Pengaruh Pengelasan Terhadap Kekuatan Uji Tarik dan Uji Impak pada Aluminium 5083 dengan Metode Elemen Hingga - Isyroqi Al Ghifari

From ccitonlinewiki
Revision as of 02:59, 13 April 2020 by Isyroqialghifari (talk | contribs)
(diff) ← Older revision | Latest revision (diff) | Newer revision → (diff)
Jump to: navigation, search

Pengaruh Pengelasan Terhadap Kekuatan Uji Tarik dan Uji Impak pada Aluminium 5083 dengan Metode Elemen Hingga

Abstrak : Aluminium 5083 pada kapal umumnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan kapal aluminium khususnya pada bagian lambung. Pengelasan MIG(Metal Inert Gas) merupakan salah satu jenis pengelasan yang dapat diterapkan dalam pengelasan aluminium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari uji impak dan uji tarik dari sambungan las pada Aluminium seri 5083 yang pada umumnya digunakan pada lambung kapal. Pada penelitian sebelumnya dilakukan eksperimen pengujian tarik dan impak dari hasil pengelasan aluminium 5083. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kekuatan tegangan tarik rata-rata terbesar didapat pada pengelasan dengan posisi 1G sebesar 194,54 MPa. Serta hasil harga impak rata-rata terbesar didapat pada pengelasan dengan posisi 3G sebesar 0,35 J/mm2. Penelitian selanjutnya untuk mengetahui persebaran beban dan persebaran gaya pada spesimen yang nantinya dibentuk dan di simulasikan dengan software.



Add your comment
ccitonlinewiki welcomes all comments. If you do not want to be anonymous, register or log in. It is free.