Difference between revisions of "Rudi Saepul Anwar Zaelani"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 1: Line 1:
 +
==
 +
==
 +
==
 
Nama : Rudi Saepul Anwar
 
Nama : Rudi Saepul Anwar
 
NPM : 1706986870
 
NPM : 1706986870
Line 58: Line 61:
 
I = baris ke …
 
I = baris ke …
 
J + kolom
 
J + kolom
 +
 +
ROATING : Mmenjabarkan syarat
 +
    lam = a(i,k)/a(k,k)
 +
    a(i,k+1:n) = a(i,k+1:n)-lam*a(k,k+1
 +
    b(i) = b(i) - lam*b(k)
 +
   
 +
 +
function v=invu(u)
 +
% Invert upper triangular matrix
 +
% u - (nxn) matrix
 +
% v - inv(a)
 +
n=size(u,1); % get number of rows in matrix a
 +
for i=2:n
 +
for j=1:i-1
 +
v(i,j)=0;
 +
end
 +
end
 +
for i=1:n
 +
v(i,i)=1/u(i,i);
 +
end
 +
for j=2:n
 +
for i=j-1:-1:1
 +
v(i,j) = -1/u(i,i)*sum(u(i,i+1:j)*v(i+1:j,j));
 +
 +
Python 3.7.2 (tags/v3.7.2:9a3ffc0492, Dec 23 2018, 22:20:52) [MSC v.1916 32 bit (Intel)] on win32
 +
Type "help", "copyright", "credits" or "license()" for more information.
 +
>>> x=1
 +
>>> print()
 +
 +
>>> print(x)
 +
1
 +
>>> print("x","=",x)
 +
x = 1
 +
>>> x=1
 +
>>> y=2
 +
>>> x+y
 +
3
 +
>>>

Revision as of 14:36, 20 February 2019

==

==
==

Nama : Rudi Saepul Anwar NPM : 1706986870 Prodi : Teknik Perkapalan Self Reflection Metode Numerik Perkuliahan dimulai tentang pengenalan Dosen untuk Mata Kuliah Metode Numerik, dan pengenalan beberapa Asisten Dosen untuk Mata Kuliah Metode Numerik. Setelah itu menjelaskan mengenai Tujuan Pembelajaran, diantaranya : Memahami konsep/prinsip dan mampu menerapkannya. Menjadi orng yang lebih mengenali diri. Adapun materi yang akan dipelajari dalam Mata Kuliah Metode Numerik adalah sebagai berikut : Metode Numerik Penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan Differensial dan integral Optimasi Studi kasus Dalam perkulaiahan kedepannya akan menggunakan Aplikasi program EES dan C Adapun buku Referensi itu bebas dari mana saja tapi ada rekomendasi yaitu, Buku Advanced Engineering Mathematics karya Edwin Kryzig. Dalam materi Metode Numerik meliputi : Algoritma Flowchart Pemograman Metode Literative Dalam pembelajaran Mata Kuliah Metode Numerik yang paling penting itu adalah AKAL, karena aka nantinya akan menjadi sebuah tali penghubung. Selan itu akal merupakan minset koridor manusia. Dengan akal, manusia dapat membedakan hal yang baik dan buruk, membaca fenomena sosial dan alam, dan fungsi lainnya. Orang yang berakal akan dapat mengendalikan hawa nafsu yang hanya akan menimbulkan kehancuran bagi dirinya. Oleh karena itu, sudah semestinya akal menjadi pengendali nafsu, yang selalu mengawasi kesalahan dan kelalaiannya, menahan serangannya dan menghindari tipu muslihatnya. Dengan akal yang dianugerahi Allah, maka manusia dapat mengetahui hakikat dari segala sesuatu, dapat membedakan mana yang baik (hasanah) dan mana yang buruk (sayyi’ah), mana yang benar (shawab) dan mana yang salah (khata’), mana cahaya (an-nur) dan mana kegelapan (adz-dhulumat). Tambahan materi : Meski demikian, tidak sedikit orang cerdas dan berilmu yang memiliki potensi akal yang baik namun mereka lebih memilih berlari dari kebenaran demi mengikuti hawa nafsunya. Kelompok ini adalah mereka yang selalu mencari pembenaran bukan kebenaran. Mereka lah yang selalu memutar balikkan dan mempermainkan firman Allah dengan mengungkapkan yang haram dalam Al-Qur’an menjadi perkara yang halal untuk dilakukan, yang halal menurut Allah menjadi perkara yang haram menurut mereka. Gejala inilah yang disebut oleh Dr Syamsuddin Arif sebagai “kanker epistemologis.” Pembelajaran dilanjut dengan pemberian sebuah pertanyaan mengenai cara penyelesaian sebuah pertanyaan matematis A=(x^2-1)/(x-1) untuk x=1.Maka Nilai A ? Setelah beberapa mahasiswa menjawab kita dituntut untuk aktif menjawab serta selain kita dituntut aktif menjawab tetapi kita harus bertanggung jawab. Jadi outfout nya itu Aktif bertanggung jawab. Bertanggung jawab dengan mampu memberikan jawaban yang tepat dengan alasan yang logis dan rasional sehingga meyakinkan dan jawaban dapat dipertanggung jawabkan.

Metode Numerik Masalah Teknik --> Model Matematis --> Metode Numerik --> Algoritma --> Program Komputer --> Hasil Numerik --> Visual --> Interpretasi --> Solusi Teknik Algoritma merupakan langkah-langkah sistematis dan logis dalam menyelesaikan suatu permaalahan. Pemograman adalah proses membuat suatu program dengan algoritma dan bahasa pemograman Simulasi dalam KBBI metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya.

Hasil metode numerik berupa formula-formula atau operasi matematika. Interpretasi merupakan proses, cara penafsiran tentang hasil dan metode numerik.

Python 3.7.2 (tags/v3.7.2:9a3ffc0492, Dec 23 2018, 22:20:52) [MSC v.1916 32 bit (Intel)] on win32 Type "help", "copyright", "credits" or "license()" for more information. >>> x=1 >>> print()

>>> print(x) 1 >>> print("x","=",x) x = 1 >>> x=1 >>> y=2 >>> x+y 3 >>>

Pertemuan Bagaimana menyelesaikan Persamaan Linear dengan pyhton python hanya bisa menggunakan operasi (+), (-), (/) dan (*).

Ada pola yang digunakan. N = jumlah baris/kolom I = baris ke … J + kolom

ROATING : Mmenjabarkan syarat

   lam = a(i,k)/a(k,k)
   a(i,k+1:n) = a(i,k+1:n)-lam*a(k,k+1
   b(i) = b(i) - lam*b(k)
   

function v=invu(u) % Invert upper triangular matrix % u - (nxn) matrix % v - inv(a) n=size(u,1); % get number of rows in matrix a for i=2:n for j=1:i-1 v(i,j)=0; end end for i=1:n v(i,i)=1/u(i,i); end for j=2:n for i=j-1:-1:1 v(i,j) = -1/u(i,i)*sum(u(i,i+1:j)*v(i+1:j,j));

Python 3.7.2 (tags/v3.7.2:9a3ffc0492, Dec 23 2018, 22:20:52) [MSC v.1916 32 bit (Intel)] on win32 Type "help", "copyright", "credits" or "license()" for more information. >>> x=1 >>> print()

>>> print(x) 1 >>> print("x","=",x) x = 1 >>> x=1 >>> y=2 >>> x+y 3 >>>