Report Tugas Kelompok 4 : Metode Numerik 2019

From ccitonlinewiki
Revision as of 22:54, 8 December 2019 by Bagusrana (talk | contribs) (Tugas 3)
Jump to: navigation, search

Anggota Kelompok:

  • Fikridiya Bagusrana (1706036154)
  • Rifky Ramadhan Prakoso (1706036330)
  • Mochamad Farhan Zidny (1706986391)
  • Andika Ridwan Pratama (1706986302)

Tugas 1

Berikut adalah governing equation pada mobil yang memiliki percepatan, gesekan, dan hambatan dengan udara.

Sebuah mobil memiliki 3 gaya yang bekerja padanya yaitu:

  • F = m*a
  • F gesek = m*g*cf
  • F hambat = 0.5*cd*rho*area*vt^2

Dengan membagi ketiga gaya tersebut dengan massa didapatkan percepatan total

v'(t)= (F - (F gesek + F hambat))/m

Kemudian apabila disubsitusikan ke turunan dari kecepatan terhadap waktu

v'(t)= v(t)/t

dapat dicari waktu dengan cara membagi kecepatan dengan percepatan total, dimana percepatan total adalah turunan dari kecepatan terhadap waktu

t= v(t) / ((F - (F gesek + F hambat))/m)


Programmobil1.png

Tugas 2

Tugas 3

Case Description

  • Airfoil memiliki karakteristik aerodinamis dan merupakan benda yang sering digunakan contohnya pada pesawat
  • Thrust pada pesawat berpengaruh pada effisiensi aerodinamis, maka dari itu dibutuhkan Cl/Cd yang kecil. Cl dan Cd tergantung pada angle of attack dari airfoil.
  • Airfoil yang digunakan kali ini adalah airfoil NACA 0012
  • Fluida udara yang melewat air foil steady flow dan incompressible, simulasi CFD dalam kondisi adiabatic

Kemudian Airfoil yang digunakan dilakukan variasi pada 6 angle of attack yang berbeda berupa (degrees):

  • 0
  • 2
  • 4
  • 6
  • 8
  • 10

Simulasi CFD SOF Kemudian dilakukan simulasi airfoil dan didapatkan data sebagai berikut: TabelDrag.png TabelLift.png TabelLift.png

Kemudian data tersebut direpresentasikan dalam bentuk grafik pada excel GrafikDrag.png GrafikLift.png

Didapatkan rumus drag berupa dan juga rumus lift berupa dengan R sebesar dan. Dari kedua rumus tersebut kemudian dimasukkan dalam program python dibawah ini.



Didapatkan hasil optimasi: