Difference between revisions of "Rudi Saepul Anwar Zaelani"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Self Reflection Metode Numerik Pertemuan Pertama)
 
 
(7 intermediate revisions by 3 users not shown)
Line 1: Line 1:
 +
 
Nama : Rudi Saepul Anwar
 
Nama : Rudi Saepul Anwar
 
NPM : 1706986870
 
NPM : 1706986870
Line 19: Line 20:
 
Pemograman
 
Pemograman
 
Metode Literative
 
Metode Literative
Dalam pembelajaran Mata Kuliah Metode Numerik yang paling penting itu adalah AKAL, karena akan nantinya akan menjadi sebuah tali penghubung. Selan itu akal merupakan minset koridor manusia.
+
Dalam pembelajaran Mata Kuliah Metode Numerik yang paling penting itu adalah AKAL, karena aka nantinya akan menjadi sebuah tali penghubung. Selan itu akal merupakan minset koridor manusia. Dengan akal, manusia dapat membedakan hal yang baik dan buruk, membaca fenomena sosial dan alam, dan fungsi lainnya.
 +
Orang yang berakal akan dapat mengendalikan hawa nafsu yang hanya akan menimbulkan kehancuran bagi dirinya. Oleh karena itu, sudah semestinya akal menjadi pengendali nafsu, yang selalu mengawasi kesalahan dan kelalaiannya, menahan serangannya dan menghindari tipu muslihatnya.
 +
Dengan akal yang dianugerahi Allah, maka manusia dapat mengetahui hakikat dari segala sesuatu, dapat membedakan mana yang baik (hasanah) dan mana yang buruk (sayyi’ah), mana yang benar (shawab) dan mana yang salah (khata’), mana cahaya (an-nur) dan mana kegelapan (adz-dhulumat).
 +
'''Tambahan materi :''' Meski demikian, tidak sedikit orang cerdas dan berilmu yang memiliki potensi akal yang baik namun mereka lebih memilih berlari dari kebenaran demi mengikuti hawa nafsunya. Kelompok ini adalah mereka yang selalu mencari pembenaran bukan kebenaran. Mereka lah yang selalu memutar balikkan dan mempermainkan firman Allah dengan mengungkapkan yang haram dalam Al-Qur’an menjadi perkara yang halal untuk dilakukan, yang halal menurut Allah menjadi perkara yang haram menurut mereka. Gejala inilah yang disebut oleh Dr Syamsuddin Arif sebagai “kanker epistemologis.”
 
Pembelajaran dilanjut dengan pemberian sebuah pertanyaan mengenai cara penyelesaian sebuah pertanyaan matematis
 
Pembelajaran dilanjut dengan pemberian sebuah pertanyaan mengenai cara penyelesaian sebuah pertanyaan matematis
 
A=(x^2-1)/(x-1)  untuk x=1.Maka Nilai A ?
 
A=(x^2-1)/(x-1)  untuk x=1.Maka Nilai A ?
 
Setelah beberapa mahasiswa menjawab kita dituntut untuk aktif menjawab serta selain kita dituntut aktif menjawab tetapi kita harus bertanggung jawab. Jadi outfout nya itu Aktif bertanggung jawab. Bertanggung jawab dengan mampu memberikan jawaban yang tepat dengan alasan yang logis dan rasional sehingga meyakinkan dan jawaban dapat dipertanggung jawabkan.
 
