Difference between revisions of "Muhammad Syariifi Muflih"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 169: Line 169:
 
  print(hasil)  # memperlihatkan hasil
 
  print(hasil)  # memperlihatkan hasil
  
Hasil dari soal menggunakan run kode di atas: 2, -2, 1, 1, -1
+
Hasil dari soal menggunakan run kode di atas: '''[2, -2, 1, 1, -1]'''
  
 
===Problem 7.1 No. 2 Hlm. 263===
 
===Problem 7.1 No. 2 Hlm. 263===
Line 178: Line 178:
 
  x = 0.03
 
  x = 0.03
 
   
 
   
  def dydx(x, y):  #dydx menyatakan persamaan awal di soal
+
  def dydx(x, y):  # dydx menyatakan persamaan awal di soal
 
   return (x**2 - 4*y)  # dari soal, y' = x^2 - 4y
 
   return (x**2 - 4*y)  # dari soal, y' = x^2 - 4y
 
   
 
   
Line 193: Line 193:
 
   return y  
 
   return y  
 
   
 
   
  print("Nilai y(", x, ") adalah", rangekutta(x0, y, x, h)) # memperlihatkan nilai y pada x = 0.03
+
  print("Nilai y(", x, ") :", rangekutta(x0, y, x, h)) # memperlihatkan nilai y pada x = 0.03
  
Hasil dari soal menggunakan run kode di atas: Nilai y(0.03) adalah 0.8869291754400297
+
Hasil dari soal menggunakan run kode di atas: '''Nilai y(0.03) : 0.8869291754400297'''

Revision as of 23:18, 16 October 2019

Riifi di tahun 2019

Muhammad Syariifi Muflih (lahir di Jakarta, 26 Agustus 2000) adalah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia jurusan Teknik Mesin angkatan 2018. Setelah mengikuti kuliah selama dua semester, Ia mengambil mata kuliah Metode Numerik di semester 3 dan mengisi halaman yang Anda lihat sekarang ini.

Kelas Metode Numerik

Mengapa Harus Belajar Kalkulus?

Menurut Riifi, seorang mahasiswa Teknik Mesin harus mempelajari kalkulus karena merupakan dasar menghitung untuk berbagai macam masalah di dalam mata kuliah Fisika Dasar, Statika Struktur, Mekanika Kekuatan Material, Kinematika & Dinamika, dan lainnya yang memperlukan kalkulasi.

Apa itu Python?

Python adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat program dengan tujuan menyelesaikan suatu masalah.

Contoh bahasa pemrograman Python untuk memprogram robot menggambar hexagon


Belajar Python

Pertama-tama sebelum memulai mempelajari python, unduh terlebih dahulu di http://www.python.org/downloads. Setelah python diinstall, gunakan program text editor untuk menulis code-code python seperti Notepad, namun ada text editor yang digunakan khusus untuk menulis code-code python yang dinamakan IDE (Integrated Development Environment). Salah satu IDE tersebut adalah PyCharm, yang bisa diunduh di https://www.jetbrains.com/pycharm. Di dalam PyCharm, create new project untuk membuat project baru, kemudian klik kanan di folder project tersebut -> New -> Python file.

Istilah-istilah dasar dalam Python

String = Text di antara kedua tanda kutip ("). Contoh string: "Belajar Python"

Number = Angka di antara kedua tanda kutip ("). Contoh number: "50" , "3.14"

Variable = Container yang bisa menyimpan nilai data tertentu. Suatu nilai data dapat disimpan di dalam variable. Untuk membuat variabel: *masukkan nama variable* = *data yang ingin diinput*. Nama variabel tidak boleh ada spasi namun dapat diganti dengan underscore (_). Contoh variable: character_name = Muhammad Syariifi Muflih

Membuat kalkulator sederhana dengan Python

Terdapat 2 jenis angka:

Int (integer) = bilangan bulat (tidak termasuk pecahan/desimal)

Float = bilangan yang termasuk pecahan/desimal

Untuk membuat kalkulator ini, saya menggunakan 3 variable, 1 untuk angka pertama, 1 untuk angka kedua, dan 1 untuk operator (+ - x /)

num1 = float(input("enter first number: "))
op = input("enter operator: ")
num2 = float(input("enter second number: "))
if op == "+":
   print(num1 + num2)
elif op == "-":
   print(num1 - num2)
elif op == "*":
   print(num1 * num2)
elif op == "/":
   print(num1 / num2)
else:
   print("Invalid operator")

