Difference between revisions of "Rivaldo Siagian"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Hydrogen Tank Design and Optimization Project)
 
(15 intermediate revisions by the same user not shown)
Line 8: Line 8:
 
  "Kehidupan adalah seperti jalur balapan, dan aku adalah pembalap yang siap menghadapi tikungan tajam dengan senyuman di wajahku!"
 
  "Kehidupan adalah seperti jalur balapan, dan aku adalah pembalap yang siap menghadapi tikungan tajam dengan senyuman di wajahku!"
  
== Hydrogen Tank Design and Optimization Project ==
+
== LATAR BELAKANG ==
'''LATAR BELAKANG '''
 
  
 
Hidrogen telah diakui sebagai salah satu sumber daya potensial yang dapat menggantikan bahan bakar fosil dalam kendaraan. Ini karena hidrogen adalah sumber energi bersih yang dapat dihasilkan melalui proses elektrolisis air atau reaksi kimia lainnya, dengan hasil akhir hanya menghasilkan air sebagai produk sampingan. Selain itu, penggunaan hidrogen sebagai sumber energi dalam kendaraan juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara.
 
Hidrogen telah diakui sebagai salah satu sumber daya potensial yang dapat menggantikan bahan bakar fosil dalam kendaraan. Ini karena hidrogen adalah sumber energi bersih yang dapat dihasilkan melalui proses elektrolisis air atau reaksi kimia lainnya, dengan hasil akhir hanya menghasilkan air sebagai produk sampingan. Selain itu, penggunaan hidrogen sebagai sumber energi dalam kendaraan juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara.
Line 15: Line 14:
 
Namun, salah satu tantangan utama dalam menggunakan hidrogen sebagai sumber daya kendaraan adalah penyimpanannya. Hidrogen memiliki kepadatan energi yang rendah, yang berarti diperlukan ruang yang relatif besar untuk menyimpan hidrogen dalam jumlah yang cukup untuk menjalankan kendaraan dalam jarak yang signifikan. Oleh karena itu, diperlukan sistem penyimpanan yang efisien dan aman untuk mengatasi masalah ini.
 
Namun, salah satu tantangan utama dalam menggunakan hidrogen sebagai sumber daya kendaraan adalah penyimpanannya. Hidrogen memiliki kepadatan energi yang rendah, yang berarti diperlukan ruang yang relatif besar untuk menyimpan hidrogen dalam jumlah yang cukup untuk menjalankan kendaraan dalam jarak yang signifikan. Oleh karena itu, diperlukan sistem penyimpanan yang efisien dan aman untuk mengatasi masalah ini.
  
'''Hidrogen dapat menggantikan bahan bakar fosil dalam beberapa cara: '''
+
''Hidrogen dapat menggantikan bahan bakar fosil dalam beberapa cara: ''
  
 
1. Kendaraan Listrik Hidrogen (FCEV): Hidrogen dapat digunakan sebagai bahan bakar dalam kendaraan listrik hidrogen (FCEV). FCEV menggunakan sel bahan bakar untuk mengubah hidrogen menjadi energi listrik yang digunakan untuk menggerakkan motor kendaraan. Satu-satunya hasil samping dari reaksi ini adalah air, sehingga tidak ada emisi gas buang yang berbahaya. Dengan demikian, FCEV merupakan alternatif yang bersih dan berkelanjutan bagi kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil.
 
1. Kendaraan Listrik Hidrogen (FCEV): Hidrogen dapat digunakan sebagai bahan bakar dalam kendaraan listrik hidrogen (FCEV). FCEV menggunakan sel bahan bakar untuk mengubah hidrogen menjadi energi listrik yang digunakan untuk menggerakkan motor kendaraan. Satu-satunya hasil samping dari reaksi ini adalah air, sehingga tidak ada emisi gas buang yang berbahaya. Dengan demikian, FCEV merupakan alternatif yang bersih dan berkelanjutan bagi kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil.
Line 27: Line 26:
 
''Sumber: '' [https://www.youtube.com/watch?v=9OLxBvLvCoM]
 
''Sumber: '' [https://www.youtube.com/watch?v=9OLxBvLvCoM]
  
 +
== PROGRES 2 : Design Calculation ==
  
 
''' DESIGN TANGKI HIDROGEN '''
 
''' DESIGN TANGKI HIDROGEN '''
Line 46: Line 46:
 
di mana:
 
di mana:
  
V adalah volume tangki hidrogen,
+
V = volume tangki hidrogen,
  
π adalah konstanta Pi (sekitar 3.14159),
+
π = konstanta Pi (sekitar 3.14159),
  
r adalah jari-jari tangki, dan
+
r = jari-jari tangki, dan
  
h adalah tinggi tangki.
+
h = tinggi tangki.
  
