = temperature fluida (oK) | ||
Line 411: | Line 425: | ||
4. Dany Hendrik P | 4. Dany Hendrik P | ||
− | Dilakukan presentasi kemajuan sinopsis tugas besar dengan tema | + | Dilakukan presentasi kemajuan sinopsis tugas besar dengan tema desain kapal tipe ''Landing Platform Dock'' (LPD) sebagai kapal markas berbasis hybrid |
+ | |||
+ | '''Latar Belakang''' | ||
+ | Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) tipe Lnading Platform Dock (LPD) merupakan kapal perang yang memiliki kemampuian dalam mengangkut personel maupun kendaraan tempur taktis maupun strategis dalam kegiatan pendaratan adminisntrasi. KRI tipe LPD juga dapat difungsikan sebagai alat angkut kendaraan tempur amfibi dan angkut heli yang memiiiki kemampuan Docking-Undocking guna mamproyeksikan kekuatan dari laut ke darat melalui LCU (Landing Craft Utiiity) dalam operasi amfibi, operasi pendaratan administrasi dan operasi lainnya sesuai direktif yang diberikan. Kapal LPD memiliki fungsi-fungsi yang dapat diemban untuk mendukung tugas pokoknya antara lain : | ||
+ | melaksanakan operasi pengeseran pasukan dan logistik atau operasi pendaratan administratif, mengangkut pasukan dan peralatan tempur serta dukungan terhadap OLP, melaksanakan Operasi Bhakti, mendukung pengoperasian heli, melaksanakan dukungan medis terbatas, melaksanakan dukungan logistik cair terbatas, melaksanakan Patroli Kamla dan mendukung tempat praktek pendidikan dan latihanEnergi mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan manusia. | ||
+ | |||
Gambaran kapal LPD sebagai berikut. | Gambaran kapal LPD sebagai berikut. | ||
Line 418: | Line 437: | ||
− | == ''' | + | == '''Tugas Besar : DESAIN KRI TIPE LANDING PLATFORM DOCK (LPD) SEBAGAI KAPAL MARKAS BERBASIS HYBRID ''' == |
+ | |||
+ | ==='''''A. Materi Pendukung'''''=== | ||
Kapal Ramah Lingkungan [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Kapal_Ramah_Lingkungan] | Kapal Ramah Lingkungan [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Kapal_Ramah_Lingkungan] | ||
Line 437: | Line 458: | ||
Integrasi Numerik dengan Metode Simpson [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Metode_Simpson_untuk_Integrasi_Numerik#2._Metode_Integrasi_Simpson] | Integrasi Numerik dengan Metode Simpson [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Metode_Simpson_untuk_Integrasi_Numerik#2._Metode_Integrasi_Simpson] | ||
+ | |||
+ | ==='''''B. Laporan (draft)'''''=== | ||
+ | |||
+ | Link pada page [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=DESAIN_KRI_TIPE_LANDING_PLATFORM_DOCK_(LPD)_SEBAGAI_KAPAL_MARKAS_BERBASIS_HYBRID-Dany_Hendrik_Priatno] | ||
+ | |||
+ | ==='''''C. Video Paparan'''''=== | ||
+ | |||
+ | Laporan kemajuan dalam bentuk video dapat diakses pada link berikut https://youtu.be/co55-ZDs2a4 | ||
+ | |||
+ | == '''PERTEMUAN 13''' == | ||
+ | |||
+ | |||
+ | Bismillah | ||
+ | |||
+ | Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 6 Mei 2019 | ||
+ | |||
+ | Dosen : Pak DAI | ||
+ | |||
+ | Topik bahasan : Optimalisasi yang terkait Tugas Besar |
Latest revision as of 22:33, 12 May 2019
Nama : Dany Hendrik Priatno NPM : 1806244364
Peminatan : Sumber Daya Maritim
Contents
PERTEMUAN 1
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 4 Februari 2019
Topik bahasan : Dosen : P. DAI
Klik Link berikut :
[1]
PERTEMUAN 2
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 11 Februari 2019
Topik bahasan : Dosen : P. DAI
Klik Link berikut :
[2]
Soal/latihan tugas minggu 2
Tugas sudah dikumpulkan melalui googleclassroom
link:
[3]
PERTEMUAN 3
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 18 Februari 2019
Topik bahasan : Dosen : P. DAI
Klik Link berikut :
[4]
Tugas minggu ini adalah menyusun rencana anggaran dan belanja (RAB) untuk membangun sebuah rumah.
