ANALISIS PERANCANGAN SISTEM REM PADA KENDARAAN ELECTRIC URBAN CONCEPT Afitro Adam Nugraha

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search

ANALISIS PERANCANGAN SISTEM REM PADA KENDARAAN ELECTRIC URBAN CONCEPT


Tujuan penelitian yang saya lakukan yaitu untuk memodifikasi rem pada kendaraan electrical urban concept agar bisa mengikuti kejuaraan Driver’s World Championship London 2016 sesuai regulasi. Penelitian ini di fokuskan untuk mengetahui pengaruh modifikasi mekanisme rem terhadap efisiensi gaya gesek pada kendaraan electrical urban concept. Penelitian menggunakan rem sepedam motor yang dimodifikasi dengan membuat sistem pegas pengembali untuk mencagah adanya gaya gesek antara pad rem dengan piringan cakram rem yang dapat menghambat laju kendaraan. Perhitungan dilakukan setelah didapat data hasil pengujian. Berdasarkan pengujian dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa sistem rem dengan menggunakan pegas pengembali dapat meningkatkan efisiensi laju kendaraan yang terhambat oleh gaya gesek antara pad rem dengan piringan cakram. Perancangan sistem rem tersebut mampu memberhentikan kendaraan dengan waktu 2,36s dan jarak pengereman 16,43m dengan kecepatan kendaraan minimal 50km/jam. Syarat tersebut telah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan panitia lomba yaitu harus dapat berhenti tidak lebih dari 20m dari titik pengereman pada kecepatan minimal 50km/jam.


Initial Thinking

Pemodelan Matematis

Pengumpulan Data

Verifikasi and Validasi

Pembahasan Hasil