Difference between revisions of "Sahdha Prakasa"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 87: Line 87:
  
 
[(a,b),(p,q)] [ x,y ] = [ c.r ]
 
[(a,b),(p,q)] [ x,y ] = [ c.r ]
 +
 +
contoh bahasa pemograman python
 +
 +
for k in range(0,n-1):
 +
for i in range(k+1,n):
 +
 +
 +
if a[i,k] != 0.0:
 +
lam = a[i,k]/a[k,k]
 +
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n]
 +
b[i] = b[i] - lam*b[k]

Revision as of 14:37, 20 February 2019

Headline text

Tugas Metode Numerik 1

Dalam menimba ilmu, tahap yang paling sempurna adalah mempelajari fundamental atau dasar dari ilmu tersebut. Untuk apa kegunaannya, bagaimana pengaplikasiannya, dan bagaimana kita bisa mempelajarinya. Dengan mempelajari hal - hal yang dimulai dari pertanyaan dasar maka kita akan benar - benar memahami ilmu tersebut bahkan akan bermanfaat bagi diri kita maupun orang lain.

Di sisi lain, bermanfaat atau tidaknya suatu ilmu lebih bergantung pada manusianya, di sini lah akal manusia bekerja sebagaimana fungsinya. Apakah ilmu yang didapat menjadikannya manfaat bagi diri dan orang lain, atau bahkan digunakan untuk kejahatan yang bersifat menguntungkan diri sendiri namum merugikan orang lain ?

Manusia berakal adalah syarat untuk mengikuti mata kuliah Metode Numerik ini, begitulah pesan yang dikutip Dr. Ahmad Indra atau dipanggil Aki DAI, pengajar perkuliahan Metode Numerik. Beliau berpesan kita sebagai manusia harus mengenal siapa dirinya sendiri, hal ini hanya dapat dilakukan sebagai makhluk yang berakal, dengan memahami dan mengenal diri sendiri kita tahu kelebihan, potensi, dan kekurangan dalam diri kira sehingga kita terus berlajar untuk memperbaiki kekurangan diri dan menjadi manusia yang lebih baik serta berguna bagi sesama.

Adapun bentuk aplikasi dari mata kuliah Metode Numerik ini, diantaranya proses pemrograman dasar seperti algoritma, flowchart, metode iterative. Penyelesaian persamaan matematik seperti persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral dapat diselesaikan, hingga penyelesaian proses optimasi ( suatu proses untuk mencapai hasil yang ideal ).Tidak hanya untuk menyelesaikan suatu persamaan, bahkan ilmu Metode Numerik ini bisa digunakan untuk menghitung distribusi pembebanan pada suatu benda dengan metode Finite Element serta menghitung tegangan / stress pada pembebanan. Sedangkan untuk referensinya,yang dijadikan referensi utama adalah buku Advanced Engineering Mathematics ( Edwin Kryzig ).

Pertemuan Metode Numerik ke 3

ax + by = c px + qy = r

Buat : 1. Algoritma

      2. Flowchart 
      
      3. Solving dengan program Python

a,b,c,p,q,r = Konstanta

x,y = variabel

- Tulis persamaan

                 ax + by = c
                 px + qy = r

- Input nilai pada a,b,c,p,q,r

- Hitung dengan menggunakan numpy method

- cari penyelesaian dengan z = np.linalg.solve(x,y)


Flow chart :

1. Print ax +by = c dan px +qy=r

2. Print masukan nilai a,b,c dan p,q,r

3. Input nilai a,b,c dan p,q,r

4. Input nilai a,b dan p,q ke dalam satu matrix

5. Input nilai c dan r ke dalam matrix yang lain

6. Lakukan perhitungan dengan menggunakan numpy linear algebra = np.linalg.solve(x,y)

7. Print hasil x dan y


import numpy as np

print("linear algebra solution :)")

print("ax + by = c")

print("px + qy = r")

print("Please input the value")

a = int(input("input value of a :"))

b = int(input("input value of b :"))

c = int(input("input value of c :"))

p = int(input("input value of p :"))

q = int(input("input value of q :"))

r = int(input("input value of r :"))


Pertemuan Metode Numerik ke 3

Dalam mengerjakan persamaan bervariabel, untuk mencari variabel tersebut ( x, y ) kita dapat menyusun konsep dan pola terlebih dahulu dengan menggunakan metode matrix

Contoh :

ax + by = c px + qy = r

[(a,b),(p,q)] [ x,y ] = [ c.r ]

contoh bahasa pemograman python

for k in range(0,n-1): for i in range(k+1,n):


if a[i,k] != 0.0: lam = a[i,k]/a[k,k] a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] b[i] = b[i] - lam*b[k]