Difference between revisions of "Arief Muhammad Allydito"
(→Pertemuan Kedua Metode Numerik) |
(→Tugas Metode Numerik) |
||
(35 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
Line 9: | Line 9: | ||
Pada mata kuliah Metode Numerik ini, saya hanya mengetahui tentang sedikit dari bermacam-macam bahasa pemrograman. Hingga saat ini saya tidak pernah mempunyai pengalaman menggunakan bahasa pemrograman apapun, tetapi saya cukup memahami cara kerja dasar dari sebuah komputer dan internet. Swelama empat semester berjalan, saya cukup familiar dengan software Ms. Excel karena beberapa mata kuliah menggunakannya untuk membantu perhitungan. Kemudian saya juga cukup mengenal software design MaxSurf dan AutoCAD, karena di mata kuliah Tugas Merancang Kapal cukup sering digunakan. | Pada mata kuliah Metode Numerik ini, saya hanya mengetahui tentang sedikit dari bermacam-macam bahasa pemrograman. Hingga saat ini saya tidak pernah mempunyai pengalaman menggunakan bahasa pemrograman apapun, tetapi saya cukup memahami cara kerja dasar dari sebuah komputer dan internet. Swelama empat semester berjalan, saya cukup familiar dengan software Ms. Excel karena beberapa mata kuliah menggunakannya untuk membantu perhitungan. Kemudian saya juga cukup mengenal software design MaxSurf dan AutoCAD, karena di mata kuliah Tugas Merancang Kapal cukup sering digunakan. | ||
− | ==Tugas | + | ==Tugas Metode Numerik== |
+ | [[Tugas 1 Metode Numerik Arief Muhammad]] | ||
− | [[ | + | [[Tugas 2 metode numerik arief muhammad]] |
− | + | [[Tugas Metnum 3 Arief Muhammad]] | |
− | |||
− | [[ | + | [[Tugas 4 Metode Numerik Arief Muhammad]] |
− | + | [[Tugas 5 Metode Numerik Arief Muhammad]] | |
− | [[ | + | [[Tugas 6 Metode Numerik Arief Muhammad]] |
− | + | [[UTS Arief Muhammad]] | |
− | |||
− | |||
− | [[ | ||
− | |||
− | |||
==Pertemuan Kedua Metode Numerik== | ==Pertemuan Kedua Metode Numerik== | ||
Line 33: | Line 28: | ||
Ilmu numerik diibaratkan sebagai tetesan air dari jari yang telah di celupkan ke laut. Sedikit dari seluruh ilmu yang Tuhan berikan. | Ilmu numerik diibaratkan sebagai tetesan air dari jari yang telah di celupkan ke laut. Sedikit dari seluruh ilmu yang Tuhan berikan. | ||
+ | |||
Apa yang menyebabkan 0/0 disebut "Tidak Terdefinisi". | Apa yang menyebabkan 0/0 disebut "Tidak Terdefinisi". | ||
Line 39: | Line 35: | ||
− | [[File:Soal | + | [[File:Soal Baru1.jpg|500px|thumb|center|Jaan_Kiusalaas-Numerical_Methods]] |
Saya cukup tertarik dengan soal interpolasi ini, karena di beberapa kesempatan dalam Mata Kuliah Tugas Merancang Kapal interpolasi sering digunakan ketika ada data yang perlu dicari namun tidak terlihat | Saya cukup tertarik dengan soal interpolasi ini, karena di beberapa kesempatan dalam Mata Kuliah Tugas Merancang Kapal interpolasi sering digunakan ketika ada data yang perlu dicari namun tidak terlihat | ||
Line 49: | Line 45: | ||
Persamaan empiris : hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat | Persamaan empiris : hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat | ||
+ | |||
+ | ==Progress Pembelajaran== | ||
+ | |||
+ | [[File:PPT2.PNG|500px|thumb|center|Progress]] | ||
+ | [[File:PPT3.PNG|500px|thumb|center|Progress]] | ||
+ | [[File:PPT4.PNG|500px|thumb|center|Progress]] | ||
+ | |||
+ | ==Asistensi Metnum (Selasa, 25 Februari 2020)== | ||
