Difference between revisions of "Dany Hendrik Priatno"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Perancangan Kapal LPD)
(Tugas Besar : DESAIN KRI TIPE LANDING PLATFORM DOCK (LPD) SEBAGAI KAPAL MARKAS BERBASIS HYBRID)
 
(5 intermediate revisions by the same user not shown)
Line 289: Line 289:
 
  7. Posisi Objek Bangunan '''tidak pada center''' input domain pada cfdsoft
 
  7. Posisi Objek Bangunan '''tidak pada center''' input domain pada cfdsoft
  
Grid pada cfdsoft terkait dengan bangunan rencana untuk kebutuhan analisis disajikan sebagai berikut.
+
Hasil latihan pada link berikut [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Latihan_CFDsoft_Beban_angin_pada_bangunan]
  
[[File:grid1.jpg]]
 
Gambar 2. Grid posisi bangunan rencana pada cfdsoft
 
 
Hasil running program cfdsoft adalah berupa gambar vektor, kontur dan profil dari tekanan, kecepatan angin dan turbulensi disekitar objek bangunan rencana.
 
Berikut adalah yang terkait dengan tekanan yang dihasilkan, besar tekanan hasil perhitungan adalah maksimum '''112 Pa''' terjadi pada daerah tembok yang langsung terkena angin.
 
 
A. Vektor tekanan
 
 
[[File:vektortekanan1.jpg]]
 
 
B. Kontur tekanan
 
 
[[File:konturtekanan1.jpg]]
 
 
C. Profil tekanan
 
 
[[File:profiltekanan1.jpg]]
 
 
 
=====Latihan2 cfdsoft=====
 
 
Latihan  program cfdsoft untuk menganalisis bangunan rencana dengan kondisi awal seperti pada gambar 1 diatas, dengan perbaikan input sebagai berikut :
 
 
 
1. Bangunan ukuran pendekatan lebar 10 meter, panjang 20 meter, tinggi 12 meter
 
2. Lokasi bangunan di wilayah kota Tangerang Selatan, dimana menurut BPS rata-rata kecepatan angin di wilayah ini diasumsikan 10 m/s (ekstrim 2x lipat dari rata2)
 
3. arah angin tegak lurus bangunan (90 derajat terhadap tembok pada arah horisontal)
 
4. Model turbulensi = K-epsilon (penjelasan K-epsilon pada link berikut [https://anindioprabu.wordpress.com/2012/05/25/turbulensi-model-k-epsilon/])
 
5. Alokasi memory 100.000 cells
 
6. Ukuran domain panjang 100 meter, lebar 50 meter.
 
7. Posisi Objek Bangunan '''terletak pada center''' input domain pada cfdsoft
 
 
Grid pada cfdsoft terkait dengan bangunan rencana untuk kebutuhan analisis disajikan sebagai berikut.
 
 
[[File:grid2.jpg]]
 
Gambar 3. Grid posisi bangunan rencana pada cfdsoft
 
 
Hasil running program cfdsoft adalah berupa gambar vektor, kontur dan profil dari tekanan, kecepatan angin dan turbulensi disekitar objek bangunan rencana.
 
Berikut adalah yang terkait dengan tekanan yang dihasilkan, besar tekanan hasil perhitungan adalah maksimum '''1,015 x 10^5 Pa''' terjadi pada daerah tembok yang langsung terkena angin.
 
 
A. Vektor tekanan
 
 
[[File:vektortekanan2.jpg]]
 
 
B. Kontur tekanan
 
 
[[File:konturtekanan2.jpg]]
 
 
C. Profil tekanan
 
 
[[File:profiltekanan2.jpg]]
 
  
 
== '''PERTEMUAN 10''' ==
 
== '''PERTEMUAN 10''' ==
Line 398: Line 347:
 
Dosen : Ass.Dosen Ibu Chandra
 
Dosen : Ass.Dosen Ibu Chandra
  
Topik bahasan : Latihan Perhitungan Konveksi dengan Program EES
+
Topik bahasan : Perpindahan Panas Konduksi dan Konveksi pada Pelat dengan Program EES
 +
 