Setelah code-code di atas tertulis, klik Run dan kalkulator siap digunakan untuk operasi + - x /

Basic calc python.png


Menghitung (x^2-1)/(x-1) dengan Python

Karena soal tersebut jika dihitung akan menghasilkan x + 1 , maka berikut adalah code yang saya gunakan untuk menghitung soal di atas dengan Python:

print("(x^2-1)/(x-1)")
num1 = float(input("enter x: "))
print(num1 + 1)

(x^2-1)bagi(x-1).png


Python Tuples

tuple = ("Muhammad","Syariifi","Muflih","Riifi",(26,8,2000))
name1,name2,name3,surname,born = tuple
print("Nama saya",name1,name2,name3,", biasa dipanggil",surname,". Saya muncul di bumi pada tanggal",born[0],"bulan",born[1],"tahun",born[2],".")

Run kode di atas menghasilkan:

Nama saya Muhammad Syariifi Muflih , biasa dipanggil Riifi . Saya muncul di bumi pada tanggal 26 bulan 8 tahun 2000 .


Python Lists

matakuliah = ["Termodinamika", "Visualisasi Permodelan Mesin", "Metode Numerik"]
print("Mata kuliah hari Rabu:")
for x in matakuliah:
 print(x)

Run kode di atas menghasilkan:

Mata kuliah hari Rabu:
Termodinamika
Visualisasi Permodelan Mesin
Metode Numerik


Menentukan Suku Ke-n Deret Fibonacci dengan Python

Algoritma

1. Mulai

2. Tentukan definisi n

3. Tentukan nilai a=0 , b=1

4. Jika n<0, print "Incorrect input"

5. Dan jika n=0, kembali ke a

6. Dan jika n=1, kembali ke b

7. Selain itu, untuk i di range 2 dan seterusnya: c = a + b, a = b, b = c, return b

8. Input nilai n

9. Selesai


Flowchart

Flowchart fibonacci muhammad.syariifi.jpg


Kode di Python

def fibonacci(n):
   a = 0
   b = 1
   if n < 0:
       print("Incorrect input")
   elif n == 0:
       return a
   elif n == 1:
       return b
   else:
       for i in range(2,n):
           c = a + b
           a = b
           b = c
       return b
sukuken = int(input('enter n: '))
print(fibonacci(sukuken))

Fibonacci muhammad.syariifi.png

Run dari kode di atas. Ketika dimasukkan nilai n = 15, program menampilkan suku ke-15 dari deret fibonacci yaitu 377.


QUIZ 16 Oktober 2019

Problem 2.1 No. 6 Hlm. 55

from numpy import linalg
import numpy as np
A = np.array([[0, 0, 2, 1, 2],  # input matriks A
             [0, 1, 0, 2, -1],
             [1, 2, 0, -2, 0],
             [0, 0, 0, -1, 1],
             [0, 1, -1, 1, -1]])
B = np.array([[1],    # input matriks B
             [1],
             [-4],
             [-2],
             [-1]])
hasil = np.linalg.solve(A, B)  # operasi aljabar
print(hasil)  # memperlihatkan hasil

Hasil dari soal menggunakan run kode di atas: [2, -2, 1, 1, -1]

Problem 7.1 No. 2 Hlm. 263

x0 = 0  # x0 dan y sebagai titik asal, x yaitu 0.03 (diminta soal), dan h sebagai tingkat peningkatan
y = 1  # pada x = 0 , y = 1
h = 0.01  # di sini digunakan h = 0.01
x = 0.03

def dydx(x, y):  # dydx menyatakan persamaan awal di soal
  return (x**2 - 4*y)  # dari soal, y' = x^2 - 4y

def rangekutta(x0, y0, x, h):  # perhitungan range-kutta
  n = (int)((x - x0)/h)  
  y = y0 
  for i in range(1, n + 1): 
     k1 = h * dydx(x0, y)
     k2 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k1)
     k3 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k2)
     k4 = h * dydx(x0 + h, y + k3)
     y = y + (1.0 / 6.0)*(k1 + 2 * k2 + 2 * k3 + k4)  # untuk y selanjutnya
     x0 = x0 + h  # untuk x selanjutnya
  return y 

print("Nilai y(", x, ") :", rangekutta(x0, y, x, h)) # memperlihatkan nilai y pada x = 0.03

Hasil dari soal menggunakan run kode di atas: Nilai y(0.03) : 0.8869291754400297