Setelah beberapa mahasiswa menjawab kita dituntut untuk aktif menjawab serta selain kita dituntut aktif menjawab tetapi kita harus bertanggung jawab. Jadi outfout nya itu Aktif bertanggung jawab. Bertanggung jawab dengan mampu memberikan jawaban yang tepat dengan alasan yang logis dan rasional sehingga meyakinkan dan jawaban dapat dipertanggung jawabkan.
 +
 +
Metode Numerik
 +
Masalah Teknik --> Model Matematis --> Metode Numerik --> Algoritma --> Program Komputer --> Hasil Numerik --> Visual --> Interpretasi --> Solusi Teknik
 +
Algoritma merupakan langkah-langkah sistematis dan logis dalam menyelesaikan suatu permaalahan.
 +
Pemograman adalah proses membuat suatu program dengan algoritma dan bahasa pemograman
 +
Simulasi dalam KBBI metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya.
 +
 +
Hasil metode numerik berupa formula-formula atau operasi matematika.
 +
Interpretasi merupakan proses, cara penafsiran tentang hasil dan metode numerik.
 +
 +
Python 3.7.2 (tags/v3.7.2:9a3ffc0492, Dec 23 2018, 22:20:52) [MSC v.1916 32 bit (Intel)] on win32
 +
Type "help", "copyright", "credits" or "license()" for more information.
 +
>>> x=1
 +
>>> print()
 +
 +
>>> print(x)
 +
1
 +
>>> print("x","=",x)
 +
x = 1
 +
>>> x=1
 +
>>> y=2
 +
>>> x+y
 +
3
 +
>>>
 +
 +
Pertemuan Bagaimana menyelesaikan Persamaan Linear dengan pyhton
 +
python hanya bisa menggunakan operasi (+), (-), (/) dan (*).
 +
 +
Ada pola yang digunakan.
 +
N = jumlah baris/kolom
 +
I = baris ke …
 +
J + kolom
 +
 +
ROATING : Mmenjabarkan syarat
 +
    lam = a(i,k)/a(k,k)
 +
    a(i,k+1:n) = a(i,k+1:n)-lam*a(k,k+1
 +
    b(i) = b(i) - lam*b(k)
 +
   