 +
Catatan tentang Konsep Dasar Perpindahan Panas
 +
 
 +
Perpindahan panas pada dasaranya terjadi sebagai akibat dari adanya ketidak seimbangan temperature. Proses perpindahan panas terjadi cukup rumit sehingga diperlukan model untuk menyederhanakan dalam peninjauan proses dengan memperhatikan hal-hal yang kurang berpengaruh terhadap proses secara keseluruhan.
 +
 
 +
'''a. Perpindahan panas secara konduksi'''
 +
 
 +
Perpindahan panas secara konduksi merupakan proses perpindahan panas jika panas mengalir dari tempat yang suhunya tinggi ketempat yang suhunya lebih rendah, dengan media penghantar panas tetap.
 +
 
 +
qk=-kA dT/dx
 +
 
 +
qk=k A/L (T1-T2)……………(1)
 +
 
 +
Dimana :
 +
 
 +
qk = laju panas konduksi yang berpindah (W)
 +
 
 +
A = luas penampang bidang (m2)
 +
 
 +
L = Tebal dinding (m)
 +
 
 +
k = kondusktivitas termal bahan
 +
 
 +
T = temperature (oC)
 +
 
 +
 
 +
'''b. Perpindahan panas secara konveksi'''
 +
 
 +
Perpindahan panas secara konveksi merupakan perpindahan panas yang terjadi antara permukaan padat dengan fluida yang mengalir disekitarnya, dengan menggunakan media penghantar berupa fluida (cairan/gas).
 +
 
 +
qc=hc A (Tw-Tf) …………….(2)
 +
 
 +
qc/A=hc (Tw-Tf)
 +
 
 +
Dimana :
 +
 
 +
qc = laju panas konveksi yang berpindah (W)
 +
 
 +
A = luas penampang bidang (m2)
 +
 
 +
hc = koefisien konveksi (W/m2 C
 +
 
 +
Tw = temperature permukaan dinding (oC)
 +
 
 +
Tf = temperature fluida (oC)
 +
 
 +
c. Perpindahan panas secara radiasi
 +
 
 +
Perpindahan panas secara radiasi merupakan perpindahan panas yang terjadi karena pancaran/sinaran/radiasi gelombang elektro-magnetik, tanpa memerlukan media perantara.
 +
 
 +
qr=ε σ A (T_1^4-T_2^4) ………………..(3)
 +
 
 +
Dimana :
 +
 
 +
qr = laju panas radiasi yang berpindah (W)
 +
 
 +
A = luas penampang bidang (m2)
 +
 
 +
σ = konstanta Stevan_boltzman (W/m2 K)
 +
 
 +
Ɛ = emisivitas bahan (0< Ɛ <1)
 +
 
 +
Ɛ = 0, benda putih; Ɛ = 1, benda hitam
 +
 
 +
T = temperature fluida (oK)
  
  
Line 411: Line 425:
 
  4. Dany Hendrik P
 
  4. Dany Hendrik P
  
Dilakukan presentasi kemajuan sinopsis tugas besar dengan tema rencana pembangunan unit kapal tipe ''Landing Platform Dock'' (LPD) yang dapat dimanfaatkan sebagai kapal Markas dan Bantu Bencana Alam.  
+
Dilakukan presentasi kemajuan sinopsis tugas besar dengan tema desain kapal tipe ''Landing Platform Dock'' (LPD) sebagai kapal markas berbasis hybrid
 +
 +
'''Latar Belakang'''
 +
Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) tipe Lnading Platform Dock (LPD) merupakan kapal perang yang memiliki kemampuian dalam mengangkut personel maupun kendaraan tempur taktis maupun strategis dalam kegiatan pendaratan adminisntrasi. KRI tipe LPD juga dapat difungsikan sebagai alat angkut kendaraan tempur amfibi dan angkut heli yang memiiiki kemampuan Docking-Undocking guna mamproyeksikan kekuatan dari laut ke darat melalui LCU (Landing Craft Utiiity) dalam operasi amfibi, operasi pendaratan administrasi dan operasi lainnya sesuai direktif yang diberikan. Kapal LPD memiliki fungsi-fungsi yang dapat diemban untuk mendukung tugas pokoknya antara lain :
 +
melaksanakan operasi pengeseran pasukan dan logistik atau operasi pendaratan administratif, mengangkut pasukan dan peralatan tempur serta dukungan terhadap OLP, melaksanakan Operasi Bhakti, mendukung pengoperasian heli, melaksanakan dukungan medis terbatas, melaksanakan dukungan logistik cair terbatas, melaksanakan Patroli Kamla dan mendukung tempat praktek pendidikan dan latihanEnergi mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan manusia.
 +
 
 
Gambaran kapal LPD sebagai berikut.
 
