Sevenno sihotang

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Sevenno.jpg

Profil Diri

Nama : Sevenno Sihotang

NPM: 1806202273

Jurusan : Teknik perkapalan

Tempat, tanggal lahir : Simanduma, 07 November 2000

email : sevenhotang@gmail.com


Sevenno Sihotang biasa dipanggil peno berasal dari Tigabaru, Sumatra Utara. Saya merupakan salah satu mahasiswa Teknik Perkapalan angkatan 2018. Saya adalah anak ke-6 dari 6 bersaudara. Sekarang tinggal di Asrama Universitas Indonesia dari tahun awal masuk kuliah. Saya mempunyai hobi bermain catur. Belajar programing adalah hal yang cukup sulit saya ikuti tapi menarik bagi saya. Karena hal tersebut membutuhkan ketelitian dan rasa keingintahuan yang tinggi. Sebelumnya saya pernah belajar programing untuk seleksi masuk Tim Robotika Universitas Indonesia (TRUI), tapi hanya sedikit saja.

Pertemuan 1

Jumat, 07 Februari 2020

Pada pertemuan pertama, dimulai dengan perkenalan dari pak Dai. Selanjutnya, Pak dai menjelaskan tentang aturan-aturan selama satu semester kedepan. Memperkenalkan tentang AIR (air.eng.ui.ac.id) kepada mahasiswa. mahasiswa belajar AIR dengan membuat akun terlebih dahulu, selanjutnya membuat profil diri dan juga menceritakan pengalaman-pengalaman tentang seputar belajar programing.

Tugas 1

Sebelumnya Saya minta maaf pak Dai atas keterlambatan saya mengerjakan tugas 1 ini, dikarenakan dari tanggal 8-15 Ferbuari saya ada social project di desa Buni Baru. Dan saya baru bisa memegang laptop setelah pulang dari sana. Jika tugas ini tidak bapak terima, apakah saya boleh meminta tugas pengganti pak. Terima Kasih.

Pengerjaan secara manual

Manual.jpg


Pengerjaan melalui software Phyton

Limit phyton.PNG

Komentar

Dari perbandingan pengerjaan soal diatas dengan metode manual dan melalui software, menurut saya dengan pengerjaan secara manual memerlukan kemampuan berpikir mencari penyelesaian dengan otak kita sendiri sehingga membuat kita harus berpikir ekstra untuk mencari penyelesaiannya. Berbeda dengan metode penyelesaian dengan melauli software, cukup kita hanya mengetahui cara program penyelesaian soalnya di software dan juga soalnya kita sudah mengetahui jawabannya tanpa harus memikirkan bagaimana cara penyelesaiaannya dengan kepala kita sendiri. Sehingga menurut saya pengerjaaan melalui software jauh lebih mudah daripada manual asalkan kita mengetahui program penyelesaian soalnya. Terima kasih


Pertemuan 2

Jumat, 14 Februari 2020

Pada hari jumat pertemuan ke-2, saya tidak bisa hadir di kelas metode numerik. Dikarenakan saya sedang mengikuti social project di Desa Buni Baru, Bekasi dari tanggal 7-14 Februari.

Tugas 2

Soal 1

soal pertama ini kita diminta Pak Dai untuk mencari salah satu soal dari buku, lalu mengerjakannya dengan cara manual dan juga melalui software. Pada soal ini diminta mencari berapa nilai x (x1,x2,x3) dengan metode gauss elimination.

Soal2.PNG

Jawaban Manual :

Manualtugasmetnum1.jpg

Jawaban dengan Phyton:

Tugas1.PNG

Komentar

Menurut saya pengerjaan dengan menggunakan software sangat memudahkan saya menyelesaikan soal dibandingkan dengan cara manual yang menuntut saya harus birpikir ekstra untuk mencari jawabannya. Ditambah lagi saya harus teliti jika mengerjakan secara manual. Tetapi menurut saya kekurangan menggunakan software adalah saya tidak tau cara penyelesaian soalnya, karena jika memakai software yang diperlihatkan adalah hanya jawaban akhirnya. Dalam pengerjaan soal ini saya menggunakan sympy. Sympy sendiri adalah bagian dari software phyton yang berisi kode-kode pemograman matematika. Terima kasih


soal 2

Jatuhbebasmanual.jpeg

Jawaban dengan Phyton:

Jatuhbebas.PNG

Komentar

Pada Pengerjaan soal fisika atau gerak jatuh bebas ini saya menggunakan pemograman sederhana dengan menggunakan phyton. Soal ini juga saya tidak menggunakan sympy seperti soal-soal sebelumnya. Menurut saya soal ini cukup mudah untuk diselesaikan dengan cara manual karena tidak menggunakan rumus-rumus yang panjang ataupun rumit. Terima Kasih.

Progres Metode Numerik

Slidepeno1.JPG
Slidepeno2.JPG
Slidepeno3.JPG
Slidepeno4.JPG

Pertemuan 3

Frekuensi adalah jumlah gerakan bolak balik dalam satuan waktu, Jika dala berinteraksi atau berkomunikasi harus satu frekuensi agar dapat tersambung satu sama lain. Pemodelan : Seperti apa model matematis yang bisa mewakili gerakan dinamis massa tersebut. dm/dt=0 adalah prinsip konservasi massa, menyatakan bahwa massa tidak dapat diciptakan tetapi dapat diubah. Do/Do t adalah perubahan hanya satu komponen seperti perubahan jarak. Dv/Dt adalah perubahan 2 komponen. Contohnya perubahan jarak dan waktu.

