Difference between revisions of "Ricad Ragapati Prihandini"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Asistensi I (25 Februari 2020))
Line 108: Line 108:
 
----
 
----
  
== Asistensi I (25 Februari 2020) ==
+
== Asistensi II (3 Maret 2020) ==
 
Pada hari selasa, 3 Maret 2020, telah dilakukan asistensi mingguan namun Saya berhalangan hadir karena kondisi saya sedang sakit, untuk itu Saya bertanya ke beberapa teman saya yang mengikuti asistensi. Secara garis besar dapat disimpulkan dalam gambar berikut:
 
Pada hari selasa, 3 Maret 2020, telah dilakukan asistensi mingguan namun Saya berhalangan hadir karena kondisi saya sedang sakit, untuk itu Saya bertanya ke beberapa teman saya yang mengikuti asistensi. Secara garis besar dapat disimpulkan dalam gambar berikut:
  
Line 118: Line 118:
  
 
[[File:Asis2raga4.PNG|center|600px]]
 
[[File:Asis2raga4.PNG|center|600px]]
 +
 +
----

Revision as of 23:48, 5 March 2020

alt text

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Saya Ricad Ragapati Prihandini, biasa dipanggil Raga/Ricad. Saya lahir di Bandarlampung, 6 Maret 1999. Saya adalah mahasiswa teknik perkapalan Universitas Indonesia semester 4. Saya mulai mengenali bahasa pemrograman sejak Saya SMA dulu. Bahasa pemrograman yang pertama kali Saya pelajari adalah bahasa pascal dimana bahasa pascal digunakan dalam soal-soal OSN komputer dalam bentuk pseudocode. Saya berlatih competitive programming di website yang disediakan oleh panitia Tim Olimpiade Komputer Indonesia yaitu TOKI Learning. Ketertarikan Saya di bidang programming melanjutkan Saya untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya yaitu, C++ dan Phyton. Untuk melatih dan mengembangkan ketertarikan Saya tersebut, sekarang Saya bergabung dalam tim lomba Autonomous Marine Vehicle UI (AMV UI) yaitu tim lomba yang berfokus pada pengembangan kapal tanpa awak dan remotely operated vehicle (ROV) berbasis pengolahan citra (image processing) menggunakan OpenCV. Saya berharap, dengan adanya mata kuliah metode numerik ini Saya mendapatkan banyak ilmu yang dapat saya aplikasikan dalam bidang perkapalan ini. Aamiin.



Pertemuan Pertama (7 Februari 2020)

Pada pertemuan pertama, kami diberikan pengenalan tentang mata kuliah metode numerik oleh Pak Dr. Ahmad Indra Siswantara (Pak DAI) serta kegunaannya dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bidang teknik perkapalan. Setelah itu kami mendapatkan tugas dari pak DAI untuk menyelesaikan suatu fungsi secara manual dan menggunakan program.


TUGAS MENCARI NILAI SUATU f(x)

Diberikan suatu fungsi

alt text

lalu akan dicari nilai f(x) ketika x=1

Karena apabila kita masukan nilai x=1 akan menghasilkan f(x) = 0/0 dimana dalam matematika hal tersebut disebut galat matematika/tidak terdefinisi. Maka dari itu, kita akan menggunakan metode limit dan kita perlu memfaktorkan fungsinya lalu melakukan eliminasi menjadi,

alt text

Sehingga akan menghasilkan f(x)= (x+1) dimana akan menghasilkan f(x)= 2 ketika dimasukan x=1.

Dengan menggunakan phyton 3.8 algoritmanya seperti berikut

alt text

Ketika diberikan input, akan mengeluarkan output sebagai berikut:

alt text


Pertemuan Kedua (14 Februari 2020)

Pada pertemuan kali ini, kami diberikan kesempatan oleh pak DAI untuk memilih soal dari e-book yang telah diberikan. Kriteria soal yang dipilih berdasarkan ketertarikan setiap individu terhadap soal yang ia temukan. Menurut saya, Soal yang menarik untuk dikerjakan adalah tentang interpolasi yang biasanya Saya lakukan di Microsoft Excel.

Sumber: Jaan Kiusalaas. Numerical Methods in Engineering with Python 3. Chapter 3.

Solusi Dengan menggunakan Python 3.8

Pertama, Saya mencoba untuk mempelajari materinya terlebih dahulu menggunakan buku Numerical Methods in Engineering with Python 3 nya Jaan Kiusalaas. Kemudian, yang harus saya lakukan untuk melakukan rational interpolation adalah kita harus membuat modulenya terlebih dahulu dengan algoritma yang telah disediakan di buku. Algoritmanya adalah:

Rational Module

Kemudian, Saya menggunakan algoritma yang memanggil module rational terlebih dahulu untuk melakukan interpolasi sehingga Saya dapat melakukan plotting Speed vs Amplitude hingga 2500 RPM seperti yang diinginkan soal dengan bantuan library numpy yang memiliki beberapa fungsi built-in untuk membuat array baru. Saya juga menggunakan library matplotlib untuk membuat grafik hasil plottingan data Speed vs Amplitude. Algoritmanya sebagai berikut:

Algoritma Rational Interpolation

np.arange() digunakan untuk mengembalikan nilai sesuai dengan interval yang diberikan dengan parameter ([start, ]stop, [step, ]) saya menggunakan nilai step: 0.05 agar grafik data yang dihasilkan semakin smooth. Sehingga, output yang dikeluarkan adalah:

Grafik Hasil Keluaran Interpolasi

Dari data yang didapatkan, diketahui kelajuan shaft saat beresonansi adalah sekitar 1959 RPM.



INITIAL VALUE PROBLEM

Misalkan diberikan suatu masalah:

Akibat angin yang kencang, sebuah kelapa dengan massa 2 kg jatuh dari pohon dengan tinggi 15 meter.



Pertemuan Ketiga (21 Februari 2020)

Progres Belajar Metode Numerik

Setelah 3 minggu belajar metode numerik, hal yang telah saya pelajari adalah:

Raga1.PNG
Raga2.PNG
Raga3.PNG
Raga4.PNG
Raga5.PNG

Asistensi I (25 Februari 2020)

Pada hari Selasa, 25 Februari 2020, kami mahasiswa teknik perkapalan yang mengambil kelas metode numerik melakukan asistensi di Lab Puskom dengan pengajar Michael Ahli. Kami diajarkan bagaimana metode runge-kutta berasal. Michael Ahli mengajarkan secara manual terlebih dahulu di papan tulis sehingga konsep-konsep utama metode runge-kutta untuk menyelesaikan persamaan diferensial. Kemudian, beliau mengajarkan untuk menulis algoritmanya di Python. Secara umum, metode runge-kutta dapat saya simpulkan sebagai berikut:

Asisraga1.PNG
Asisraga2.PNG
Asisraga3.PNG
Asisraga4.PNG

Asistensi II (3 Maret 2020)

Pada hari selasa, 3 Maret 2020, telah dilakukan asistensi mingguan namun Saya berhalangan hadir karena kondisi saya sedang sakit, untuk itu Saya bertanya ke beberapa teman saya yang mengikuti asistensi. Secara garis besar dapat disimpulkan dalam gambar berikut:

Asis2raga1.PNG
Asis2raga2.PNG
Asis2raga3.PNG
Asis2raga4.PNG