Difference between revisions of "Tri Aji Setyawan"
(→MINGGU KE 3) |
(→MINGGU KE 3) |
||
Line 98: | Line 98: | ||
end NaiveGauss; | end NaiveGauss; | ||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
− | |||
</syntaxhighlight> | </syntaxhighlight> |
Revision as of 13:16, 2 December 2020
Biodata
Tri Aji Setyawan 1906301324
Saya merupakan mahasiswa teknik mesin UI angkatan 2019. saya menyukai teknik mesin karena tertarik pada bidang manufaktur dan karena teknik mesin sendiri memiliki prospek kerja yang luas. hal yang saya pelajari sebelum uts ini adalah mengenai turunan numerik, deret mclaurin , interpolasi, regresi, pengertian dari metode numerik, pseucode.
MINGGU KE 1
- Tujuan mempelajari metode numerik
- 1. matching dengan tujuan belajar: memahami konsep dan prinsip dasar di dalam metnum. contoh persamaan aljabar, algorithma, pencocokan kurva, persamaan diferensial parsial.
- 2. dapat menerapkan pemahaman terhadap konsep di dalam permodelan numerik ( pengaplikasian metode numerik )
- 3. mampu menerapkan metnum di dalam persoalan keteknikan.
- 4. untuk mencapai poin 1,2,3, yaitu dengan cara moral value (adab). untuk menambah nilai tambah / adabsehingga kita menjadi orang yang lebih beradab
TUGAS 1
Pada pertemuan sebelumnya , saya mendapatkan tugas untuk membuat video terkait penggunaan aplikasi open modelica
MINGGU KE 2
perbedaan openmodelica dengan python , open modelicca lebih ke bahasa permodelan sedangkan python hanya bahasa cpoding. kelebihan dari open modelicca yaitu :
- menggunakan bahasa permodelan yang cocok untuk seorang engineer
- proses perhitungan lebih cepat
- pengguna aplikasi openmodelica cukup banyak penggunanya, dan termasuk open teknologi (free).
pada minggu kedua, saya mempelajari mengenai cara memanggil fungsi dalam suatu kelas tertentu
Tugas 2
mengaplikasikan penggunaan fitur function dan class pada open modelica. Membuat sebuah fungsi berupa persamaan aljabar simultan dengan variabel array kemudian membuat class untuk memanggil fungsi tersebut. Persamaan aljabar simultan adalah sebuah persoalan matematika yang kompleks sehingga penyelesaian perlu dengan menggunakan tools, agar dapat dibuat lebih sederhana.
pada tugas kali ini saya mencoba menyelesaikan suatu soal sistem persamaan linier menggunakan metode gauss
MINGGU KE 3
- pseudocode figure 9.4
function NaiveGauss
/*
input Real [:,:] A;
input Real [:] B;
output Real [:,:] y;
output Real [:] x;
protected
Real [:,:] a;
Real [:] b;
Integer m = size(A,1); // JUMLAH BARIS
Integer n = size(A,2); // JUMLAH KOLOM
Real k = 1;
Real i = 1;
Real j = 1;
Real factor = 1;
Real sum = 1;
algorithm
// Transfer input matrix (A,B) into variables (a,b)
a := A;
b := B;
// Forward Elimination
for k in 1:(n-1) loop
for i in (k+1):n loop
factor := a[i,k] / a[k,k];
for j in (k+1):n loop
a[i,j] := a[i,j] - (factor * a[k,j]);
end for;
b[i] := b[i] - (factor * b[k]);
end for;
end for;
// Back Substitution
x[n] := b[n] / a[n,n];
for i in (n-1):(-1) loop
sum := b[i];
for j in (i+1):n loop
sum := sum - (a[i,j] * x[j]);
end for;
x[i] := sum / a[i,i];
end for;
end NaiveGauss;