Sebagai bahan muhasabah dan penyemangat dalam beramal berikut disampaikan beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan rumah di Surga Allah, InsyaAllah... cek link :
[5]
PERTEMUAN 4
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 25 Februari 2019
Topik bahasan : QUIS 1 Dosen : P. DAI
QUIS 1
Membuat sebuah model komputasi untuk membuat bangunan yang akan digunakan untuk usaha "service" (layanan) bangunan rumah atau kamar. jalankan simulasi tersebut dengan model tersebut untuk memutuskan keyalakan usaha tersebut (teknis dan ekonomis).
Penyelesaian, cek link berikut.
Tugas Pertemuan 4 adalah mempelajari Software yang dapat membantu dalam anaisis/perhitungan Beam pada struktur bangunan.
pada link berikut sedikit pengetahuan tentang software yang sering digunakan untuk membantu perencanaan struktur bangunan :
[7]
Mengenal lebih dekat SAP2000 :
[8]
wallahu a'lam
PERTEMUAN 5
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 04 Maret 2019
Dosen : P. DAI
Topik bahasan : Hasil Mempelajari Program Komputer untuk Analisa Struktur
Tugas Minggu 5 : Mengeksplor Program Frame3DD dan Latihan Struktur Truss
Tugas Frame3DD (Analisis Truss)
Sekilas Analisis Struktur :
[9]
Latihan Struktur Truss untuk desain Atap rumah, berikut desain awal truss dalam 2D, pada skema truss tersebut akan menjadi input dalam program FRAME3DD pada file ber-ekstensi .CSV dimana pada program FRAME3DD dipersyaratkan dalam input harus menyertakan data sebagai berikut :
• joint coordinates, • member geometry, • material moduli, • restrained joints, • prescribed displacements, • load information, and • optionally, mass information if a modal analysis is to be carried out.
Hasil latihan (Iterasi 1) program FRAME3DD untuk aplikasi pada struktur atap rumah (Truss) 2D dapat dilihat pada link berikut :
[10]
~ Wallahualam ~
PERTEMUAN 6
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 04 Maret 2019
Dosen : P. DAI
Topik bahasan : Diskusi Mengeksplor Program Frame3DD dan Latihan Struktur Truss (tugas 5)
Hasil Latihan (Iterasi 2) Analisis struktur atap (Truss) dengan program Frame3DD dapat dilihat pada link berikut :
[11]
Tugas untuk Minggu depan mencoba Software Frame3DD untuk aplikasi struktur Beam
Tugas Frame3DD (Analisis Beam+Column)
Pengertian Balok/Beam
Silahkan ikuti link berikut :
[12]
Pengertian Kolom (Column)
Silahkan ikuti link berikut :
[13]
Berikut rencana struktur Beam-Kolom yang akan di analisis
Hasil Latihan (Iterasi 1) Analisis struktur Balok dan Kolom dengan program Frame3DD dapat dilihat pada link berikut :
[14]
Bersambung, insyaAllah...
PERTEMUAN 7
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 18 Maret 2019
Dosen : P. DAI
Topik bahasan : Konsep Dinamika
Tugas Komptek
1. Analisa Balok bentang denga Frame3DD dan Review Dinamika serta aplikasinya pada struktur bangunan (durasi 1 minggu) 2. Analisa dinamis pada bangunan rencana (durasi 2 minggu)
Tugas Analisis Beam dan Review Dinamika
Analisis Dinamik
Sedikit pengetahuan tentang analisis dinamik pada bangunan (analisis Gempa) pada link berikut :
[15]
Tugas Analisis Beam
Berikut rencana struktur beam dari bagian struktur rumah tingkat 2 yang direncanakan dan perhitungan akan di lakukan analisis dengan Frame3DD
Spesifikasi balok beam sebagai berikut :
- Material utama : Beton kualitas K-225
- Dimensi : tiang ukuran 30 x 30 cm, balok melintang 30 x 40 cm
- Panjang Bentangan terbesar 5 meter, terpendek 3,5 meter
Spesifikasi rencana pembebanan : Beban terpusat pada node sambungan, diasumsikan beban total yang disangga oleh 4 kolom.
