Perancangan dan Simulasi Pengecoran Cetakan Permanen pada Pulley Aluminium Menggunakan ProCast

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search

Abstrak

Simulasi merupakan salah satu cara untuk memecahkan banyak persoalan yang dihadapi dalam dunia nyata. Pendekatan ini dipakai untuk menyelesaikan permasalahan yang tidak pasti dan kemungkinan jangka panjang yang tidak dapat diperhitungkan dengan seksama. Simulasi yang dilakukan diharapkan dapat memberikan gambaran dan mampu membuktikan apakah desain yang digunakan pada penelitian sebelumnya telah optimal dan mampu menghasilkan produk berkualitas. Tujuan dari penelitian awal adalah untuk mengetahui temperatur terbaik dalam memanaskan cetakan coran guna mendapatkan kualitas produk coran yang baik. Oleh karena itu dibutuhkan tahap desain dan simulasi produk sebelum dilakukan penelitian. Software khusus dalam simulasi bidang pengecoran dibutuhkan dalam penelitian ini dimana akan menggunakan software ProCast. Simulasi pengecoran mampu memberikan gambaran mengenai proses pengecoran yang merupakan gabungan dari proses pembekuan, perpindahan panas dan aliran fluida. Coran yang berkualitas dan bebas cacat (soundness casting) dapat dicapai dengan pengaturan ketiga parameter tersebut. Melalui penerapan simulasi pengecoran dapat dihasilkan desain pengecoran yang efektif dan dapat mengidentifikasi lokasi cacat pada geometri coran, selain itu juga dapat mencapai efisiensi dari segi biaya dan waktu.

Keywords : Pengecoran, Aluminium, ProCast, Cacat coran, Desain

Video Presentasi

Video presentasi mengenai draft paper tugas akhir berisi mengenai penjelasan tentang latar belakang, tujuan, metode, pemodelan dan verifikasi.

Latar Belakang

Tujuan Penelitian

Metode Penelitian

Pemodelan

Verifikasi




Ahmadzikri.engineer

25 months ago
Score 0++

Pada abstrak yang anda jelaskan di atas, saya belum mengetahui software yang anda gunakan dalam simulasi ini?

Dan bagaimana pemodelan komputasi yang anda lakukan dalam project ini?

Adinda

25 months ago
Score 0++

terima kasih atas masukan dan pertanyaannya. disini saya akan menjawab mengenai software yang digunakan, yaitu ProCast yang merupakan software khusus untuk simulasi pengecoran.

pemodelan komputasi yang akan dilakukan adalah dengan penggunaan rumus total solidification time. dalam software casting simulation, terdapat tools yang dapat digunakan untuk mengetahui aliran fluida dan total waktu pembekuan yang terjadi pada saat proses pengecoran. untuk itu dibutuhkan software khusus untuk simulasi pengecoran.
Add your comment
ccitonlinewiki welcomes all comments. If you do not want to be anonymous, register or log in. It is free.