Difference between revisions of "Rizky Hidayanto"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 1: Line 1:
 +
 +
== Tugas Metode Numerik 1 (6 Februari 2019) ==
 +
 +
 
Ilmu adalah tujuan utama dari proses belajar. Pada saat belajar, kita harus selalu menyertakan pertanyaan-pertanyaan sampai paling mendasar hingga pertanyaan itu habis. Sehingga kita dapat sepenuhnya paham, tidak setengah-setengah. Kita dituntut untuk selalu curious dengan hal-hal yang belum diketahui dan tidak malu untuk bertanya.
 
Ilmu adalah tujuan utama dari proses belajar. Pada saat belajar, kita harus selalu menyertakan pertanyaan-pertanyaan sampai paling mendasar hingga pertanyaan itu habis. Sehingga kita dapat sepenuhnya paham, tidak setengah-setengah. Kita dituntut untuk selalu curious dengan hal-hal yang belum diketahui dan tidak malu untuk bertanya.
  
Line 31: Line 35:
  
 
Adapun referensi untuk bahan belajar metode numerik sumbernya bebas. Karena pada hakikatnya, ilmu itu dapat diperoleh dari mana saja, tidak harus terpaku pada satu sumber saja. Justru semakin banyak sumber yang kita ambil akan semakin banyak ilmu yang kita dapatkan.
 
Adapun referensi untuk bahan belajar metode numerik sumbernya bebas. Karena pada hakikatnya, ilmu itu dapat diperoleh dari mana saja, tidak harus terpaku pada satu sumber saja. Justru semakin banyak sumber yang kita ambil akan semakin banyak ilmu yang kita dapatkan.
 +
 +
 +
== Tugas Metode Numerik 2 (13 Februari 2019) ==
 +
 +
Metode numerik ialah suatu cara untuk menyelesaikan suatu masalah dengan komputasi.
 +
 +
Algoritma sangat penting dalam metode numerik. Yaitu suatu set instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
 +
 +
Dalam menyelesaikan masalah teknik, sumber masalah dimodelkan dengan cara yang sederhana. Contohnya pada permasalahan yang melibatkan bangun 3 dimensi, dimodelkan dengan 2 dimensi.
 +
 +
Adapun langkah-langkah dalam penyelesaian masalah teknik ialah sebagai berikut.

Revision as of 03:28, 20 February 2019

Tugas Metode Numerik 1 (6 Februari 2019)

Ilmu adalah tujuan utama dari proses belajar. Pada saat belajar, kita harus selalu menyertakan pertanyaan-pertanyaan sampai paling mendasar hingga pertanyaan itu habis. Sehingga kita dapat sepenuhnya paham, tidak setengah-setengah. Kita dituntut untuk selalu curious dengan hal-hal yang belum diketahui dan tidak malu untuk bertanya.

Metode numerik adalah teknik untuk menformulasikan persoalan matematika shingga dapat dipecahkan dengan operasi perhitungan biasa (+, -, x, ÷). Metode numerik dapat menjadi solusi dalam permasalahan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode analitik/eksak yang hanya terbatas memberikan solusi eksak/sejati. Oleh karena itu metode numerik selalu menghasilkan solusi dengan pendekatan-pendekatan.

Contohnya dalam kasus -8434B821-20FE-49CE-A259-4C1A1EC88034-.png.jpg, jika x = 1, tentukan nilai A!

Kasus tersebut tidak bisa diselesaikan langsung dengan mensubtitusikan nilai 1 ke persamaan tersebut karena hasilnya akan menjadi . Yang artinya bukan tidak terdefinisi, malainkan hanya Tuhan yang tahu.

Kita dituntut untuk selalu berpikir kritis dalam segala persoalan, seperti pada contoh kasus tadi, mungkin pernyataan pertama yang muncul di benak kita ialah kasus tersebut tidak dapat diselesaikan karena harus di-deferensialkan terlebih dahulu. Tentu saja jika kita berpikir kritis, solusi tersebut tidaklah tepat, melainkan solusi yang tepat adalah menggunakan pedekatan limit di mana x mendekati 1. Sehingga penyelesaiannya akan menjadi seperti berikut.

-AFBC3C19-FF79-47B6-B9F8-5603B92F89DA-.png.jpg

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai A = 2

Tujuan dari kuliah metode numerik ini adalah memahami konsep/prinsip dan mampu menerapkannya. Sebagai contoh, dalam hal matematika ketika diajarkan penggunaan suatu rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan berarti kita hanya sekadar mengetahui kegunaan rumus tersebut, namun kita juga harus mencari tahu asal-usul rumus tersebut didapat dari mana.

Tujuan lainnya ialah menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya. Prasyarat untuk mencapai tujuan tersebut yaitu harus berakal. Akal adalah tali yang mengikat pikiran kita agar tetap pada koridor yang manusiawi. Pada hakikatnya, manusia harus mengenal siapa dirinya, karena manusia memiliki kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia harus terus belajar dan mengoreksi kesalahannya sehingga di masa depan kelak akan lebih baik.

Dalam kuliah ini akan lebih banyak belajar mengenai

1. Algoritma, flowchart, pemrograman dasar, metode iterative. Pemrograman sangat penting karena banyak masalah yang tidak bisa diselesaikan hanya dengan perhitungan manual.

2. Penyelesaian persamaan aljabar simultan

3. Differensial dan integral

4. Optimasi

5. Studi kasus

Adapun referensi untuk bahan belajar metode numerik sumbernya bebas. Karena pada hakikatnya, ilmu itu dapat diperoleh dari mana saja, tidak harus terpaku pada satu sumber saja. Justru semakin banyak sumber yang kita ambil akan semakin banyak ilmu yang kita dapatkan.


Tugas Metode Numerik 2 (13 Februari 2019)

Metode numerik ialah suatu cara untuk menyelesaikan suatu masalah dengan komputasi.

Algoritma sangat penting dalam metode numerik. Yaitu suatu set instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.

Dalam menyelesaikan masalah teknik, sumber masalah dimodelkan dengan cara yang sederhana. Contohnya pada permasalahan yang melibatkan bangun 3 dimensi, dimodelkan dengan 2 dimensi.

Adapun langkah-langkah dalam penyelesaian masalah teknik ialah sebagai berikut.