Laporan Asistensi 1

Ass1.JPG
Ass2.JPG
Ass3.JPG
Ass4.JPG

Tugas 3

Soal
Rungas.PNG

Jawaban:

Runga0.PNG
Runga12.jpg
Runga23.jpg

Asistensi 2

Pada selasa 02 Maret 2020 kami mengadakan asistensi ke-2 dengan materi interpolasi dan regresi linear. Pertama, asisten dosen mengajarkan bagaimana rumus dan pemakaiannya dipapan tulis. Setelah itu asisten dosen menjelaskan pemogramannya untuk mendapatkan grafik dari data tersebut.

Lap asistensi 3.jpg

Tugas 4

Pada tugas ini kami ditugaskan mencari 10 data hambatan kapal dan mengolahnya di CFD. kemudian membuat regresi linearnya dan juga dengan metode Newton.

Kecepatan kapal pen.PNG
Qw1.PNG
Qw2.PNG
Reg1.PNG
Reg2.PNG

Pertemuan 5

Jumat, 6 Maret 2020

Pada pertemuan ini, pertama-tama berdiskusi tentang apa yang dimaksud dengan nilai. Apa tujuan kita sbenarnya ke kampus. apakah untuk sekedar untuk nilai saja atau untuk menimba ilmu. Kami juga dikasih tugas kolaborasi oleh pak Dai tentang initial dan boundary problem. Pada tugas ini kami berdiskusi tentang pengertian dan contoh-contoh dari initial dan boundary problem disuatu page yang telah dibuat. Disitu kami menulis pendapat kami masing-masing.

Asistensi 3

Selasa, 10 Maret 2020

Tugashotang1.JPG
Tugashotang2.JPG
Tugashotang3.JPG
Tugashotang4.JPG

Tugas 5

Ivpdanibv.PNG
Kurvaivp.PNG

Komentar

Dalam pengerjaan tugas initial value problem dan boundary value problem ini, ada kesulitan yang saya alami seperti dalam mengimport dan juga ketelitian setiap angka. Tetapi dengan percobaan dengan berulang-ulang saya akhirnya berhasil mengerjakannya.


Pertemuan 6

Jumat, 13 Maret 2020

Pada pertemuan ini, dosen pak Dai tidak dapat memberikan materi kuliah sehingga digantikan oleh asisten dosen bang Edo. Bang Edo menjelaskan tentang optimasi. Optimasi ini membantu kita mendapatkan nilai yang mendekati sempurna. Optimasi sendiri merupakan seberapa efektif dan efisien sesuatu hingga mencapai nilai idealnya. Pemograman menggunakan phyton mendapatkan nilai optimasi dari variabel-variabel yang sudah ditentukan sebelumnya dengan mendefinisikan nilai x dari masing-masing variabel dan menyusunnya menjadi sebuah matriks untuk dapat dihitung.

Pertemuan5ab.jpg

Tugas 6

AAA123.PNG


Komentar

Dari Penjelasan yang telah diberikan oleh asisten dosen kami diberi tugas optimasi. Yaitu mencari luas area maksimum yang dapat dijangkau oleh kayu sepanjang 20 meter.

Tugas Video

Soal : Suatu kotak persegi panjang mempunyai keliling 100 cm (equality constrain). Dengan panjang minimal 30 cm (inequality constrain). Tentukan luas maksimum kotak yang dapat dibentuk

Jawaban:

Komentar

Dalam mengerjakan tugas video ini kendala saya adalah dalam membuat videonya. saya harus mendownload aplikasi untuk merekam screen laptop saya terlebih dahulu. Dan juga dalam pengerjaannya besar videonya lebih dari yang bisa diupload ke wiki saya yaitu sebesar 108mb, oleh karena itu saya harus kompres video saya terlebih dahulu. Terima kasih.

Ujian Tengah Semester

3 April 2020

1. Simulasi CFDSOFT Mencari Nilai Hambatan Kapal

Mencari nilai hambatan kapal dari kecepatan-kecepatan yang sudah diketahui. Berikut link video pengerjaan pada platform Youtube.

https://www.youtube.com/watch?v=rNjG2tYDVBI&t=203s

2. Pola hubungan (persamaan) hambatan dengan kecepatan AUV menggunakan metoda curve fitting (regresi polinomial)

Regresi Linear dari hambatan yang telah didapatkan menggunakan metode curve fitting di phyton. Berikut link video pengerjaan pada platform Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=tWO8HqNVzuI

3. Model matematis (persamaan diferensial) untuk memperkirakan propulsi yang diperlukan AUV untuk berbagai kecepatan

4. Dengan menggunakan metoda Runga Kutta, selesaikan persamaan diferensial soal no. 3 untuk mendapatkan waktu yang diperlukan AUV sampai mencapai kecepatan penuh