Izzan Abror Makarim
Data Diri
Nama: Izzan A Makarim
NPM: 2206055574
Jurusan: Teknik Mesin
Contents
[hide]Sistem Konversi Energi 2024
Video pendahuluan 2024/11/14
Video ini sebagai tugas pertama bersama Pak DAI
Kolom pesan ChatGPT 2024/11/18
Pertanyaan: Jelaskan sistem hidrolik dan pnumatik di kereta api
Kesimpulan: Sistem hidrolik memiliki keunggulan gaya yang lebih besar dan lebih presisi dibandingkan sistem pnumatik, namun lebih mahal dan butuh lebih banyak pemeliharaan. Sistem pnumatik lebih banyak digunakan karena lebih murah, pemeliharaan ringan, dan alatnya lebih ringan. Sistem pnumatik digunakan di komponen rem, pintu, suspensi, pantograf, dan klakson. Sistem hidrolik banyak digunakan di kereta cepat dimana diperlukan aktuator yang kuat dan presisi, seperti untuk bagian sambungan.
Kolom pesan ChatGPT 2024/11/18
Pertanyaan: Desainlah sistem hidrolik rem mobil dengan framework DAI5
Awareness of I: Mengetahui tujuan pembuatan sistem rem yaitu keamanan kendaraan dan penumpang selagi memastikan sistemnya efisien dan bisa diandalkan.
Intention: Membuat sistem rem yang mampu menghentikan mobil dengan jarak yang dekat secara efisien
Initial thinking: Menggunakan hukum Paskal, kita bisa menggunakan keuntungan mekanik untuk memberikan tekanan yag besar dari kampas rem ke rotor rem. Gaya rem = tekanan∙area. Mobil memiliki massa 1500 kg dengan kecepatan awal 30 m/s. Rumus jarak pengereman adalah
v²/(2μg)
dengan μ adalah koefisien gaya gesek
Idealisation:
- Massa mobil: 1500 kg
- Kecepatan awal mobil: 30 m/s
- Koefisien gesek (μ): 0.8
- Percepatan Gravitasi: 9.8 m/s²
- Gaya di pedal rem: 300N
- Area piston master cylinder: 0.2 cm²
- Area piston kampas rem: 2 cm²
Instruction set:
Jarak berhenti bisa dihitung dengan:
s = 30² / 2∙0.8∙9.8 = 57.4 m
Gaya rem:
(300 N /0.2 cm²) ∙ 2 cm² = 3000 N
Tugas Besar Sistem Konversi Energi 2024
Pada Tugas Besar SKE 2024 ini saya akan menganalisis cara kerja bor pneumatik atau bor angin dengan bantuan ChatGPT.
Awareness of I
Dengan menyadari bahwa kita adalah makhluk ciptaan Allah swt. yang diberi akal, kita membuat alat yang dapat membantu pekerjaan dan memudahkan hidup kita. Dengan memanfaatkan tenaga angin yang dikompresi, manusia membuat bor pneumatik.Tentunya semua ini dibuat dengan tetap melindungi alam ciptaan-Nya.
Intention
Saya di sini ingin menjelaskan cara kerja bor angin, komponennya, perhitungan kuantitatifnya, dan juga manfaatnya dalam membantu pekerjaan kita.
Initial Thinking
Bor angin menggunakan tenaga udara yang dimampatkan untuk memutar turbin yang akhirnya memutar mata bor.
Variabel-variabel yang digunakan:
- Tekanan angin masuk (Pi)
- Kecepatan turbin (Nt)
- Kecepatan mata bor (Nb)
- Rasio roda gigi
- Laju massa udara (Q)
Idealization
Asumsi-asumsi:
- Pi = 6 bar = 600.000 Pa
- Q = 0.1 m3 / menit
- Efisiensi turbin = η = 85%
- Rasio roda gigi = 1:4
- Kecepatan Turbin = 5200 rpm
Instruction Set
- Mencari Daya yang dihasilkan angin masuk = 0,1/60 m³/s × 600.000 Pa = 1000 Watt = 1kW
- Daya turbin = Pi × η = 850 Watt
- Kecepatan sudut turbin = 5200 rpm × 2π/60 = 545 rad/s
- Torsi turbin = 850 watt / 545 rad/s = 1,6 Nm
- Kecepatan mata bor = 5200 rpm / 4 = 1300 rpm
- Torsi mata bor = 1,6 Nm × 4 = 6,4 Nm
Kolom pesan ChatGPT 2024/12/02
Pertanyaan: Seberapa paham anda (GPT LLM) mengenai konsep DAI5 oleh Pak Ahmad Indra?
Kesimpulan: GPT LLM, dengan banyak masukan dari saya sendiri, sudah memahami betul apa itu konsep atau framework DAI5.
Kanal YouTube Rekomendasi
1.Half as Interesting 2.Segerman 3.Horizon 4.Mark Rober 5.Military History in a Minute 6.Military History Visualized 7.minutephysics 8.Mustard 9.Numberphile 10.Oceanliner Designs 11.Paper Skies 12.Real Engineering 13.Real Science 14.Red Wrench Films 15.Skyships English 16.smartereveryday 17.Steve Mould 18.The Efficient Engineer 19.The Slow Mo Guys 20.TheFlightChannel 21.Tom Scott 22.Veritasium 23.Vsauce 24.Wendover Productions 25.Ziroth