+ | |||
+ | [[File:PPT5.PNG|300px|thumb|left|Asistensi]] | ||
+ | [[File:PPT6.PNG|300px|thumb|center|Asistensi]] | ||
+ | [[File:PPT7.PNG|300px|thumb|left|Asistensi]] | ||
+ | [[File:PPT8.PNG|300px|thumb|center|Asistensi]] | ||
+ | [[File:PPT9.PNG|300px|thumb|center|Asistensi]] | ||
+ | |||
+ | ==Progress Belajar 28 Februari 2020== | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan ke empat ini, Pak DAI memperkenalkan CFD Software ''CFDSOF''. Merupakan ''software'' yang berguna untuk membantu menyelesaikan perhitungan dinamika fluida dan efeknya terhadap sebuah objek melalui metode numerik. ''CFDSOF'' juga merupakan buah karya dalam negeri, software ini di develop langsung oleh putra Indonesia. Berdasarkan literatur yang bersumber dari ''website official''nya, sudah banyak pihak yang menggunakan software ini seperti PLN, UI, dan ITB. | ||
+ | |||
+ | Di pertemuan ini, mahasiswa langsung mempraktekkan bagaimana cara menggunakan ''CFDSOF'' tersebut. Objek yang digunakan adalah kapal selam model yang dihitung hambatannya ketika menyelam. Pelajaran praktek tersebut dibantu oleh senior DTM yang sudah menguasai ''software CFDSOF'' tadi. | ||
+ | |||
+ | Awalnya, terdapat kesulitan dalam menggunakan software tersebut karena tidak ada petunjuk yang mudah dipahami dari ''interface''nya. Tetapi berkat bantuan senior DTM, mahasiswa lebih mudah memahami cara kerja ''CFDSOF'' tersebut. | ||
+ | |||
+ | [[File:CFD7ms.PNG|600px|thumb|center|CFDSOF]] | ||
+ | |||
+ | ==Review Asistensi 3 Maret 2020== | ||
+ | |||
+ | [[File:Ppt1.PNG|500px|thumb|center|asis]] | ||
+ | [[File:Ppt2.PNG|500px|thumb|center|asis]] | ||
+ | [[File:Ppt3.PNG|500px|thumb|center|asis]] | ||
+ | [[File:Ppt4.PNG|500px|thumb|center|asis]] | ||
+ | [[File:Ppt5.PNG|500px|thumb|center|asis]] | ||
+ | |||
+ | ==Review Asistensi 10 Maret 2020== | ||
+ | |||
+ | [[File:1a.PNG|500px|thumb|center|slide]] | ||
+ | [[File:2a.PNG|500px|thumb|center|slide]] | ||
+ | [[File:3a.PNG|500px|thumb|center|slide]] | ||
+ | [[File:4a.PNG|500px|thumb|center|slide]] | ||
+ | [[File:5a.PNG|500px|thumb|center|slide]] | ||
+ | |||
+ | ==Pertemuan ke 6== | ||
+ | |||
+ | Hari ini, pak DAI berhalangan hadir karena sedang sakit. Oleh karena itu, bang Edo menggantikan untuk memberikan materi pada pertemuan kali ini. Sebelum bang Edo mulai memberikan materi, bang Edo mengajak kami untuk berdoa bersama agar pak DAI cepat kembali pulih seperti sedia kala. | ||
+ | |||
+ | Bang Edo memberikan materi optimasi, yaitu bagaimana kita dapat mengoptimalkan sebuah fenomena. Optimasi dapat berupa optimasi maksimum maupun minimum. | ||
+ | |||
+ | Setelahnya bang edo langsung memberikan praktik dengan memasukkan perintah kedalam python. Untuk kemudian datanya diolah oleh python. | ||
+ | |||
+ | [[File:Optimasiam.PNG|500px|thumb|center|Optimasi]] |
Latest revision as of 22:43, 3 April 2020
Arief Muhammad Allydito, lahir di Jakarta pada 4 Mei 20 tahun yang lalu. Saat ini merupakan mahasiswa semester empat jurusan Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Indonesia angkatan 2018. Bersamaan dengan saya menulis, diperkenalkan pula salah satu Mata Kuliah di semester empat ini. Metode Numerik.
Merupakan mahasiswa yang berasal dari DKI Jakarta yang memiliki ketertarikan cukup tinggi terhadap membaca artikel.