 
Dalam kasus ini, kita ingin volume tangki sekitar 1 liter, atau 1000 cm^3. Dengan demikian, persamaan menjadi:
 
Dalam kasus ini, kita ingin volume tangki sekitar 1 liter, atau 1000 cm^3. Dengan demikian, persamaan menjadi:
Line 71: Line 71:
 
Dengan asumsi diameter tangki sekitar 10 cm, tinggi tangki sekitar 13 cm akan memberikan volume tangki yang mendekati 1 liter.
 
Dengan asumsi diameter tangki sekitar 10 cm, tinggi tangki sekitar 13 cm akan memberikan volume tangki yang mendekati 1 liter.
  
Dikarenakan motor merupakan kendaraan berbadan kecil, maka perlu mendesain tangki hydrogen yg kecil, ringan, mudah di bawa dan aman di operasikan agar tidak menghambat laju kecepatan kendaraan itu sendiri. Dengan budget tersebut dapat direncanakan tabung hydrogen dengan kapasitas 1 liter dengan dimensi diameter 10 cm x 13 cm dan tebal 1,2 mm
+
'''Perhitungan Kekuatan Material'''
 +
 
 +
[[File:Table_asme.JPG|500x500px]]
 +
 
  
 
Material SS-304 dengan melihat table ASME II D, maka diperoleh yield strength 30000 psi, dengan perhitungan menggunakan ASME VIII, maka diperoleh tekanan sebesar 32 bar, tabung ini cukup untuk menahan pressure sebesar 8 bar. Dengan menggunakan ASME VIII Div 1, didapatkan hitungan berikut :
 
Material SS-304 dengan melihat table ASME II D, maka diperoleh yield strength 30000 psi, dengan perhitungan menggunakan ASME VIII, maka diperoleh tekanan sebesar 32 bar, tabung ini cukup untuk menahan pressure sebesar 8 bar. Dengan menggunakan ASME VIII Div 1, didapatkan hitungan berikut :
Line 99: Line 102:
  
 
P = 32,34 bar
 
P = 32,34 bar
 +
 +
'''Stress Analysis'''
 +
 +
Von Mises Stress Analysis
 +
 +
[[File:Design_tabung_von_misses.JPG|500x500px]]
 +
 +
At a pressure of 8 bar, the tank is still within safe limits.
 +
 +
 +
''' Numerical Calculation - Thick Cylinder Stress by octave'''
 +
 +
  ri = 80:160
 +
  ro = 160
 +
  Pi = 0.8
 +
  r = 80:1:160
 +
  %inside radius tan sress
 +
  tsi = Pi*((ro.^2)+(ri.^2))/((ro.^2)-(ri.^2))
 +
  %inside radius radial stress
 +
  rsi = -Pi
 +
  %inside radius hoop stress
 +
  hsi = ((Pi)*(ri.^2))/((ro.^2)-(ri.^2))
 +
  %outer radius inside tan stress
 +
  tso = ((2*Pi*(ri.^2))/(ro.^2)-(ri.^2))
 +
  %outer radius inside radial stress
 +
  rso = 0
 +
  %outer radius inside hoop stress
 +
  hso = ((Pi*(ri.^2))/(ro.^2)-(ri.^2))
 +
  plot(r,tsi,'d')
 +
  hold on
 +
  plot(r,rsi,'d')
 +
  hold on
 +
  plot(r,hsi,'d')
 +
  xlabel('Radius - mm')
 +
  ylabel('Stress - MPa')
 +
  title('Thick Cylinder Stress')
 +
  grid on
 +
 +
  
 
'''Quality Cek'''
 
'''Quality Cek'''
Line 114: Line 156:
 
Sistem penyimpanan hidrogen tunduk pada peraturan dan standar khusus, tergantung pada yurisdiksi dan penerapannya. Pastikan kepatuhan terhadap kode, peraturan, dan standar industri yang berlaku, seperti yang ditetapkan oleh American Society of Mechanical Engineers (ASME) atau International Organization for Standardization (ISO).
 
Sistem penyimpanan hidrogen tunduk pada peraturan dan standar khusus, tergantung pada yurisdiksi dan penerapannya. Pastikan kepatuhan terhadap kode, peraturan, dan standar industri yang berlaku, seperti yang ditetapkan oleh American Society of Mechanical Engineers (ASME) atau International Organization for Standardization (ISO).
  
