Difference between revisions of "Athena Anatolia Firdauzi"
(→MEKANIKA FLUIDA) |
|||
(11 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
Line 78: | Line 78: | ||
[[Menyelesaikan Tugas Single Spring System (Series) - Athena Anatolia Firdauzi]] | [[Menyelesaikan Tugas Single Spring System (Series) - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
+ | '''UAS Metode Numerik | ||
+ | ''' | ||
+ | [[UAS Metode Numerik - Coding Python Penyelesaian Optimasi Numerik - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
+ | |||
+ | [[UAS Metode Numerik - Problem Optimasi Numerik - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
+ | |||
+ | [[UAS Metode Numerik - Video Presentasi Optimasi Numerik - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
=='''MEKANIKA FLUIDA'''== | =='''MEKANIKA FLUIDA'''== | ||
Line 106: | Line 113: | ||
[[STUDI KASUS BAB 11 - Athena Anatolia Firdauzi]] | [[STUDI KASUS BAB 11 - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
− | '''VIDEO | + | '''VIDEO - BAB 8''' |
+ | |||
+ | [[Sifat - sifat Umum Aliran pada Pipa - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
+ | |||
+ | [[Contoh - contoh Aliran pada Pipa - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
+ | |||
+ | '''VIDEO - BAB 9''' | ||
+ | |||
+ | [[Transisi Aliran Laminar ke Turbulen - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
+ | |||
+ | [[Studi Kasus Transisi Aliran Laminar ke Turbulen - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
+ | |||
+ | '''VIDEO - BAB 10''' | ||
+ | |||
+ | [[Persamaan-persamaan Chezy dan Manning - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
+ | |||
+ | [[Studi Kasus Kedalaman Seragam - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
+ | |||
+ | '''VIDEO - BAB 11''' | ||
+ | |||
+ | [[Hubungan - hubungan Gas Ideal - Athena Anatolia Firdauzi]] | ||
− | [[ | + | [[Studi Kasus Kategori Aliran Mampu Mampat - Athena Anatolia Firdauzi]] |
Latest revision as of 23:23, 22 May 2019
Nama: Athena Anatolia Firdauzi
NPM: 1706021676
METODE NUMERIK
PERTEMUAN 1 Metode Numerik - 12/02/2019
Untuk mengaplikasikan mata kuliah ini, yang wajib dan paling mendasar adalah, berakal. Mengapa harus berakal? Berakal adalah satu-satunya hal yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lain. Berakal untuk bisa mencari intisari sesuatu dan mengaplikasikannya di kehidupan nyata untuk kehidupan yang lebih baik. Maka dari itu, sangat penting untuk mengenal diri sendiri terlebih dahulu, bagaimana kita bisa berproses agar ilmu-ilmu yang didapat selama pelajaran metode numerik berlangsung bisa membuat diri lebih baik dengan cara pengaplikasian ilmu yang tepat guna di kehidupan sehari-hari sesuai dengan apa yang kita dapat selama belajar.
Tujuan pembelajaran mata kuliah metode numerik ini adalah: 1. Memahami konsep-konsep, prinsip-prinsip dalam metode numerik dan mampu menerapkannya. Menjadi lebih mengenal diri sendiri.
Materi yang diajarkan pada pembelajaran metode numerik: 1. Algoritma, Diagram alir (flow chart), Pemrograman komputer. 2. Metode iteractive. 3. Penyelesaian aljabar simultan. 4. Diferensial dan integral. 5. Optimasi 6. Studi kasus
Metode numerik adalah suatu metode untuk membantu mengerjakan masalah dengan cara matematis. Penunjang metode numerik dibagi menjadi 3, yakni dengan brainware, hardware, dan software. 1. Brainware memiliki arti orang yang menggunakan, memakai perangkat komputer. 2. Software memiliki arti komponen perangkat lunak yang ada di dalam komputer. Komponen yang sudah diprogram secara digital maka tidak terlihat secara fisik. 3. Hardware memiliki arti perangkat keras pada komputer yang komponennya nyata, bisa dilihat dan diraba.