Gambaran kapal LPD sebagai berikut.
  
Line 418: Line 437:
  
  
== '''Perancangan Kapal LPD''' ==
+
== '''Tugas Besar : DESAIN KRI TIPE LANDING PLATFORM DOCK (LPD) SEBAGAI KAPAL MARKAS BERBASIS HYBRID ''' ==
 +
 
 +
==='''''A. Materi Pendukung'''''===
  
 
Kapal Ramah Lingkungan [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Kapal_Ramah_Lingkungan]
 
Kapal Ramah Lingkungan [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Kapal_Ramah_Lingkungan]
Line 437: Line 458:
  
 
Integrasi Numerik dengan Metode Simpson [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Metode_Simpson_untuk_Integrasi_Numerik#2._Metode_Integrasi_Simpson]
 
Integrasi Numerik dengan Metode Simpson [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Metode_Simpson_untuk_Integrasi_Numerik#2._Metode_Integrasi_Simpson]
 +
 +
==='''''B. Laporan (draft)'''''===
 +
 +
Link pada page [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=DESAIN_KRI_TIPE_LANDING_PLATFORM_DOCK_(LPD)_SEBAGAI_KAPAL_MARKAS_BERBASIS_HYBRID-Dany_Hendrik_Priatno]
 +
 +
==='''''C. Video Paparan'''''===
 +
 +
Laporan kemajuan dalam bentuk video dapat diakses pada link berikut https://youtu.be/co55-ZDs2a4
 +
 +
== '''PERTEMUAN 13''' ==
 +
 +
 +
Bismillah
 +
 +
Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 6 Mei 2019
 +
 +
Dosen : Pak DAI
 +
 +
Topik bahasan : Optimalisasi yang terkait Tugas Besar

Latest revision as of 22:33, 12 May 2019

DHP.jpg

Nama : Dany Hendrik Priatno                                                                                 
NPM : 1806244364

Peminatan : Sumber Daya Maritim


PERTEMUAN 1

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 4 Februari 2019

Topik bahasan : Dosen : P. DAI

Klik Link berikut :

[1]



PERTEMUAN 2

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 11 Februari 2019

Topik bahasan : Dosen : P. DAI

Klik Link berikut :

[2]

Soal/latihan tugas minggu 2

Tugas sudah dikumpulkan melalui googleclassroom

link:

[3]




PERTEMUAN 3

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 18 Februari 2019

Topik bahasan : Dosen : P. DAI

Klik Link berikut :

[4]

Tugas minggu ini adalah menyusun rencana anggaran dan belanja (RAB) untuk membangun sebuah rumah.

Sebagai bahan muhasabah dan penyemangat dalam beramal berikut disampaikan beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan rumah di Surga Allah, InsyaAllah... cek link :

[5]


PERTEMUAN 4

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 25 Februari 2019

Topik bahasan : QUIS 1 Dosen : P. DAI


QUIS 1

Membuat sebuah model komputasi untuk membuat bangunan yang akan digunakan untuk usaha "service" (layanan) bangunan rumah atau kamar. jalankan simulasi tersebut dengan model tersebut untuk memutuskan keyalakan usaha tersebut (teknis dan ekonomis).

Penyelesaian, cek link berikut.