Pada mata kuliah Metode Numerik ini, saya hanya mengetahui tentang sedikit dari bermacam-macam bahasa pemrograman. Hingga saat ini saya tidak pernah mempunyai pengalaman menggunakan bahasa pemrograman apapun, tetapi saya cukup memahami cara kerja dasar dari sebuah komputer dan internet. Swelama empat semester berjalan, saya cukup familiar dengan software Ms. Excel karena beberapa mata kuliah menggunakannya untuk membantu perhitungan. Kemudian saya juga cukup mengenal software design MaxSurf dan AutoCAD, karena di mata kuliah Tugas Merancang Kapal cukup sering digunakan.
Contents
Tugas Metode Numerik
Tugas 1 Metode Numerik Arief Muhammad
Tugas 2 metode numerik arief muhammad
Tugas 4 Metode Numerik Arief Muhammad
Tugas 5 Metode Numerik Arief Muhammad
Tugas 6 Metode Numerik Arief Muhammad
Pertemuan Kedua Metode Numerik
Ilmu numerik diibaratkan sebagai tetesan air dari jari yang telah di celupkan ke laut. Sedikit dari seluruh ilmu yang Tuhan berikan.
Apa yang menyebabkan 0/0 disebut "Tidak Terdefinisi".
Ilmu-ilmu di matematika fisika, dapat di selesaikan dengan metode numerik melalui software. Di metode numerik, diferensial digunakan untuk mengungkapkan gejala fisika.
Saya cukup tertarik dengan soal interpolasi ini, karena di beberapa kesempatan dalam Mata Kuliah Tugas Merancang Kapal interpolasi sering digunakan ketika ada data yang perlu dicari namun tidak terlihat
Initial Value Problem
Data - > Informasi -> Pengetahuan -> Ilmu yang Bermanfaat -> Hikmah -> Hidayah. Rangkaian proses tadi disebut "Analisis", yang dapat dibagi menjadi statistik (data diskrit) dan deterministik (persamaan diferensial). Pada analisis statistikal, data diambil dengan melakukan pengukuran sedangkan deterministik menggunakan persamaan ideal.
Big Data : kumpulan data dari seluruh pengguna internet. Engineer memerlukan data untuk memprediksi design.
Persamaan empiris : hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat
Progress Pembelajaran
Asistensi Metnum (Selasa, 25 Februari 2020)
Progress Belajar 28 Februari 2020
Pada pertemuan ke empat ini, Pak DAI memperkenalkan CFD Software CFDSOF. Merupakan software yang berguna untuk membantu menyelesaikan perhitungan dinamika fluida dan efeknya terhadap sebuah objek melalui metode numerik. CFDSOF juga merupakan buah karya dalam negeri, software ini di develop langsung oleh putra Indonesia. Berdasarkan literatur yang bersumber dari website officialnya, sudah banyak pihak yang menggunakan software ini seperti PLN, UI, dan ITB.
Di pertemuan ini, mahasiswa langsung mempraktekkan bagaimana cara menggunakan CFDSOF tersebut. Objek yang digunakan adalah kapal selam model yang dihitung hambatannya ketika menyelam. Pelajaran praktek tersebut dibantu oleh senior DTM yang sudah menguasai software CFDSOF tadi.
Awalnya, terdapat kesulitan dalam menggunakan software tersebut karena tidak ada petunjuk yang mudah dipahami dari interfacenya. Tetapi berkat bantuan senior DTM, mahasiswa lebih mudah memahami cara kerja CFDSOF tersebut.
Review Asistensi 3 Maret 2020
Review Asistensi 10 Maret 2020
Pertemuan ke 6
Hari ini, pak DAI berhalangan hadir karena sedang sakit. Oleh karena itu, bang Edo menggantikan untuk memberikan materi pada pertemuan kali ini. Sebelum bang Edo mulai memberikan materi, bang Edo mengajak kami untuk berdoa bersama agar pak DAI cepat kembali pulih seperti sedia kala.
Bang Edo memberikan materi optimasi, yaitu bagaimana kita dapat mengoptimalkan sebuah fenomena. Optimasi dapat berupa optimasi maksimum maupun minimum.
Setelahnya bang edo langsung memberikan praktik dengan memasukkan perintah kedalam python. Untuk kemudian datanya diolah oleh python.