Metode numerik untuk menyelesaikan persoalan yang rumit, seperti model matematika integral, diferensial, polinom, dan regresi linear, yang penyelesaiannya sulit untuk diselesaikan dengan cara metode analitik. Maksud dari metode analitik adalah suatu metode penyelesaian yang digunakan memakai rumus aljabar yang lazim.
Diharapkan komputasi bisa, memakai pendekatan numerik. Metode numerik terdiri dari tambah, kurang, bagi dan kali. Pada metode numerik dibuat dengan pendekatan baru, misal pada limit, di masukkan suatu nilai X secara bertahap, dari situ bisa dilihat error dari nilai X pertama yang dimasukkan dengan yang kedua atau ketiga. Sebenarnya, dalam metode numerik nilai error yang didapat dari setiap nilai X yang dimasukkan yang dijadikan highlight.
Dalam setiap pemrograman numerik ada 3 prosesnya, input-proses-output.
TUGAS 1
Algoritma, Diagram Alir (Flowchart), Pemrograman Komputer
Metode Iterative - Athena Anatolia Firdauzi
PERTEMUAN 2
Pengenalan Python - Athena Anatolia Firdauzi
Penulisan Sintaks Python - Athena Anatolia Firdauzi
PERTEMUAN 3
Pengaplikasian Python 1 - Athena Anatolia Firdauzi
PERTEMUAN 4
Pengaplikasian Python 2 Usaha Kos-Kosan - Athena Anatolia Firdauzi
Modelling dan Design - Athena Anatolia Firdauzi
TUGAS 2
Pengaplikasian Bisnis Kosan dengan Python - Athena Anatolia Firdauzi
PERTEMUAN 5
Menyelesaikan Model Matematika Pegas - Athena Anatolia Firdauzi
PERTEMUAN 6
Muhasabah Diri - Athena Anatolia Firdauzi
TUGAS 3
Menyelesaikan Tugas Single Spring System (Series) - Athena Anatolia Firdauzi
UAS Metode Numerik
UAS Metode Numerik - Coding Python Penyelesaian Optimasi Numerik - Athena Anatolia Firdauzi
UAS Metode Numerik - Problem Optimasi Numerik - Athena Anatolia Firdauzi
UAS Metode Numerik - Video Presentasi Optimasi Numerik - Athena Anatolia Firdauzi
MEKANIKA FLUIDA
TUGAS 1
STUDI KASUS BAB 9 - Athena Anatolia Firdauzi
TUGAS 2
STUDI KASUS BAB 8 - Athena Anatolia Firdauzi
TUGAS 3
STUDI KASUS BAB 10 - Athena Anatolia Firdauzi
PERTEMUAN
RESUME PENGERTIAN BAB 11 - Athena Anatolia Firdauzi
TUGAS 4
TUGAS RESUME BAB 11 - Athena Anatolia Firdauzi
TUGAS 5
STUDI KASUS BAB 11 - Athena Anatolia Firdauzi
VIDEO - BAB 8
Sifat - sifat Umum Aliran pada Pipa - Athena Anatolia Firdauzi
Contoh - contoh Aliran pada Pipa - Athena Anatolia Firdauzi
VIDEO - BAB 9
Transisi Aliran Laminar ke Turbulen - Athena Anatolia Firdauzi
Studi Kasus Transisi Aliran Laminar ke Turbulen - Athena Anatolia Firdauzi
VIDEO - BAB 10
Persamaan-persamaan Chezy dan Manning - Athena Anatolia Firdauzi
Studi Kasus Kedalaman Seragam - Athena Anatolia Firdauzi
VIDEO - BAB 11
Hubungan - hubungan Gas Ideal - Athena Anatolia Firdauzi
Studi Kasus Kategori Aliran Mampu Mampat - Athena Anatolia Firdauzi