 +
 +
function v=invu(u)
 +
% Invert upper triangular matrix
 +
% u - (nxn) matrix
 +
% v - inv(a)
 +
n=size(u,1); % get number of rows in matrix a
 +
for i=2:n
 +
for j=1:i-1
 +
v(i,j)=0;
 +
end
 +
end
 +
for i=1:n
 +
v(i,i)=1/u(i,i);
 +
end
 +
for j=2:n
 +
for i=j-1:-1:1
 +
v(i,j) = -1/u(i,i)*sum(u(i,i+1:j)*v(i+1:j,j));
 +
 +
Python 3.7.2 (tags/v3.7.2:9a3ffc0492, Dec 23 2018, 22:20:52) [MSC v.1916 32 bit (Intel)] on win32
 +
Type "help", "copyright", "credits" or "license()" for more information.
 +
>>> x=1
 +
>>> print()
 +
 +
>>> print(x)
 +
1
 +
>>> print("x","=",x)
 +
x = 1
 +
>>> x=1
 +
>>> y=2
 +
>>> x+y
 +
3
 +
 +
 +
Tugas
 +
Seorang Bandar Kos kontrakan ingin membuat 3 rumah untuk di kontrakan.
 +
Rumahnya terdiri dari komposisi : Bata, Pasir, dan Semen. Pembelian pertama :
 +
2 ton Bata, 2 ton pasir dan 1 ton semen dengan harga Rp. 67.000.000
 +
Pembelian kedua :
 +
3 ton bata, 1 ton pasir dan 1 ton semen dengan harga Rp. 61.000.000
 +
Pembelian ketiga :
 +
1 ton bata, 3 ton pasir dan 2 ton semen dengan harga Rp. 80.000.0000
 +
 +
1. Berapa harga  1  ton bata, 1 ton pasir, dan 1 ton semen ?
 +
2. Jika 1 rumah di kontrakan 10.000.000/bulan. Berapa Keuntungan yang didapat Bandar kontrakan dalam setahun :
 +
Jawab :
 +
Menggunakan APKnya itu
 +
import numpy as np
 +
 +
#Menentukan harga  1  ton bata, 1 ton pasir, dan 1 ton semen
 +
A=np.array([[2,2,1],[3,1,1],[1,3,2]],float)
 +
print (A)
 +
# define the matrix B
 +
B=np.array ([67000000,61000000,80000000],float)
 +
print (B)
 +
 +
import numpy as np
 +
from numpy import array
 +
 +
#1 define the matrix
 +
A=np.array ([[2,2,1],[3,1,1],[1,3,2]], float)
 +
print (A,'\n')
 +
 +
B=np.array ([67000000,61000000,80000000], float)
 +
print ('matrix B adalah','\n',B)
 +
 +
#--mendefinisikan ukuran matrix
 +
 +
n=len(B)
 +
print('ukuran matrix B adalah =',n)
 +
 +
x=np.zeros((3),float)
 +
for k in range (0,n-1) :                #perintah jika sebuah baris
 +
    for i in range (k+1,n) :
 +
        if A[i,k] != 0.0 :
 +
            lam = A[i,k]/A[k,k]
 +
            A[i, k+1:n] = A[i, k+1:n] - lam*A[k, k+1:n]
 +
            B[i]=B[i] - lam*B[k]
 +
 +
 +
for k in range (n-1,-1,-1) :
 +
    x[k]=(B[k]-np.dot(A[k,k+1:n], x[k+1:n]))/A[k,k]
 +
 +
    print ("nilai x",str(k), '=' , x[k])
 +
 +
#Menentukan besar keuntungan Bersih Bandar Kosan
 +
#r adalah total pengeluaran pembuatan rumah maka
 +
r= 67000000 + 61000000 + 8000000
 +
print ('total pengeluaran pembuatan rumah','\n',r)
 +
 +
#s adalah keuntungan kotor selama 1 tahun untuk 1 rumah kontrakan
 +
s = 12 * 15000000
 +
print ('keuntungan kotor selama 1 tahun untuk 1 rumah kontrakan','\n',s)
 +
 +
#t adalah keuntungan kotor Bandar Kontrakan 1 tahun untuk 3 rumah
 +
t= 3 * s
 +
print ('keuntungan kotor Bandar kontrakan 1 tahun untuk 3 rumah','\n',t)
 +
 +
#u adalah keuntungan bersih Bandar Kontrakan dalam 1 tahun untuk 3 rumah
 +
u= t-r
 +
print ('keuntungan bersih Bandar Kontrakan dalam 1 tahun untuk 3 rumah','\n',u)
 +
 +
Tugas yang Aplikasi Metode Numerik di dalam Pegas
 +
import numpy as np
 +
from numpy import array
 +
 +
#1 define the matrix
 +
A=np.array ([[200,-200,0],[200,300,-100],[0,-100,-100]], float)
 +
print (A,'\n')
 +
 +
B=np.array ([0,0,1000], float)
 +
print ('matrix B adalah','\n',B)
 +
 +
#--mendefinisikan ukuran matrix
 +
 +
n=len(B)
 +
print('ukuran matrix B adalah =',n)
 +
x=np.zeros((3),float)
 +
for r in range (0,n-1) :                #perintah jika sebuah baris
 +
    for i in range (r+1,n) :
 +
        if A[i,r] != 0.0 :
 +
            lam = A[i,r]/A[r,r]
 +
            A[i, r+1:n] = A[i, r+1:n] - lam*A[r, r+1:n]
 +
            B[i]=B[i] - lam*B[r]
 +
 +
 +
for r in range (n-1,-1,-1) :
 +
    x[r]=(B[r]-np.dot(A[r,r+1:n], x[r+1:n]))/A[r,r]
 +
 +
    print ("nilai x",str(r), '=' , x[r])