1. Percobaan 1, Asumsi beban total pada lantai 2 adalah 2 ton = 2000 kg, sehingga gaya total adalah (2.000 kg x 9.81 m/s2)= 19.620 N, gaya setiap node sambungan beam-kolom 19.620/4 = 4.905 N untuk beban di lantai 2, sedangkan beban di pondasi (lantai 1) mendapat tambahan sekitar 2000 N. 2. Percobaan 2, kondisi Percobaan 1 ditambah gaya eksternal sebesar 1000 N arah sumbu Y positif.
to be continued, insyaALLAH
PERTEMUAN 8
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 25 Maret 2019
Dosen : P. DAI
Topik bahasan : Produktifitas dalam Proses Belajar + UTS (tugas praktek EES tentang Inersia)
Tugas UTS
Skema inersia pada permukaan benda pejal,
Tugas, Susunlah program EES sebagai solusi untuk mencari momen inersia pada permukaan benda yang dapat digunakan untuk aplikasi momen inersia pada benda dengan berbagai bentuk potongannya..
sedikit penjelasan tentang Momen Inersia Penampang, klik link berikut [16]
PERTEMUAN 9
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 1 April 2019
Dosen : P. DAI
Topik bahasan : Pemaparan tugas UTS yaitu praktek penyusunan coding pada EES tentang Inersia
Pengantar Latihan Program CFDSOFT untuk membantu menganalisis beban angin pada bangunan rencana.
Tugas : Membuat analisis beban angin pada bangunan rencana dengan program cfdsoft.
Tugas Beban Angin pada Bangunan
Sedikit tulisan tentang Beban Angin pada Bangunan Tinggi seperti pada link berikut... [17]
Latihan1 cfdsoft
Latihan 1 program cfdsoft untuk menganalisis bangunan rencana dengan kondisi awal sebagai berikut :
Gambar 1. Bangunan rencana
1. Bangunan ukuran pendekatan lebar 10 meter, panjang 20 meter, tinggi 12 meter 2. Lokasi bangunan di wilayah kota Tangerang Selatan, dimana menurut BPS rata-rata kecepatan angin di wilayah ini adalah 5 m/s 3. arah angin tegak lurus bangunan (90 derajat terhadap tembok pada arah horisontal) 4. Model turbulensi = K-epsilon (penjelasan K-epsilon pada link berikut [18]) 5. Alokasi memory 100.000 cells 6. Ukuran domain panjang 100 meter, lebar 50 meter. 7. Posisi Objek Bangunan tidak pada center input domain pada cfdsoft
Hasil latihan pada link berikut [19]
PERTEMUAN 10
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 8 April 2019
Dosen : P. DAI
Topik bahasan : Mechanical Continum Model
Tugas : Mempelajari Diskretisasi pada model perambatan panas pada benda Solid dengan program EES
Teori Kontinum pada Mekanika
Link berikut [20]
Diskritisasi pada Computational Fluid Dynamic
Link berikut [21]
PERTEMUAN 11
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 15 April 2019
Dosen : P. DAI
Topik bahasan : Penjelasan Tugas Besar "Aplikasi Komputasi Teknik dalam Desain dan Analisis" dengan standar Zero Energi Building (ZEB) pada kasus Apartemen atau bangunan tinggi komersial lainnya.
ASISTENSI 1 TUGAS BESAR
Asistensi Tugas Besar I pada tanggal 16 April 2019 di ruangan Pa DAI
Kelompok yang telah disepakati dengan anggota dari peminatan Sumber Daya Maritim sebagai berikut :
1. Andi Cahyo 2. Mei Edy P 3. Syamsul Maarif 4. Dany Hendrik P
Pemaparan terkait usulan sinopsis tugas besar dengan tema rencana pembangunan bangunan tinggi/apartment untuk dikomersialkan. Arahan dari pak DAI : dengan mempertimbangkan background kompetensi dari anggota kelompok pada bidang peminatan maritim, dengan mengarahkan pada penggunaan program komputer untuk desain Kapal.
PERTEMUAN 12
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 22 April 2019
Dosen : Ass.Dosen Ibu Chandra
Topik bahasan : Perpindahan Panas Konduksi dan Konveksi pada Pelat dengan Program EES
Catatan tentang Konsep Dasar Perpindahan Panas
Perpindahan panas pada dasaranya terjadi sebagai akibat dari adanya ketidak seimbangan temperature. Proses perpindahan panas terjadi cukup rumit sehingga diperlukan model untuk menyederhanakan dalam peninjauan proses dengan memperhatikan hal-hal yang kurang berpengaruh terhadap proses secara keseluruhan.
a. Perpindahan panas secara konduksi
Perpindahan panas secara konduksi merupakan proses perpindahan panas jika panas mengalir dari tempat yang suhunya tinggi ketempat yang suhunya lebih rendah, dengan media penghantar panas tetap.
