Difference between revisions of "Muthia Aurora Balqis Baezal"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(PENGENALAN)
Line 40: Line 40:
  
 
'''Muthia Aurora 1706042226'''
 
'''Muthia Aurora 1706042226'''
 +
 +
 +
 +
 +
== PERTEMUAN 2 ==
 +
 +
 +
print ('Persamaan linear dua variabel \n ax + by = c\n px + qy = r ')
 +
 +
a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))
 +
 +
 +
if a == p :
 +
 +
i = b - q
 +
j = c - r
 +
y = j/i
 +
x = (c -(b*y))/a
 +
print("nilai y=",y,"nilai x =",x)
 +
elif a == 0:
 +
 +
y = c / b
 +
x = (r - (q * y)) / p
 +
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
elif b == 0:
 +
 +
x = c / a
 +
y = (r - (p * x)) / q
 +
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
elif p == 0:
 +
 +
y = r / q
 +
x = (c - (a * y)) / b
 +
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
elif q == 0:
 +
 +
x = r / p
 +
y = (c - (a * x)) / b
 +
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
elif a != p :
 +
 +
a2= a*p
 +
b2=b*p
 +
c2=c*p
 +
p2=p*a
 +
q2=q*a
 +
r2=r*a
 +
i2 = b2 - q2
 +
j2 = c2 - r2
 +
y = j2 / i2
 +
x = (c - (b * y))/a
 +
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
input()

Revision as of 12:52, 20 February 2019

PENGENALAN

Pada pertemuan pertama mata kuliah Metode Numerik, kami diberikan sebuah pengenalan mengenai apa yang akan dipelajari pada mata kuliah ini oleh 2 orang dosen yaitu Dr. Ahmad Indra atau Aki DAI dan juga Dr. Gunawan.


Tujuan Perkuliahan Metode Numerik

1. Memahami konsep/prinsip dan mampu menerapkannya

2. Menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya


Untuk mencapai tujuan ini terdapat prasyarat yang harus dimiliki mahasiswa yaitu berakal


Apa itu Akal?

Akal adalah daya pikir yang diberikan oleh Tuhan YME agar kita sebagai manusia dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Akal juga menentukan bagaimana cara kita berpikir maupun bertindak.


Selanjutnya pembelajaran akan digunakan secara bertahap agar mahasiswa dapat mengerti sepenuhnya pada apa yang dipelajari pada mata kuliah ini


Tahapan Pembelajaran

1. Algoritma, flowchart, pemrogaman, metode iterative

2. Penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan

3. Differensial dan integral

4. Optimasi

5. Studi Kasus


Selama pembelajaran, dosen memberikan referensi bebas untuk menunjang pembelajaran. Salah satu yang disarankan adalah 'Advance Eng. Math, Edwin Kryzig'


Muthia Aurora 1706042226



PERTEMUAN 2

print ('Persamaan linear dua variabel \n ax + by = c\n px + qy = r ')

a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))


if a == p :

i = b - q
j = c - r
y = j/i
x = (c -(b*y))/a
print("nilai y=",y,"nilai x =",x)

elif a == 0:

y = c / b
x = (r - (q * y)) / p
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif b == 0:

x = c / a
y = (r - (p * x)) / q
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif p == 0:

y = r / q
x = (c - (a * y)) / b
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif q == 0:

x = r / p
y = (c - (a * x)) / b
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif a != p :

a2= a*p
b2=b*p
c2=c*p
p2=p*a
q2=q*a
r2=r*a
i2 = b2 - q2
j2 = c2 - r2
y = j2 / i2
x = (c - (b * y))/a
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

input()