Latest revision as of 14:46, 13 March 2019

Nama : Rudi Saepul Anwar NPM : 1706986870 Prodi : Teknik Perkapalan Self Reflection Metode Numerik Perkuliahan dimulai tentang pengenalan Dosen untuk Mata Kuliah Metode Numerik, dan pengenalan beberapa Asisten Dosen untuk Mata Kuliah Metode Numerik. Setelah itu menjelaskan mengenai Tujuan Pembelajaran, diantaranya : Memahami konsep/prinsip dan mampu menerapkannya. Menjadi orng yang lebih mengenali diri. Adapun materi yang akan dipelajari dalam Mata Kuliah Metode Numerik adalah sebagai berikut : Metode Numerik Penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan Differensial dan integral Optimasi Studi kasus Dalam perkulaiahan kedepannya akan menggunakan Aplikasi program EES dan C Adapun buku Referensi itu bebas dari mana saja tapi ada rekomendasi yaitu, Buku Advanced Engineering Mathematics karya Edwin Kryzig. Dalam materi Metode Numerik meliputi : Algoritma Flowchart Pemograman Metode Literative Dalam pembelajaran Mata Kuliah Metode Numerik yang paling penting itu adalah AKAL, karena aka nantinya akan menjadi sebuah tali penghubung. Selan itu akal merupakan minset koridor manusia. Dengan akal, manusia dapat membedakan hal yang baik dan buruk, membaca fenomena sosial dan alam, dan fungsi lainnya. Orang yang berakal akan dapat mengendalikan hawa nafsu yang hanya akan menimbulkan kehancuran bagi dirinya. Oleh karena itu, sudah semestinya akal menjadi pengendali nafsu, yang selalu mengawasi kesalahan dan kelalaiannya, menahan serangannya dan menghindari tipu muslihatnya. Dengan akal yang dianugerahi Allah, maka manusia dapat mengetahui hakikat dari segala sesuatu, dapat membedakan mana yang baik (hasanah) dan mana yang buruk (sayyi’ah), mana yang benar (shawab) dan mana yang salah (khata’), mana cahaya (an-nur) dan mana kegelapan (adz-dhulumat). Tambahan materi : Meski demikian, tidak sedikit orang cerdas dan berilmu yang memiliki potensi akal yang baik namun mereka lebih memilih berlari dari kebenaran demi mengikuti hawa nafsunya. Kelompok ini adalah mereka yang selalu mencari pembenaran bukan kebenaran. Mereka lah yang selalu memutar balikkan dan mempermainkan firman Allah dengan mengungkapkan yang haram dalam Al-Qur’an menjadi perkara yang halal untuk dilakukan, yang halal menurut Allah menjadi perkara yang haram menurut mereka. Gejala inilah yang disebut oleh Dr Syamsuddin Arif sebagai “kanker epistemologis.” Pembelajaran dilanjut dengan pemberian sebuah pertanyaan mengenai cara penyelesaian sebuah pertanyaan matematis A=(x^2-1)/(x-1) untuk x=1.Maka Nilai A ? Setelah beberapa mahasiswa menjawab kita dituntut untuk aktif menjawab serta selain kita dituntut aktif menjawab tetapi kita harus bertanggung jawab. Jadi outfout nya itu Aktif bertanggung jawab. Bertanggung jawab dengan mampu memberikan jawaban yang tepat dengan alasan yang logis dan rasional sehingga meyakinkan dan jawaban dapat dipertanggung jawabkan.

Metode Numerik Masalah Teknik --> Model Matematis --> Metode Numerik --> Algoritma --> Program Komputer --> Hasil Numerik --> Visual --> Interpretasi --> Solusi Teknik Algoritma merupakan langkah-langkah sistematis dan logis dalam menyelesaikan suatu permaalahan. Pemograman adalah proses membuat suatu program dengan algoritma dan bahasa pemograman Simulasi dalam KBBI metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya.

Hasil metode numerik berupa formula-formula atau operasi matematika. Interpretasi merupakan proses, cara penafsiran tentang hasil dan metode numerik.

Python 3.7.2 (tags/v3.7.2:9a3ffc0492, Dec 23 2018, 22:20:52) [MSC v.1916 32 bit (Intel)] on win32 Type "help", "copyright", "credits" or "license()" for more information. >>> x=1 >>> print()

>>> print(x) 1 >>> print("x","=",x) x = 1 >>> x=1 >>> y=2 >>> x+y 3 >>>

Pertemuan Bagaimana menyelesaikan Persamaan Linear dengan pyhton python hanya bisa menggunakan operasi (+), (-), (/) dan (*).

Ada pola yang digunakan. N = jumlah baris/kolom I = baris ke … J + kolom

ROATING : Mmenjabarkan syarat

   lam = a(i,k)/a(k,k)
   a(i,k+1:n) = a(i,k+1:n)-lam*a(k,k+1
   b(i) = b(i) - lam*b(k)
   

function v=invu(u) % Invert upper triangular matrix % u - (nxn) matrix % v - inv(a) n=size(u,1); % get number of rows in matrix a for i=2:n for j=1:i-1 v(i,j)=0; end end for i=1:n v(i,i)=1/u(i,i); end for j=2:n for i=j-1:-1:1 v(i,j) = -1/u(i,i)*sum(u(i,i+1:j)*v(i+1:j,j));

Python 3.7.2 (tags/v3.7.2:9a3ffc0492, Dec 23 2018, 22:20:52) [MSC v.1916 32 bit (Intel)] on win32 Type "help", "copyright", "credits" or "license()" for more information. >>> x=1 >>> print()