Berikut Coding menggunakan pyton
+
== ''' Estimasi Biaya ''' ==
 +
 
 +
 
 +
'''Biaya material :'''
 +
 
 +
Plat SS304 100 x 130 x 1.3 mm (1 each) = 55.000
 +
 
 +
Cap End diameter 80 mm                    (2 each) = 120.000
 +
 
 +
Pressure Gauge 1-15 Bar                    (1 each) = 175.000
 +
 
 +
Total biaya material                                = 350.000
 +
 
 +
 
 +
 
 +
'''Biaya Produksi :'''
 +
 
 +
Roll Plat  100 x 130 x 1.3 mm          = 35.000
 +
 
 +
Las Plat                              = 70.000
 +
 
 +
Coating                                = 30.000
 +
 
 +
Total biaya fabrikasi                  = 135.000
 +
 
 +
 
 +
Total biaya pembuatan Hydrogen Tank adalah 485.000
 +
 
 +
 
 +
'''Video Presentasi'''
 +
 
 +
Berikut link youtube video presentasi terkait optimasi design tangki hydrogen
  
[[File:Code_pyton.JPG|500x500px]]
+
[https://youtube.com/watch?v=kdhJk4-ajqM&feature=share]

Latest revision as of 02:25, 12 June 2023

INTRODUCTION

RS.jpeg

Halo! Nama saya Rivaldo Siagian - 2206100325 dari kelas Metnum 03.

"Kehidupan adalah seperti jalur balapan, dan aku adalah pembalap yang siap menghadapi tikungan tajam dengan senyuman di wajahku!"

LATAR BELAKANG

Hidrogen telah diakui sebagai salah satu sumber daya potensial yang dapat menggantikan bahan bakar fosil dalam kendaraan. Ini karena hidrogen adalah sumber energi bersih yang dapat dihasilkan melalui proses elektrolisis air atau reaksi kimia lainnya, dengan hasil akhir hanya menghasilkan air sebagai produk sampingan. Selain itu, penggunaan hidrogen sebagai sumber energi dalam kendaraan juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara.

Namun, salah satu tantangan utama dalam menggunakan hidrogen sebagai sumber daya kendaraan adalah penyimpanannya. Hidrogen memiliki kepadatan energi yang rendah, yang berarti diperlukan ruang yang relatif besar untuk menyimpan hidrogen dalam jumlah yang cukup untuk menjalankan kendaraan dalam jarak yang signifikan. Oleh karena itu, diperlukan sistem penyimpanan yang efisien dan aman untuk mengatasi masalah ini.

Hidrogen dapat menggantikan bahan bakar fosil dalam beberapa cara:

1. Kendaraan Listrik Hidrogen (FCEV): Hidrogen dapat digunakan sebagai bahan bakar dalam kendaraan listrik hidrogen (FCEV). FCEV menggunakan sel bahan bakar untuk mengubah hidrogen menjadi energi listrik yang digunakan untuk menggerakkan motor kendaraan. Satu-satunya hasil samping dari reaksi ini adalah air, sehingga tidak ada emisi gas buang yang berbahaya. Dengan demikian, FCEV merupakan alternatif yang bersih dan berkelanjutan bagi kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil.

2. Generator Pembangkit Listrik Hidrogen: Hidrogen juga dapat digunakan dalam generator pembangkit listrik untuk menghasilkan energi listrik. Generator ini dapat digunakan sebagai sumber daya alternatif di sektor transportasi, seperti kereta api atau kapal laut, menggantikan mesin diesel atau mesin pembakaran internal lainnya yang menggunakan bahan bakar fosil. Dalam generator ini, hidrogen dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik melalui proses yang bersih dan efisien.

3. Penggunaan Hidrogen dalam Proses Manufaktur: Hidrogen juga dapat digunakan sebagai bahan baku dalam proses manufaktur untuk menggantikan bahan bakar fosil. Misalnya, dalam industri kimia, hidrogen dapat digunakan sebagai sumber energi dalam reaksi kimia atau proses pembuatan gas sintetis. Penggunaan hidrogen dalam proses manufaktur ini membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi emisi karbon dioksida.


Dengan menggantikan bahan bakar fosil dengan hidrogen dalam berbagai sektor, kita dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Namun, penting untuk memperhatikan bahwa produksi dan penyediaan hidrogen haruslah bersumber dari sumber energi terbarukan atau proses yang tidak menghasilkan emisi karbon agar manfaatnya benar-benar berkelanjutan dan ramah lingkungan. Sumber: [1]

PROGRES 2 : Design Calculation

DESIGN TANGKI HIDROGEN

Specs:

  1. Hydrogen Tanks volume is approximately 1 liter.
  2. Hydrogen is compressed to 8 bar.
  3. Normal operating condition (room temperature and humidity).
  4. Maximum budget is Rp500.000

Ukuran Tangki

Pipe-volume-formula-using-radius.png

Untuk mencari diameter dan tinggi tangki hidrogen dengan volume sekitar 1 liter, kita dapat menggunakan rumus volume silinder:

V = πr^2h

di mana:

V = volume tangki hidrogen,

π = konstanta Pi (sekitar 3.14159),

r = jari-jari tangki, dan

h = tinggi tangki.

