Difference between revisions of "Tugas 1 Alpha Roissul"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
 
Line 7: Line 7:
 
[[File:Metode_Manual.jpeg|300px|thumb|center|Metode Manual]]
 
[[File:Metode_Manual.jpeg|300px|thumb|center|Metode Manual]]
  
Penyelesaian dengan menggunakan metode menghitung langsung cukup membingungkan karena jika dihitung dengan metode biasa akan menghasilkan 0/0 (tidak terdefinisi) jika x= 1. Maka dari itu dicari dengan cara lain yaitu dengan metode limit dan didapatkan hasilnya adalah 2.
+
Penyelesaian dengan menggunakan metode menghitung langsung cukup membingungkan karena jika dihitung dengan metode biasa akan menghasilkan 0/0 (tidak terdefinisi) jika x= 1. Maka dari itu dicari dengan cara lain menggunakan metode limit namun sebelum menggunakan metode ini saya pribadi coba menggunakan cara penurunan namun kemungkinan besar saya salah melakukan kalkulasi dan mendapatkan hasil yang sama yaitu 0/0. Oleh karena itu saya memutuskan untuk lanjut menggunakan metode limit dan memperoleh hasil sebesar 2
  
 
== Metode Software ==  
 
== Metode Software ==  
Line 14: Line 14:
  
 
Pada software ini saya menggunakan sympy (Symbolic Pyhton) untuk menyelesaikan limit yang terdapat pada soal. Terdapat langkah langkah yang harus dilakukan seperti mendefinisikan nilai x, memasukan f(x) ke dalam softwarenya, memasukan nilai x, memasukan jawaban dari limit kedalam soal, dan menentukan output dari soalnya sehingga ada jawaban.
 
Pada software ini saya menggunakan sympy (Symbolic Pyhton) untuk menyelesaikan limit yang terdapat pada soal. Terdapat langkah langkah yang harus dilakukan seperti mendefinisikan nilai x, memasukan f(x) ke dalam softwarenya, memasukan nilai x, memasukan jawaban dari limit kedalam soal, dan menentukan output dari soalnya sehingga ada jawaban.
 +
 +
Butuh waktu yang cukup lama untuk mengerjakan tugas ini tanpa bimbingan karena di phyton idle secara sendirinya tidak dapat melakukan kalkulasi yang di inginkan dan tanpa mengimport symp kemungkinan besar tugas ini tidak akan terselesaikan hahahaha.
  
  
 
[[File:Gece 2.png|800px|thumb|center|Metode Software]]
 
[[File:Gece 2.png|800px|thumb|center|Metode Software]]
Setelah dilakukan pemrograman maka akan didapatkan hasil dari perhitungan yang sudah dilakukan dengan menjalankan programnya dan didapatkan hasilnya adalah 2, sama dengan perhitungan manual.
+
setelah dilakukan permodelan  maka akan didapatkan hasil dari perhitungan yang sudah dilakukan dengan menekan F5 dan didapatkan hasilnya adalah 2, sama dengan perhitungan manual. Bisa juga mendapatkan value x yang variatif dengan persamaan yang sama dengan penginputan saja.  
  
 
== Analisis dan Komentar ==
 
== Analisis dan Komentar ==
  
Perhitungan matematika sering kali membuat kita harus berpkir lebih bagaimana cara menyelesaikannya. Berbagai metode penyelesain banyak dilakukan seperti menghitung manual tanpa menggunakan sebuah alat/software namun seiring perkembangan zaman teknologi sudah semakin canggih dan kita dapat memanfaatkannya misalnya pada contoh soal diatas dimana dapat dikerjakan dengan menggunakan bantuan software. Penting mengetahui pemrograman saat ini adalah mendapatkan keuntungan untuk mengolah data yang lebih mudah dan dengan data yang banyak.
+
Perhitungan matematika sering kali membuat kita harus berpkir lebih bagaimana cara menyelesaikannya. Dengan menggunakan metode software terbukti kalau awal permodelan dan pemrograman akan memakan waktu yang cukup lama jika tidak mengerti dasaran dari programming namun ketika sudah mulai mengerti dan paham bisa dikatakan bahwa hal ini diciptakan cocok untuk orang orang malas seperti saya.

Latest revision as of 03:24, 14 February 2020

Tugas 1 (Pertama)

Tentukan F(x)=(x^2-1/(x-1) dari F(1)menggunakan metode manual dan menggunakan software pada komputer kemudian dianalisa dan diberikan komentar

Metode Manual

Metode Manual

Penyelesaian dengan menggunakan metode menghitung langsung cukup membingungkan karena jika dihitung dengan metode biasa akan menghasilkan 0/0 (tidak terdefinisi) jika x= 1. Maka dari itu dicari dengan cara lain menggunakan metode limit namun sebelum menggunakan metode ini saya pribadi coba menggunakan cara penurunan namun kemungkinan besar saya salah melakukan kalkulasi dan mendapatkan hasil yang sama yaitu 0/0. Oleh karena itu saya memutuskan untuk lanjut menggunakan metode limit dan memperoleh hasil sebesar 2

Metode Software

Metode Software

Pada software ini saya menggunakan sympy (Symbolic Pyhton) untuk menyelesaikan limit yang terdapat pada soal. Terdapat langkah langkah yang harus dilakukan seperti mendefinisikan nilai x, memasukan f(x) ke dalam softwarenya, memasukan nilai x, memasukan jawaban dari limit kedalam soal, dan menentukan output dari soalnya sehingga ada jawaban.

Butuh waktu yang cukup lama untuk mengerjakan tugas ini tanpa bimbingan karena di phyton idle secara sendirinya tidak dapat melakukan kalkulasi yang di inginkan dan tanpa mengimport symp kemungkinan besar tugas ini tidak akan terselesaikan hahahaha.


Metode Software

setelah dilakukan permodelan maka akan didapatkan hasil dari perhitungan yang sudah dilakukan dengan menekan F5 dan didapatkan hasilnya adalah 2, sama dengan perhitungan manual. Bisa juga mendapatkan value x yang variatif dengan persamaan yang sama dengan penginputan saja.

Analisis dan Komentar

Perhitungan matematika sering kali membuat kita harus berpkir lebih bagaimana cara menyelesaikannya. Dengan menggunakan metode software terbukti kalau awal permodelan dan pemrograman akan memakan waktu yang cukup lama jika tidak mengerti dasaran dari programming namun ketika sudah mulai mengerti dan paham bisa dikatakan bahwa hal ini diciptakan cocok untuk orang orang malas seperti saya.