Difference between revisions of "Evi Elisa Ambarita"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Minggu I, 3 Feb 2020)
(Minggu II, 10 Feb 2019)
Line 47: Line 47:
 
3. Memiliki pengenalan diri yang lebih tentang muhasabah, skill, value, dsb.
 
3. Memiliki pengenalan diri yang lebih tentang muhasabah, skill, value, dsb.
  
==Minggu II, 10 Feb 2019==
+
==Pertemuan 2==
  
  

Revision as of 14:38, 16 February 2020

BIODATA

alttext

Nama  : Evi Elisa Ambarita

NPM  : 1906324044

Jurusan : Konversi energi, Teknik mesin, Universitas Indonesia

Email  : evi.elisa91@ui.ac.id





Introduction

I am a master student of mechanical engineering in Universitas Indonesia. I got my undergraduate degree from Marine Engineering of Universitas Indonesia in Januari 2016. For my bachelor thesis, i designed a mini container with 1 per 12 of the 12 feet container size using autodesk inventor software which applies finite element approach for stress analysis. After got my bachelor degree, I worked for a year in a Shipyard company in Jakarta. I was in engineering department working on new ship building design for pipe system using autodesk autocad 2D and 3D software. From May 2018 until August 2020, I moved to Nagasaki, Japan to work with engineering consultant company. In 2 years, I finished 3 projects about ship building, bridge construction, and main foundation of tidal turbine. The company utilized a software known as LS-DYNA whose concept is Incompressible Computational Fluid Dynamics (ICFD) . With that software, i tested the construction strength of tidal turbine foundation. Moreover, I was registered as a research student in Nagasaki University. I learned about Ansys software with Linux program to design and simulate the tidal turbine. After worked for 3 years in total, I decided to continue my study in Universitas Indonesia. I have a big desire to construct the real tidal turbine in Indonesian's ocean, since Indonesia has great potential of ocean current to generate the electricity around 75 GW. Now for my papers and master thesis, I have been working on design development on diffuser angle of horizontal axis tidal turbine for efficiency optimization by controlling water flow passively. This is utilized CFD solver of Ansys software. In the conclusion, I have been working on engineering computation since 2015 until now. Hopefully I'll be able to apply all these knowledge about engineering computation on the technology development for Indonesia.


Minggu I, 3 Feb 2020

Komputasi Teknik


I. Pengertian

Komputasi teknik adalah suatu kegiatan menambah, kurang, kali, bagi angka-angka yang disebut numerik dari eksak dengan menggunakan komputer. Inti berfikir dalam pemograman adalah input-proses-output. Dimana algoritma manusia dalam dipindahkan dalam bentuk algoritma computer, yang disebut dengan bahasa pemograman.


II. Tujuan Pembelajaran

1. Mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip didalam pelajaran komputasi teknik, seperti konsep iterasi, konsep error (floating point error), dsb.

2. Mampu menerapkan pemahaman tersebut dalam menyelesaikan masalah didalam masyarakat

3. Memiliki pengenalan diri yang lebih tentang muhasabah, skill, value, dsb.

Pertemuan 2

Ringkasan Skripsi (menggunakan pendekatan finite element oleh software autodesk inventor pada stress anylysis)


Indonesia masih memiliki banyak pelabuhan kecil dengan fasilitas yang tidak memadai layaknya pelabuhan besar. Fasilitas tersebut diantaranya crane yang mampu mengangkut kontainer 20 ft dan mobil truk kontainer. Dengan keadaan tersebut, maka pelabuhan-pelabuhan tersebut tidak dapat digunakan untuk transportasi barang dari pulau satu ke pulau lainnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu benda dengan dimensi dan massa yang lebih kecil dibandingkan kontainer biasa. Pada skripsi ini, untuk tujuan pelayaran rakyat, penulis mendesain mini kontainer dengan dimensi dan massa 12 kali lebih kecil dibandingkan kontainer biasa, sesuai spesifikasi bak mobil pick up mitsubishi colt L300. Disamping itu, mini kontainer ini dirancang khusus dengan sistem bongkar pasang untuk mengurangi ruang dan titik gravitasi pada saat membawa mini kontainer dalam keadaan kosong. Penelitian ini dilakukan dengan metode numerik yakni mendesain dan mensimulasi kekuatan dari mini kontainer tersebut menggunakan pendekatan finite element yang terdapat pada software autodesk inventor. Berdasarkan simulasi stress analysis menggunakan software tersebut, maka mini container ini dikategorikan kuat dan mampu menjadi standar nasional untuk diaplikasikan di pelabuhan-pelabuhan kecil.