qk=-kA dT/dx
qk=k A/L (T1-T2)……………(1)
Dimana :
qk = laju panas konduksi yang berpindah (W)
A = luas penampang bidang (m2)
L = Tebal dinding (m)
k = kondusktivitas termal bahan
T = temperature (oC)
b. Perpindahan panas secara konveksi
Perpindahan panas secara konveksi merupakan perpindahan panas yang terjadi antara permukaan padat dengan fluida yang mengalir disekitarnya, dengan menggunakan media penghantar berupa fluida (cairan/gas).
qc=hc A (Tw-Tf) …………….(2)
qc/A=hc (Tw-Tf)
Dimana :
qc = laju panas konveksi yang berpindah (W)
A = luas penampang bidang (m2)
hc = koefisien konveksi (W/m2 C
Tw = temperature permukaan dinding (oC)
Tf = temperature fluida (oC)
c. Perpindahan panas secara radiasi
Perpindahan panas secara radiasi merupakan perpindahan panas yang terjadi karena pancaran/sinaran/radiasi gelombang elektro-magnetik, tanpa memerlukan media perantara.
qr=ε σ A (T_1^4-T_2^4) ………………..(3)
Dimana :
qr = laju panas radiasi yang berpindah (W)
A = luas penampang bidang (m2)
σ = konstanta Stevan_boltzman (W/m2 K)
Ɛ = emisivitas bahan (0< Ɛ <1)
Ɛ = 0, benda putih; Ɛ = 1, benda hitam
T = temperature fluida (oK)
ASISTENSI 2 TUGAS BESAR
Asistensi Tugas Besar pada tanggal 23 April 2019 di ruangan Pa DAI
Anggota yang hadir :
1. Andi Cahyo 2. Mei Edy P 3. Syamsul Maarif 4. Dany Hendrik P
Dilakukan presentasi kemajuan sinopsis tugas besar dengan tema desain kapal tipe Landing Platform Dock (LPD) sebagai kapal markas berbasis hybrid
Latar Belakang Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) tipe Lnading Platform Dock (LPD) merupakan kapal perang yang memiliki kemampuian dalam mengangkut personel maupun kendaraan tempur taktis maupun strategis dalam kegiatan pendaratan adminisntrasi. KRI tipe LPD juga dapat difungsikan sebagai alat angkut kendaraan tempur amfibi dan angkut heli yang memiiiki kemampuan Docking-Undocking guna mamproyeksikan kekuatan dari laut ke darat melalui LCU (Landing Craft Utiiity) dalam operasi amfibi, operasi pendaratan administrasi dan operasi lainnya sesuai direktif yang diberikan. Kapal LPD memiliki fungsi-fungsi yang dapat diemban untuk mendukung tugas pokoknya antara lain : melaksanakan operasi pengeseran pasukan dan logistik atau operasi pendaratan administratif, mengangkut pasukan dan peralatan tempur serta dukungan terhadap OLP, melaksanakan Operasi Bhakti, mendukung pengoperasian heli, melaksanakan dukungan medis terbatas, melaksanakan dukungan logistik cair terbatas, melaksanakan Patroli Kamla dan mendukung tempat praktek pendidikan dan latihanEnergi mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan manusia.
Gambaran kapal LPD sebagai berikut.
Gambar. Kapal Landing Platform Dock (LPD)
Tugas Besar : DESAIN KRI TIPE LANDING PLATFORM DOCK (LPD) SEBAGAI KAPAL MARKAS BERBASIS HYBRID
A. Materi Pendukung
Kapal Ramah Lingkungan [22]
Mengenal proses perancangan kapal pada link berikut [23]
Mengenal Lines plan pada desain kapal [24]
Mengenal hidrostatik dalam desain kapal [25]
Mengenal Kekuatan kapal []
Mengenal Stabilitas kapal []
Mengenal Power Prediction pada Desain Kapal []
Mengenal Rencana Umum pada Desain Kapal []
Integrasi Numerik dengan Metode Simpson [26]
B. Laporan (draft)
Link pada page [27]
C. Video Paparan
Laporan kemajuan dalam bentuk video dapat diakses pada link berikut https://youtu.be/co55-ZDs2a4
PERTEMUAN 13
Bismillah
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 6 Mei 2019
Dosen : Pak DAI
Topik bahasan : Optimalisasi yang terkait Tugas Besar