[6]

Tugas Pertemuan 4 adalah mempelajari Software yang dapat membantu dalam anaisis/perhitungan Beam pada struktur bangunan.

pada link berikut sedikit pengetahuan tentang software yang sering digunakan untuk membantu perencanaan struktur bangunan :

[7]

Mengenal lebih dekat SAP2000 :

[8]

wallahu a'lam




PERTEMUAN 5

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 04 Maret 2019

Dosen : P. DAI

Topik bahasan : Hasil Mempelajari Program Komputer untuk Analisa Struktur

Tugas Minggu 5 : Mengeksplor Program Frame3DD dan Latihan Struktur Truss



Tugas Frame3DD (Analisis Truss)

Sekilas Analisis Struktur :

[9]

Latihan Struktur Truss untuk desain Atap rumah, berikut desain awal truss dalam 2D, pada skema truss tersebut akan menjadi input dalam program FRAME3DD pada file ber-ekstensi .CSV dimana pada program FRAME3DD dipersyaratkan dalam input harus menyertakan data sebagai berikut :

• joint coordinates, 
• member geometry, 
• material moduli, 
• restrained joints, 
• prescribed displacements,
• load information, and 
• optionally, mass information if a modal analysis is to be carried out.


Hasil latihan (Iterasi 1) program FRAME3DD untuk aplikasi pada struktur atap rumah (Truss) 2D dapat dilihat pada link berikut :

[10]

~ Wallahualam ~


PERTEMUAN 6

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 04 Maret 2019

Dosen : P. DAI

Topik bahasan : Diskusi Mengeksplor Program Frame3DD dan Latihan Struktur Truss (tugas 5)

Hasil Latihan (Iterasi 2) Analisis struktur atap (Truss) dengan program Frame3DD dapat dilihat pada link berikut :

 [11]

Tugas untuk Minggu depan mencoba Software Frame3DD untuk aplikasi struktur Beam

Tugas Frame3DD (Analisis Beam+Column)

Pengertian Balok/Beam

Silahkan ikuti link berikut :

 [12]

Pengertian Kolom (Column)

Silahkan ikuti link berikut :

 [13]

Berikut rencana struktur Beam-Kolom yang akan di analisis

PlanBC.jpg

Hasil Latihan (Iterasi 1) Analisis struktur Balok dan Kolom dengan program Frame3DD dapat dilihat pada link berikut :

[14]


Bersambung, insyaAllah...


PERTEMUAN 7

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 18 Maret 2019

Dosen : P. DAI

Topik bahasan : Konsep Dinamika


Tugas Komptek

1. Analisa Balok bentang denga Frame3DD dan Review Dinamika serta aplikasinya pada struktur bangunan (durasi 1 minggu)

2. Analisa dinamis pada bangunan rencana (durasi 2 minggu)

Tugas Analisis Beam dan Review Dinamika

Analisis Dinamik

Sedikit pengetahuan tentang analisis dinamik pada bangunan (analisis Gempa) pada link berikut :

[15]

Tugas Analisis Beam

Berikut rencana struktur beam dari bagian struktur rumah tingkat 2 yang direncanakan dan perhitungan akan di lakukan analisis dengan Frame3DD

Cobabeam1.jpg

Spesifikasi balok beam sebagai berikut :

  • Material utama : Beton kualitas K-225
  • Dimensi : tiang ukuran 30 x 30 cm, balok melintang 30 x 40 cm
  • Panjang Bentangan terbesar 5 meter, terpendek 3,5 meter

Spesifikasi rencana pembebanan : Beban terpusat pada node sambungan, diasumsikan beban total yang disangga oleh 4 kolom.

1. Percobaan 1, Asumsi beban total pada lantai 2 adalah 2 ton = 2000 kg, sehingga gaya total adalah (2.000 kg x 9.81 m/s2)= 19.620 N, gaya setiap 
node sambungan beam-kolom 19.620/4 = 4.905 N untuk beban di lantai 2, sedangkan beban di pondasi (lantai 1) mendapat tambahan sekitar 2000 N.

2. Percobaan 2, kondisi Percobaan 1 ditambah gaya eksternal sebesar 1000 N arah sumbu Y positif.

to be continued, insyaALLAH

PERTEMUAN 8

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 25 Maret 2019

Dosen : P. DAI

Topik bahasan : Produktifitas dalam Proses Belajar + UTS (tugas praktek EES tentang Inersia)

Tugas UTS

Skema inersia pada permukaan benda pejal,

Inersia1.png

Tugas, Susunlah program EES sebagai solusi untuk mencari momen inersia pada permukaan benda yang dapat digunakan untuk aplikasi momen inersia pada benda dengan berbagai bentuk potongannya..

sedikit penjelasan tentang Momen Inersia Penampang, klik link berikut [16]


PERTEMUAN 9

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 1 April 2019

Dosen : P. DAI

Topik bahasan : Pemaparan tugas UTS yaitu praktek penyusunan coding pada EES tentang Inersia

Pengantar Latihan Program CFDSOFT untuk membantu menganalisis beban angin pada bangunan rencana.

