Difference between revisions of "Pertemuan 2 samsul maarif"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
 
Line 12: Line 12:
 
Flowchart proses pemodelan secara garis besar adalah sebagai berikut : Langkah 1  Definisi Masalah (Problem) Langkah 2  Pemikiran awal (Analisis awal) Langkah 3  Algoritma Langkah 4  Model komputasi Langkah 5  Eksekusi/Simulasi Langkah 6  Output perhitungan  OK  lanjut Langkah 7 Langkah 7  Report
 
Flowchart proses pemodelan secara garis besar adalah sebagai berikut : Langkah 1  Definisi Masalah (Problem) Langkah 2  Pemikiran awal (Analisis awal) Langkah 3  Algoritma Langkah 4  Model komputasi Langkah 5  Eksekusi/Simulasi Langkah 6  Output perhitungan  OK  lanjut Langkah 7 Langkah 7  Report
 
atau lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini :
 
atau lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini :
[[File:Flowchart.jpg]]
+
[[File:Flowchart Samsul.jpg]]

Latest revision as of 14:06, 1 March 2019

Pertemuan 2 Komputasi Teknik 11 Februari 2019

Penggunaan akal untuk memaknai sesuatu akan lebih dalam pemahaman dan manfaatnya bagi kehidupan dan orang lain dibandingkan hanya dengan metode penghafalan. Orang yang menggunkan akal adalah orang yang selalu memikirkan penciptanya dan segalah hal dari hasil penciptaan Nya.Tujuan mengajari seseorang adalah agar orang yang diberi pelajaran seharusnya menjadi lebih tahu dari yang mengajari sebuah konsep tidak berhenti pada sebuah definisi karena kita berniat untuk mendapatkan maknanya, sehingga jika mendapati rumus maka harus dicari maknanya secara mendasar (jangan dihapalkan), berusaha dengan akal kita untuk memaknainya. kondisi pertama pada orang yang akan menggunakan akalnya adalah selalu mengingat siapa penciptanya dan memikirkan tentang penciptaannya dan berkata “Yaa Allah tidaklah Engkau ciptakan semua ini dengan sia sia”. Mekanikal : sebuah disiplin ilmu yang mempelajari gerak laku/behavior sebuah material, suatu ilmu yang melingkupi ilmu sipil, elektro dsb yang berisi sebuah mechanism. Gaya dapat didefinisikan sebagai sebuah dorongan/tarikan mekanikal bisa berupa fisik maupun non fisik Pemodelan fisik contoh pada pembangunan jembatan, maka desaigner akan membuat model matematis yang dipecahkan dengan numerik terkait jembatan, kekuatan struktur, pembebanan dan sebagainya. Model adalah alat bantu atau media yang dapat digunakan untuk mencerminkan dan menyederhanakan suatu realita (dunia sebenarnya) secara terukur. Hasil pemodelan bervariasi dan dapat menghasilkan sesuatu hasil yang tidak masuk akal, diperlukan usaha-usaha untuk membuat suatu pemodelan bisa mendekati kondisi riil.

No persepi = yaitu benda mati (sepeti meja ketika diduduki tidak ada reaksi) Punya presepsi = mahluk hidup (hewan, tumbuhan, manusia) menggunakan sense akal (Rasio) = manusia yang beragama (orang yang beragama pasti menggunakan akal)

model komputasi, modelnya bukan berupa model fisik tetapi model numerik atau matematik. pemodelan = merupakan sebuah simplitikasi / penyederhanaan dari seuatu keadaan atau suatu sistem yang rumit, orang berfikir yaitu orang biasa memahami dengan menggunakan hati. menurut pak dai, semua yang hipotesisi itu perlu di buktikan kecuali kitab suci, kitab suci ini (the trully of thesis). Dengan mempelajari komputasi teknik, maka akan dituntut menggunakan akal agar terjaga dari pikiran-pikiran yang melampaui batas fitrahnya. Dalam pemodelan sekitar 60% harus melakukan rekayasa dalam komputasi, sehingga dapat dikatakan bahwa kondisi modeling tidak akan pernah menggantikan kondisi experiment. Namun penggunaan komputasi teknik dapat bermanfaat untuk mengembangkan ilmu dan mengamalkan ilmu. Dalam Komputasi Teknik akan memanfaatkan program komputasi Engineering Equation Solver (EES). Flowchart proses pemodelan secara garis besar adalah sebagai berikut : Langkah 1  Definisi Masalah (Problem) Langkah 2  Pemikiran awal (Analisis awal) Langkah 3  Algoritma Langkah 4  Model komputasi Langkah 5  Eksekusi/Simulasi Langkah 6  Output perhitungan  OK  lanjut Langkah 7 Langkah 7  Report atau lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini : Flowchart Samsul.jpg