Sistem Manajemen Termal Baterai Kendaraan Dan Motor Listrik Berbasis Phase Change Material (PCM) Mohamad Wafirul Hadi

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search

Sistem Manajemen Termal Baterai Kendaraan Dan Motor Listrik Berbasis Phase Change Material (PCM) Mohamad Wafirul Hadi Departemen Teknik Mesin, Universitas Indonesia, Kampus UI Depok 16424, Indonesia Email addres: Mohamad.wafirul@ui.ac.id

Abstrak

	Kemajuan teknologi baterai telah menghasilkan baterai-baterai lithium-ion berdensitas energi sangat tinggi. Untuk operasi kendaraan listrik yang aman dengan kinerja yang tinggi serta  umur pakai yang panjang diperlukan sIstem manajemen termal yang handal dengan bobot ringan ukuran yang ringkas dan hemat energi. Penelitian ini bertujuan untuk, mengkaji campuran terbaik penerapan Phase Change Material (PCM) untuk meningkatkan kinerja pendinginan baterai kendaraan, menganalisa prototype sistem manajemen termal baterai menggunakan Phase Change Material (PCM)  dengan heatshink sekeliling sebagai media pending dan menentukan kinerjanya secara eksperimental, dan menganalisa prototype sistem manajemen termal motor listrik menggunakan Phase Change Material (PCM)  dengan heatshink sekeliling sebagai media pending dan menentukan kinerjanya secara eksperimental. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini merupakan metode eksperimental. Metode ini dapat digunakan untuk menguji suatu perlakuan dengan membandingkannya dengan perlakuan lain. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah baterai dan motor listrik. Diperlihatkan setup pengujian prototipe sistem manajemen termal baterai kendaraan dan motor listrik berbasis Phase Change Material (PCM) secara skematik. Empat baterai secara seri sebagi sumber arus listrik untuk memutarkan motor listrik. Untuk mengukur temperatur permukaan baterai, pada setiap permukaan luar dinding baterai pack dipasang termokopel, pada dinding baterai pack dikelilingi oleh PCM jacket. Termokopel yang telah dipasang dihubungkan dengan modul NI DAQ 9214 pada chasis NIcDAQ 9714. Sistem data akuisisi tersebut dihubungkan dengan sebuah laptop. Untuk mengukur daya listrik digunakan Yokogawa WT310 Digital Powermeter disimpan dalam laptop. Pada penelitian sistem manajemen termal baterai dan motor listrik menggunakan Phase Change Material (PCM) dengan heatshink dan udara sekeliling sebagai media pendinginnya mampu menurunkan temperature permukaan baterai  dan motor listrik secara signifikan. Proses perhitungan dibantu menggunakan software Labviw dan origin untuk proses input data dan output chart, dan untuk pengolah data perhitungan menggunakan SPSS untuk uji anava dan signifikansi.