>>> print(x) 1 >>> print("x","=",x) x = 1 >>> x=1 >>> y=2 >>> x+y 3


Tugas Seorang Bandar Kos kontrakan ingin membuat 3 rumah untuk di kontrakan. Rumahnya terdiri dari komposisi : Bata, Pasir, dan Semen. Pembelian pertama : 2 ton Bata, 2 ton pasir dan 1 ton semen dengan harga Rp. 67.000.000 Pembelian kedua : 3 ton bata, 1 ton pasir dan 1 ton semen dengan harga Rp. 61.000.000 Pembelian ketiga : 1 ton bata, 3 ton pasir dan 2 ton semen dengan harga Rp. 80.000.0000

1. Berapa harga 1 ton bata, 1 ton pasir, dan 1 ton semen ? 2. Jika 1 rumah di kontrakan 10.000.000/bulan. Berapa Keuntungan yang didapat Bandar kontrakan dalam setahun : Jawab : Menggunakan APKnya itu import numpy as np

  1. Menentukan harga 1 ton bata, 1 ton pasir, dan 1 ton semen

A=np.array([[2,2,1],[3,1,1],[1,3,2]],float) print (A)

  1. define the matrix B

B=np.array ([67000000,61000000,80000000],float) print (B)

import numpy as np from numpy import array

  1. 1 define the matrix

A=np.array ([[2,2,1],[3,1,1],[1,3,2]], float) print (A,'\n')

B=np.array ([67000000,61000000,80000000], float) print ('matrix B adalah','\n',B)

  1. --mendefinisikan ukuran matrix

n=len(B) print('ukuran matrix B adalah =',n)

x=np.zeros((3),float) for k in range (0,n-1) : #perintah jika sebuah baris

   for i in range (k+1,n) :
       if A[i,k] != 0.0 :
           lam = A[i,k]/A[k,k]
           A[i, k+1:n] = A[i, k+1:n] - lam*A[k, k+1:n]
           B[i]=B[i] - lam*B[k]


for k in range (n-1,-1,-1) :

   x[k]=(B[k]-np.dot(A[k,k+1:n], x[k+1:n]))/A[k,k]
   print ("nilai x",str(k), '=' , x[k])
  1. Menentukan besar keuntungan Bersih Bandar Kosan
  2. r adalah total pengeluaran pembuatan rumah maka

r= 67000000 + 61000000 + 8000000 print ('total pengeluaran pembuatan rumah','\n',r)

  1. s adalah keuntungan kotor selama 1 tahun untuk 1 rumah kontrakan

s = 12 * 15000000 print ('keuntungan kotor selama 1 tahun untuk 1 rumah kontrakan','\n',s)

  1. t adalah keuntungan kotor Bandar Kontrakan 1 tahun untuk 3 rumah

t= 3 * s print ('keuntungan kotor Bandar kontrakan 1 tahun untuk 3 rumah','\n',t)

  1. u adalah keuntungan bersih Bandar Kontrakan dalam 1 tahun untuk 3 rumah

u= t-r print ('keuntungan bersih Bandar Kontrakan dalam 1 tahun untuk 3 rumah','\n',u)

Tugas yang Aplikasi Metode Numerik di dalam Pegas import numpy as np from numpy import array

  1. 1 define the matrix

A=np.array ([[200,-200,0],[200,300,-100],[0,-100,-100]], float) print (A,'\n')

B=np.array ([0,0,1000], float) print ('matrix B adalah','\n',B)

  1. --mendefinisikan ukuran matrix

n=len(B) print('ukuran matrix B adalah =',n) x=np.zeros((3),float) for r in range (0,n-1) : #perintah jika sebuah baris

   for i in range (r+1,n) :
       if A[i,r] != 0.0 :
           lam = A[i,r]/A[r,r]
           A[i, r+1:n] = A[i, r+1:n] - lam*A[r, r+1:n]
           B[i]=B[i] - lam*B[r]


for r in range (n-1,-1,-1) :

   x[r]=(B[r]-np.dot(A[r,r+1:n], x[r+1:n]))/A[r,r]
   print ("nilai x",str(r), '=' , x[r])