Tugas : Membuat analisis beban angin pada bangunan rencana dengan program cfdsoft.

Tugas Beban Angin pada Bangunan

Sedikit tulisan tentang Beban Angin pada Bangunan Tinggi seperti pada link berikut... [17]

Latihan1 cfdsoft

Latihan 1 program cfdsoft untuk menganalisis bangunan rencana dengan kondisi awal sebagai berikut :

Bangunan3.jpg
Gambar 1. Bangunan rencana
1. Bangunan ukuran pendekatan lebar 10 meter, panjang 20 meter, tinggi 12 meter
2. Lokasi bangunan di wilayah kota Tangerang Selatan, dimana menurut BPS rata-rata kecepatan angin di wilayah ini adalah 5 m/s
3. arah angin tegak lurus bangunan (90 derajat terhadap tembok pada arah horisontal)
4. Model turbulensi = K-epsilon (penjelasan K-epsilon pada link berikut [18])
5. Alokasi memory 100.000 cells
6. Ukuran domain panjang 100 meter, lebar 50 meter.
7. Posisi Objek Bangunan tidak pada center input domain pada cfdsoft

Hasil latihan pada link berikut [19]


PERTEMUAN 10

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 8 April 2019

Dosen : P. DAI

Topik bahasan : Mechanical Continum Model

Tugas : Mempelajari Diskretisasi pada model perambatan panas pada benda Solid dengan program EES

Teori Kontinum pada Mekanika

Link berikut [20]

Diskritisasi pada Computational Fluid Dynamic

Link berikut [21]


PERTEMUAN 11

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 15 April 2019

Dosen : P. DAI

Topik bahasan : Penjelasan Tugas Besar "Aplikasi Komputasi Teknik dalam Desain dan Analisis" dengan standar Zero Energi Building (ZEB) pada kasus Apartemen atau bangunan tinggi komersial lainnya.

ASISTENSI 1 TUGAS BESAR

Asistensi Tugas Besar I pada tanggal 16 April 2019 di ruangan Pa DAI

Kelompok yang telah disepakati dengan anggota dari peminatan Sumber Daya Maritim sebagai berikut :

1. Andi Cahyo 
2. Mei Edy P
3. Syamsul Maarif
4. Dany Hendrik P

Pemaparan terkait usulan sinopsis tugas besar dengan tema rencana pembangunan bangunan tinggi/apartment untuk dikomersialkan. Arahan dari pak DAI : dengan mempertimbangkan background kompetensi dari anggota kelompok pada bidang peminatan maritim, dengan mengarahkan pada penggunaan program komputer untuk desain Kapal.

PERTEMUAN 12

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 22 April 2019

Dosen : Ass.Dosen Ibu Chandra

Topik bahasan : Perpindahan Panas Konduksi dan Konveksi pada Pelat dengan Program EES

Catatan tentang Konsep Dasar Perpindahan Panas

Perpindahan panas pada dasaranya terjadi sebagai akibat dari adanya ketidak seimbangan temperature. Proses perpindahan panas terjadi cukup rumit sehingga diperlukan model untuk menyederhanakan dalam peninjauan proses dengan memperhatikan hal-hal yang kurang berpengaruh terhadap proses secara keseluruhan.

a. Perpindahan panas secara konduksi

Perpindahan panas secara konduksi merupakan proses perpindahan panas jika panas mengalir dari tempat yang suhunya tinggi ketempat yang suhunya lebih rendah, dengan media penghantar panas tetap.

qk=-kA dT/dx

qk=k A/L (T1-T2)……………(1)

Dimana :

qk = laju panas konduksi yang berpindah (W)

A = luas penampang bidang (m2)

