Difference between revisions of "Report Tugas Kelompok 10 : Metode Numerik 2019"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 53: Line 53:
 
Dilakukan regresi polynomial dengan tiga cara :
 
Dilakukan regresi polynomial dengan tiga cara :
  
''
+
'''Excel'''
Excel
+
'''
 
 
 
Polynomial regression
 
Polynomial regression
 +
'''
 +
'''Multiple linear regression'''
  
Multiple linear regression
 
''
 
  
 
'''Dengan excel'''
 
'''Dengan excel'''
 +
 +
  
 
[[File:Screenshot (2).png|800px]]
 
[[File:Screenshot (2).png|800px]]
Line 68: Line 69:
  
 
'''Dengan multiple linear regression'''
 
'''Dengan multiple linear regression'''
 +
 +
  
 
[[File:12345.PNG]]
 
[[File:12345.PNG]]
Line 77: Line 80:
  
 
'''Dengan Polynomial Regression'''
 
'''Dengan Polynomial Regression'''
 +
 +
  
 
[[File:1234.PNG]]
 
[[File:1234.PNG]]

Revision as of 11:49, 3 December 2019

Anggota kelompok:

- Bintang Farhan Muhammad (1706986334)

- Punta Singga Parasdya (1706986473)

- Muhammad Mizan (1806149192)

- Muhammad Abi Rizky (1706036311)

Tugas Pertama, Pemodelan Matematika Mobil, dan Kecepatan Maksimal dengan Metode Runge-Kutta

Pada tugas ini, kami melakukan pemodelan matematika pada mobil untuk menghitung kecepatan maksimal mobil. Pemodelan dilakukan dengan membuat FBD pada mobil, dengan hanya memperhitungkan drag force dan gaya gesek dengan jalan. Diasumsikan mechanical loss pada transmisi tidak ada, begitu juga dengan loss lainnya sehingga daya baterai mobil ditransmisikan 100% ke roda. Kami memilih mobil Tesla sebagai bahan dalam pemodelan ini, dengan spesifikasi mobil sebagai berikut:

Dengan spesifikasi tersebut, didapatkan hasil pemodelan seperti ini.

Dari hasil pemodelan tersebut kami lakukan perhitungan dengan metode numerik untuk mendapatkan grafik respon transien agar diketahui kecepatan maksimumnya. Code yang kami tulis dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Capture11111.PNG

Capture22222.PNG

Tugas Kedua, Curve Fitting Drag Force Mobil

Pada tugas ini kami mensimulasikan drag force pada mobil dengan menggunakan CFDSOF-NG. Model mobil yang digunakan dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini. Kami melakukan simulasi dengan rentang kecepatan 0-50m/s dengan interval 5m/s dan didapatkan data sebagai berikut:

Setelah didapatkan data tersebut, kami melakukan coding pada program python, dan dilakukan scatter plot. Dapat dilihat bahwa trend grafik cendrung linear sehingga kami memutuskan untuk menggunakan regresi linear. Code Python dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Capture33333.PNG

Capture44444.PNG

Capture55555.PNG

Capture66666.PNG

Capture77777.PNG

Capture88888.PNG

Tugas Ketiga, Optimasi Airfoil Menggunakan Python dengan Simulasi CFDSOF-NG

Pada tugas ini kami ditugaskan untuk mencari sudut optimal airfoil dengan menggunakan CFDSOF-NG.

hal pertama yang dilakukan adalah modelling menggunakan inventor.

Screenshot (19).png Screenshot (101).png

Selanjutnya kami mencari persamaan dengan regresi linear. Grafik naik turun mendekati persamaan polynomial pangkat enam.

Dilakukan regresi polynomial dengan tiga cara :

Excel Polynomial regression Multiple linear regression


Dengan excel


Screenshot (2).png Screenshot (103).png Screenshot (4).png

Dengan multiple linear regression


12345.PNG

Screenshot (6).png Screenshot (7).png Screenshot (80).png Screenshot (9).png

Dengan Polynomial Regression


1234.PNG

Screenshot (11).png Screenshot (12).png

Lalu didapatkan regresi linearnya sebagai berikut :

Screenshot (131).png