Dalam kasus ini, kita ingin volume tangki sekitar 1 liter, atau 1000 cm^3. Dengan demikian, persamaan menjadi:

1000 = πr^2h Pilih nilai yang wajar untuk diameter tangki. Misalnya, asumsikan diameter tangki sekitar 10 cm.

Gunakan rumus volume silinder untuk mencari tinggi tangki:

1000 = π(5)^2h

Selesaikan persamaan untuk h: h = 1000 / (π(5)^2)

Hitung nilai h menggunakan kalkulator: h ≈ 12,73 cm

Dengan asumsi diameter tangki sekitar 10 cm, tinggi tangki sekitar 13 cm akan memberikan volume tangki yang mendekati 1 liter.

Perhitungan Kekuatan Material

Table asme.JPG


Material SS-304 dengan melihat table ASME II D, maka diperoleh yield strength 30000 psi, dengan perhitungan menggunakan ASME VIII, maka diperoleh tekanan sebesar 32 bar, tabung ini cukup untuk menahan pressure sebesar 8 bar. Dengan menggunakan ASME VIII Div 1, didapatkan hitungan berikut :

Diketahui :

Joint efficiency (E) = 0,85

MAWS (SS-304 Seamless Pipe) = 30000 psi

OD = 3,94 inch

Outside radius (r) = 1,97 inch

Corrossion Allowance (CA) = 0,01 inch

Thickness (ta) = 0,05 inch

Thickness (t) = (ta-CA) = 0,04 inch


P = Set/(R-4t)

P = (30000x0,85x0,04)/(1,97-(0,4x0,04))

P = 459,92 Psi

P = 32,34 bar

Stress Analysis

Von Mises Stress Analysis

Design tabung von misses.JPG

At a pressure of 8 bar, the tank is still within safe limits.


Numerical Calculation - Thick Cylinder Stress by octave

  ri = 80:160
  ro = 160
  Pi = 0.8
  r = 80:1:160
  %inside radius tan sress
  tsi = Pi*((ro.^2)+(ri.^2))/((ro.^2)-(ri.^2))
  %inside radius radial stress
  rsi = -Pi
  %inside radius hoop stress
  hsi = ((Pi)*(ri.^2))/((ro.^2)-(ri.^2))
  %outer radius inside tan stress
  tso = ((2*Pi*(ri.^2))/(ro.^2)-(ri.^2))
  %outer radius inside radial stress
  rso = 0
  %outer radius inside hoop stress
  hso = ((Pi*(ri.^2))/(ro.^2)-(ri.^2))
  plot(r,tsi,'d')
  hold on
  plot(r,rsi,'d')
  hold on
  plot(r,hsi,'d')
  xlabel('Radius - mm')
  ylabel('Stress - MPa')
  title('Thick Cylinder Stress')
  grid on


Quality Cek Lakukan pemeriksaan kualitas selama proses pembuatan untuk memastikan tangki memenuhi spesifikasi desain. Melakukan berbagai metode pengujian non-destruktif, seperti sinar-X dan ultrasonografi, untuk mengidentifikasi setiap cacat atau kelemahan.

Surface Treatment Terapkan pelapis atau perawatan yang sesuai untuk meningkatkan ketahanan tangki terhadap korosi dan meningkatkan daya tahan.

Tambahkan Katup dan Fitting Tambahkan katup, perangkat pelepas tekanan, dan perlengkapan lain yang diperlukan ke dalam tangki. Pastikan penyegelan dan sambungan yang tepat untuk menjaga keamanan dan mencegah kebocoran.

Kepatuhan Terhadap Peraturan Sistem penyimpanan hidrogen tunduk pada peraturan dan standar khusus, tergantung pada yurisdiksi dan penerapannya. Pastikan kepatuhan terhadap kode, peraturan, dan standar industri yang berlaku, seperti yang ditetapkan oleh American Society of Mechanical Engineers (ASME) atau International Organization for Standardization (ISO).

Estimasi Biaya

Biaya material :

Plat SS304 100 x 130 x 1.3 mm (1 each) = 55.000

Cap End diameter 80 mm (2 each) = 120.000

Pressure Gauge 1-15 Bar (1 each) = 175.000

Total biaya material = 350.000


Biaya Produksi :

Roll Plat 100 x 130 x 1.3 mm = 35.000

Las Plat = 70.000

Coating = 30.000

Total biaya fabrikasi = 135.000


Total biaya pembuatan Hydrogen Tank adalah 485.000


Video Presentasi

Berikut link youtube video presentasi terkait optimasi design tangki hydrogen

[2]