L = Tebal dinding (m)

k = kondusktivitas termal bahan

T = temperature (oC)


b. Perpindahan panas secara konveksi

Perpindahan panas secara konveksi merupakan perpindahan panas yang terjadi antara permukaan padat dengan fluida yang mengalir disekitarnya, dengan menggunakan media penghantar berupa fluida (cairan/gas).

qc=hc A (Tw-Tf) …………….(2)

qc/A=hc (Tw-Tf)

Dimana :

qc = laju panas konveksi yang berpindah (W)

A = luas penampang bidang (m2)

hc = koefisien konveksi (W/m2 C

Tw = temperature permukaan dinding (oC)

Tf = temperature fluida (oC)

c. Perpindahan panas secara radiasi

Perpindahan panas secara radiasi merupakan perpindahan panas yang terjadi karena pancaran/sinaran/radiasi gelombang elektro-magnetik, tanpa memerlukan media perantara.

qr=ε σ A (T_1^4-T_2^4) ………………..(3)

Dimana :

qr = laju panas radiasi yang berpindah (W)

A = luas penampang bidang (m2)

σ = konstanta Stevan_boltzman (W/m2 K)

Ɛ = emisivitas bahan (0< Ɛ <1)

Ɛ = 0, benda putih; Ɛ = 1, benda hitam

T = temperature fluida (oK)


ASISTENSI 2 TUGAS BESAR

Asistensi Tugas Besar pada tanggal 23 April 2019 di ruangan Pa DAI

Anggota yang hadir :

1. Andi Cahyo 
2. Mei Edy P
3. Syamsul Maarif
4. Dany Hendrik P

Dilakukan presentasi kemajuan sinopsis tugas besar dengan tema desain kapal tipe Landing Platform Dock (LPD) sebagai kapal markas berbasis hybrid

Latar Belakang
Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) tipe Lnading Platform Dock (LPD) merupakan kapal perang yang memiliki kemampuian dalam mengangkut personel maupun kendaraan tempur taktis maupun strategis dalam kegiatan pendaratan adminisntrasi. KRI tipe LPD juga dapat difungsikan sebagai alat angkut kendaraan tempur amfibi dan angkut heli yang memiiiki kemampuan Docking-Undocking guna mamproyeksikan kekuatan dari laut ke darat melalui LCU (Landing Craft Utiiity) dalam operasi amfibi, operasi pendaratan administrasi dan operasi lainnya sesuai direktif yang diberikan. Kapal LPD memiliki fungsi-fungsi yang dapat diemban untuk mendukung tugas pokoknya antara lain : 
melaksanakan operasi pengeseran pasukan dan logistik atau operasi pendaratan administratif, mengangkut pasukan dan peralatan tempur serta dukungan terhadap OLP, melaksanakan Operasi Bhakti, mendukung pengoperasian heli, melaksanakan dukungan medis terbatas, melaksanakan dukungan logistik cair terbatas, melaksanakan Patroli Kamla dan mendukung tempat praktek pendidikan dan latihanEnergi mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan manusia.

Gambaran kapal LPD sebagai berikut.

LPD.jpg
Gambar. Kapal Landing Platform Dock (LPD)


Tugas Besar : DESAIN KRI TIPE LANDING PLATFORM DOCK (LPD) SEBAGAI KAPAL MARKAS BERBASIS HYBRID

A. Materi Pendukung

Kapal Ramah Lingkungan [22]

Mengenal proses perancangan kapal pada link berikut [23]

Mengenal Lines plan pada desain kapal [24]

Mengenal hidrostatik dalam desain kapal [25]

Mengenal Kekuatan kapal []

Mengenal Stabilitas kapal []

Mengenal Power Prediction pada Desain Kapal []

Mengenal Rencana Umum pada Desain Kapal []

Integrasi Numerik dengan Metode Simpson [26]

B. Laporan (draft)

Link pada page [27]

C. Video Paparan

Laporan kemajuan dalam bentuk video dapat diakses pada link berikut https://youtu.be/co55-ZDs2a4

PERTEMUAN 13

Bismillah

Catatan Kelas Komputasi Teknik tanggal 6 Mei 2019

Dosen : Pak DAI

Topik bahasan : Optimalisasi yang terkait Tugas Besar