Difference between revisions of "Materi Kelas"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Materi Kelas 2 September 2019)
(Materi Kelas 2 September 2019)
Line 82: Line 82:
  
 
Dalam kasus super posisi matrix dalam finite element.
 
Dalam kasus super posisi matrix dalam finite element.
 +
 +
Coding untuk kasus pegas yang menjadi soal kemarin adalah sebagai berikut
 +
 +
[[File:Pegas-1-Umas.jpg]]
 +
 +
[[File:Pegas-2-Umas.jpg]]
 +
 +
Yang kemudian disambung dengan menggunakan Coding dari eliminasi gauss yang telah dipelajari sebelumnya
 +
 +
[[File:Gauss-3-Umas.jpg]]

Revision as of 10:38, 9 October 2019

Materi Kelas 11 September 2019

Pada kelas tanggal 11 September 2019, dimulai dengan pendahuluan oleh pak Ahmad Indra dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pak Radon Dhelika.

Pak Ahmad Indra

Metode numerik belajar mengenai cara menyelesaikan model matematika. Pak Radon akan memberikan exercise lebih banyak lagi agar lebih lihai dan terampil dalam menyelesaikan masalah. Bahasa pemrograman itu adalah High Level Language karena digunakan untuk memberikan arahan untuk komputer dalam menyelesaikan suatu masalah, meskipun kita semua adalah anak mesin, kita harus mengerti cara pemodelan komputer hal ini sebenarnya utamanya digunakan karena kita tidak mampu mengingat yang terlalu banyak sehingga proses penghitungan yang berulang-ulang akan dilakukan oleh komputer tanpa merasakan lelah. Contohnya dari permainan catur di komputer saja, level dalam permainan itu memiliki algoritma dan ingatan masing-masing tentang cara berjalannya. Dalam papan catur saja ada 64 kotak dan pada tiap levelnya akan memiliki ingatan tersendiri sehingga akan dapat menyesuaikan gerakan lawan. Salah satu kegiatan di metode numerik ada yang namanya artificial intelegent, yang nantinya akan menggantikan teknisi dan lain lain. Contohnya google memiliki kemampuan menganalisis data manusia untuk memberika suggestion.

Mengenal istilah bit

Contohnya saat menginstal stress analysis, kadang ada sistem yang tidak bisa karena sistem kamu masih 32 bit, sedangkan dia minta 64 bit. Apakah ada yang tahu perbedaan antara 32 bit dan 64 bit?. Pada 32 bit itu pembacaan integernya ada pada tingkat 2^31, sedangkan pada 64 bit akan lebih banyak lagi sehingga pemorsesannya akan lebih becanda. Binary code yang dijalankan oleh komputer hanya terdiri 1 dan 0, ketika pemrosesan lebih dari 32 bit maka nanti disebut dengan overflow, sehingga tidak bisa merepresentasikan angka yang terlalu besar karena terbatas pada binary rigid. Hal ini sama halnya seperti pada otak kita ada slot-slot atau sektor yang menampung data.

Orang Berilmu

Orang kalo berilmu itu mikirnya pakai hati, karena otaknya sudah full digunakan. Caranya adalah dengan tau kita tau keterbatasan kita ada dimana. Otak manusia sangat terbatas dalam konteks hafalan. Einstein pernah bilang otak kita jangan jadi idiot karena teknologi. menurut pak dai 5.0 adalah pancasila, karena teknologi harus empowering human, jadi suatu saat teknologi tidak boleh melemahkan manusia, tapi memperkuat manusia. seperti halnya menunggang kuda, drivernya lah yang harus mengendalikan kudanya tersebut. manusia harus mengerti bagaimana karakteristiknya suatu teknologi. jadi kita harus paham bagaimana numeriknya suatu mesin.

Pak Radon Dhelika

Minggu ini akan menyampaikan dasar-dasar programming, nanti akan diberikan tugas dan ada asisten juga yang akan membantu proses belajar. Karena perlu speed up untuk perkenalan python. Untuk itu coba pilih 1 website untuk belajar phyton,tidak usah pindah-pindah dulu belajar dari 1 web terlebih dahulu karena pada buku ajar yang diberikan lebih banyak metode numeriknya daripada phytonnya, jadi rekomendasinya pakai website dan video.


Belajar Penggunaan Tuple dan List

1. Belajar Penggunaan Tuple

  rec=('Rizki','Aldila','Umas',(3,4,1999)) #Ini adalah sebuah tuple 
 NamaAwal,NamaTengah,NamaAkhir,TanggalLahir = rec
 #unpacking the tuple print (Nama Tengah)#akan dicetak Aldila
 TahunLahir = TanggalLahir[2]
 print(TahunLahir) #akan dicetak 1999
 name = rec[0]+''+rec[1]

 print(name) #akan dicetak Rizki Aldila
 print(rec[0:3]) #akan dicetak ('Rizki','Aldila', Umas) 

2. Belajar Penggunaan List

 a=[1.0,2.0,3.0] #Create a list 
 a.append(4.0) #Append 4.0 to list
 print(a) 
 a.insert (0,0.0) #inser t0.0 in position 0 
 print(a)
 print(len(a)) #Determine length of list
 a[2:4]=[1.0,1.0,1.0] #Modify selected elements print (a)
 print(a)

Materi Kelas 1 Metnum.jpg


Materi Kelas 25 September 2019

Sabtu minggu kemarin sudah diharapkan untuk mempelajari atau implementasi aljabar simultan. Hari ini kita akan mencoba membahas melalui satu web page saja.

Pemodelan berbasis komputer ada 2 terminologi, ada modelling dan ada komputer. Kalau temen-temen arsitek itu pemodelannya rumah atau maket, kalo sipil itu ada jembatan, kalau aerodynamics itu bikin mobil di wind tunnel, cover boy? model juga, grafik? juga model, lalu apa itu model?

sekarang kita berbicara tentang computer modelling, apakah itu?

Model => Representasi, simplifikasi, asumsi

Metode numerik untuk anak mesin


Materi Kelas 2 September 2019

Soal-soal mengenai spring ini adalah aplikasi aljabar simultan, mesikpun pengerjaannya menggunakan finite element namun untuk pembelajaran maka tetap diberikan ke mahasiswa. Dalam aljabar simultan ini kita menyelesaikan sistem persamaaan linear, dalam teknik khususnya teknik mesin banyak sistem sistem yang diselesaikan dengan aljabar simultan ini. Dalam kelas ini menggunakan bahasa penrograman phyton dengan alasan utama agar mahasiswa tidak sebagai user melainkan mengetahui bagaimana suatu mesin itu bekerja (memberikan perintah dari 0).

Dalam kasus super posisi matrix dalam finite element.

Coding untuk kasus pegas yang menjadi soal kemarin adalah sebagai berikut

Pegas-1-Umas.jpg

Pegas-2-Umas.jpg

Yang kemudian disambung dengan menggunakan Coding dari eliminasi gauss yang telah dipelajari sebelumnya

Gauss-3-Umas.jpg