Resume 3 Titin

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search

RESUME 3

Tanggal : 18 Februari 2019

Waktu : 08.00 – 10.00 WIB


Ditulis oleh : Ida Ayu Nyoman Titin Trisnadewi (1806268793)

Dosen : Dr. Ahmad Indra (DAI)

Prosedur penyelesaian masalah dengan komputasi teknik (PPMKT)

Komputasi Teknik memiliki tujuan yaitu diharapkan kita mampu memahami apa saja yang telah dibahas sebulumnya, sehingga tercapai pemahaman yang selaras. Untuk mencapai hal tersebut mahasiswa harus (fine tuned) yaitu menyamakan gelombang atau frekuensi pemahaman agar tidak salah tujuan dalam pembelajaran. Tujuan yang paling mendasar dari referensi komputasi teknik adalah menemukan Hikmah. Berdasarkan pada sila ke-4 dari Pancasila yang berbunyi : “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”, terdapat kata hikmah yang memiliki makna mendalam tujuan yang sangat mendasar dari proses pembelajaran dan pengkajian ilmu yang sudah merupakan hasil yang dapat diakui.

Setiap orang maupun benda masing-masing memiliki yang namanya frekuensi pribadi. Frekuensi pribadi adalah frekuensi dari sistem getaran bebas (free vibration). Atau dengan kata lain frekuensi ”kesukaan” dari sesuatu benda untuk bergetar. Seseorang bergoyang bila mendengar musik kesukaannya, maka benda (mesin atau struktur) juga akan ”bergoyang” (baca bergetar) pada frekuensi ”kesukaannya” yaitu pada frekuensi pribadi. Pada mata kuliah komputasi Teknik terdapat tugas-tugas yang akan diselesaikan secara bertahap dan diakhir semester memiliki rancangan rumah dengan optimasi dan biaya yang dikeluarkan. Dalam komputasi teknik terdapat urutan analisis atau pengkajian ilmu adalah sebagai berikut :

Resume 3.PNG

Seperti yang ditunjukan pada diagram alur di atas adalah urutan analisa dan pengkajian ilmu dalam komputasi teknik, dimana tujuan akhir yang didapat adalah hikmah. Hikmah adalah referensi komputasi teknik yang paling dasar yaitu kitab suci yang merupakan kumpulan dari semua hikmah.


Sistematika Komputasi Teknik

Dalam penyelesaian masalah dalam komputasi Teknik adapun sistematika yang hrus diikuti adalah sebagai berikut :

Resume 3a.PNG

1. Analisa masalah

Analisa masalah adalah suatu pemikiran untuk menyelesaikan masalah untuk menghasilkan langkah-langkah solusi. Pada proses analisa masalah terdapat 2 jenis masalah yaitu terstruktur dan tidak terstruktur. Terstruktur adalah jika suatu permasalahan sudah ada acuan atau rumus pasti dalam penyelesaiannya sehingga proses penyelesaiannya adalah dengan menggunakan acuan tersebut. Sedangkan tidak berstruktur adalah jika tidak ada role atau acuan yang sesuai maka dilakukan analisis masalah bagaimana penyebab dan solusi yang mungkin bisa digunakan untuk permasalahan tersebut.

2. Pemodelan

Pemodelan adalah proses untuk membuat sebuah model dari sistem. Model adalah representasi dari sebuah bentuk nyata, sedangkan sistem adalah saling keterhubungan antar elemen yang membangun sebuah kesatuan, biasanya dibangun untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan suatu pemodelan adalah untuk menganalisa dan memberi prediksi yang dapat mendekati kenyataan sebelum sistem di terapkan. Selain itu tujuan dari pemodelan adalah untuk memudahkan dan lebih memahami permasalahan yang akan diselesaikan.

3. Simulasi

Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu. Simulasi merupakan luaran dari sebuah pemodelan dan operasi dari software komputer yang telah di komputasi secara numerik. Simulasi bertujuan untuk memudahkan kita untuk melihat behavior dari hal dianalisis dari awal.

4. Cek hasil

Dari hasil yang diperoleh harus dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dalam pengecekan hasil ini dikenal dengan 2 metode yaitu sebagai berikut :

a. Verifikasi

Verifikasi adalah menguji apakah kita bisa menyelesaikan model matematisnya dengan benar, pengujian secara verifikasi dilakukan secara teoritis benar atau salah. Verifikasi adalah proses pemeriksaan apakah logika operasional model (program komputer) sesuai dengan logika diagram alur. Kalimat sederhananya, apakah ada kesalahan dalam program? (Hoover dan Perry, 1989); verifikasi adalah pemeriksaan apakah program komputer simulasi berjalan sesuai dengan yang diinginkan, dengan pemeriksaan program komputer. Verifikasi memeriksa penerjemahan model simulasi konseptual (diagram alur dan asumsi) ke dalam bahasa pemrograman secara benar

b. Validasi

Validasi adalah apakah kita sudah menyelesaikan persamaan yang benar. Validasi adalah proses penentuan apakah model, sebagai konseptualisasi atau abstraksi, merupakan representasi berarti dan akurat dari sistem nyata? (Hoover dan Perry, 1989); validasi adalah penentuan apakah model konseptual simulasi (sebagai tandingan program komputer) adalah representasi akurat dari sistem nyata yang sedang dimodelkan (Law dan Kelton, 1991).

5. Solusi dan Rekomendasi Solusi adalah jalan keluar atau jawaban dari suatu masalah. Sedangkan rekomendasi adalah usulan yang dapat disampaikan dari hasil pemecahan masalah. Jadi dari hasil verifikasi dan validasi yang dinyatakan sudah atau dipastikan benar, maka hasil akhir yang dapat menjadi sebuah luaran yang dimanfaatkan adalah berupa solusi permasalahan atau rekomendasi sebagai perbaikan dan saran-saran sesuai dari analisa hasil simulasi pemodelan.