Difference between revisions of "Muhammad Lukman Afif"
Line 56: | Line 56: | ||
'''Instruction:''' Tahap ini merupakan langkah yang perlu diambil dalam tindakan nyata dengan menerapkan hasil diatas dan mencapai tujuan yang sudah kita terapkan. | '''Instruction:''' Tahap ini merupakan langkah yang perlu diambil dalam tindakan nyata dengan menerapkan hasil diatas dan mencapai tujuan yang sudah kita terapkan. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ---- |
Revision as of 13:19, 9 December 2024
Hai saya Muhammad Lukman Afif
Pada pertemuan hari ini yaiitu senin, 18 November 2024 membahas tentang apa itu sistem hidrolik? Nah, disini saya akan menulis kembali apa yang sudah saya baca pada tools ai seperti chat.gpt dan sumber lainnya
Sistem hidrolik merupakan sistem untuk mentansfer energi dan menggerakkan suatu komponen, dimana fluida cair yang menjadi perantara sistem hidraolik, biasanya minyak mineral yang sering digunakan pada sistem ini. Jadi pada sistem hodrolik ini menggunakan prinsip Pascal, yakni tekanan dalam fluida tertutup akan merambat secara merata ke seluruh sistem
Komponen Utama Sistem Hidrolik:
1.Tangki(reservoir): Untuk menyimpan fluida hidrolik, menyaring kotoran, dan mengeluarkan udara dari fluida
2.Pompa Hidrolik:Untuk mengambil fluida dari tangki dan memberikan pressure untuk menggerakkan sistem hidrolik
3.Katup: Untuk mengatur alira fluida dalam sistem, termasuk arahnya, tekanannya, dan kecepatannya.
4.Akuator:Untuk mengubah energi dari fluida bertekanan menjadi gerakan mekanik, baik linier(silinder), atau rotasi(motor hidrolik)
Sistem hidrolik ini bekerja menggunakan dua sistem kerja yaitu:
Sistem Tertutup: Pada sistem ini, fluida dipompa dari resevior ke akuator, tetapi tidak kembali ke reservior. Cara kerjanya yaitu fluid mengalir dari pompa ke akuator dan langsung kembali ke pompa.
Sistem Terbuka: Pada sistem ini, fluid dipompa dari reservior ke akuator dan setelah digunakan, fluid kembali ke reservior. Cara kerjanya yaitu fluid mengalir dari pompa ke katup katrol, kemudian menuju akuator, setelah itu fluid kembali ke reservior.
Pemahaman Tentang DAI5
DAI5 terdiri dari lima variabel inti yang saling berkaitan, yang secara keseluruhan membentuk pola pikir yang sadar dan terarah, dengan memperhatikan baik aspek heartware (kesadaran dan niat) maupun brainware (pemikiran dan analisis). Kelima variabel inti ini adalah:
Deep Awareness of I: Merupakan kesadaran diri kita yang mendalam mengenai tujuan kita untuk menyelesaikan suatu masalah, kesadaran diri ini menjadi awal yang sangat penting dalam kerangka DAI5, karena kesadaran diri menjadi dasar atau wadah untuk menyelesaikan suatu masalah.
Intention: langkah pertama kita harus mengambil niat. Niat ini harus ditetapkan dengan kesadaran apa yang ingin kita capai atau tujuan kita untuk menyelesaikan suatu masalah dan juga alasan dibaliknya. Niat ini yang pendorong utama kita untuk menyelesaikan suatu masalah
Initial Thinking: Pada tahap ini kita mempertimbangkan segala pilihan dan solusi berdasarkan niat yang sudah diterapkan, ini melibatkan identifikasi dan analisis suatu masalah atau situasi yang ada.
Idealization: Di tahap ini kita mengaplikasikan hasil dari tujuan yang ingin kita capai dalam kondisi terbaik atau paling ideal dan bekerja untuk mencapainya dengan cara yang paling efisien dan efektif.
Instruction: Intruksi adalah tindakan yang perlu diambil untuk mewujudkan niat dan tujuan kita yang sudah diterapkan, tindakan nyata yang diambil berdaasarkan analisis atau identifikasi yang sudah diterapkan dan langkah langkah yang realistis dijabarkan untuk memastikan tujuan kita tercapai
Aplikasi kerangka DAI5 pada lift car hidrolik menggunakan AI ChatGPT
Deep Awereness of I: Kita perlu memahami tentang kebutuhan spesifik dan tujuan kita untuk merancang lift car, jadi lift car digunakan untuk mengangkat atau menurunkan mobil dengan menggunakan tekanan hidrolik berupa fluid.
Intention: Car lift hidrolik ini dirancang untuk memudahkan pekerjaan manusia dengan mengangkat beban yang sangat berat dengan mudah.
Initial Thinking: Pada tahap ini kita berpikir tentang solusi awal untuk merancang lift car, ini termasuk analisis masalah yang ada. Pemikiran awal ini bisa melibatkan pemeriksaan komponen pada lift car untuk mengidentifikasi potensi kebocoran, kerusakan, atau penurunan efisiensi.
Idealization:Pada tahap ini kita mulai mendesain hasil dari initial thinking tersebut, dalam hal ini kita ingin mendesain lift car yang efisien, aman, dan dapat digunakan dalam jangka panjang.
Instruction: Tahap ini merupakan langkah yang perlu diambil dalam tindakan nyata dengan menerapkan hasil diatas dan mencapai tujuan yang sudah kita terapkan.