Shape Optimization untuk Mengurangi Berat Konstruksi pada Mudguard Lipat Kawasaki Ninja 250 FI - Muhammad Adzanna Moslem

From ccitonlinewiki
Revision as of 08:56, 6 April 2020 by Adzanna (talk | contribs)
(diff) ← Older revision | Latest revision (diff) | Newer revision → (diff)
Jump to: navigation, search

Abstract


Pemilihan material dan desain adalah hal yang sangat penting dalam dunia industri untuk menghasilkan produk-produk berkelanjutan dan kompetitif. Untuk memenuhi kriteria kekuatan dan ketahanan suatu komponen, shape optimization dapat digunakan sebagai alat pada proses desain. Dalam penelitian ini akan dilakukan shape optimization terhadap bentuk desain struktur Mudguard Untuk Kawasaki Ninja 250 FI khususnya pada bagian Frame. Ada dua tujuan utama yang akan dicapai pada penelitia ini. Pertama yaitu membatasi massa dari bentuk frame yang optimum dengan target tertentu yang nilainya kurang dari desain frame aslinya. Yang kedua yaitu memaksimalkan kekuatan bentuk frame berdasarkan beban yang diterima Mudguard . Pengurangan massa akan dilakukan dengan cara mengeliminasi area-area pada frame yang memiliki pengaruh terkecil terhadap tegangan yang terjadi pada model frame. Dengan kata lain hal ini dilakukan untuk menghasilkan bentuk frame yang seringan mungkin untuk mengurangi beban konstruksi Mudguard. Berdasarkan hasil dari simulasi shape optimization didapatkan desain frame baru dengan pengurangan berat sebesar … kg atau sebesar …

Keywords - Frame, Mudguard Shape Optimization



Add your comment
ccitonlinewiki welcomes all comments. If you do not want to be anonymous, register or log in. It is free.