Muhammad Rais Habibie

From ccitonlinewiki
Revision as of 22:37, 19 February 2019 by Mraishabibie (talk | contribs) (FLOWCHART)
Jump to: navigation, search

Tujuan perkuliahan metode numerik : 1.Memahami konsep atau prinsip dan mampu menerapkannya 2.Menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya(berakal)


Metode numerik berisi tentang :


-Flowchart


-Algoritma


-Pemprograman


-Metode literative

Dapat digunakan untuk menyelesaikan persamaan-persamaan aljabar seperti diferensial ataupun integral. Dapat dikembangkan menjadi optimasi dan menyelesaikan studi kasus.

Matematika, Matematika bisa membantu tapi juga bisa menyesatkan. Berakal, Akal adalah tali yang mengikat kita terhadap konsep hidup sebagai manusia. Karena tidak semua hal dapat kita ketahui sebagai manusia, ada hal-hal yang tidak dapat kita definisikan dan itu hanya tuhan yang tau, jadi berakal adalah syarat untuk menjaga diri kita tetap pada koridor manusia sebaga mana mestinya, sesuai apa yang sebagaimana tuhan ciptakan.

RESUME


Hubungan mata kuliah metode numerik bisa dihubungkan dengan tiga hal:


1. Metnum dan Strutkur pada kapal


2. Metnum dan Propulsi


3. Metnum dan Agama (menghitung zakat)



Terdapat tiga dimensi, yaitu satu dimensi,dua dimensi dan tiga dimensi. Contoh perhitungan pada satu dimensi ialah Bernouli. Langkah langkah dalam menyelesaikan masalah di teknik ialah,masalah di teknik,model matematis,metode numerik,algoritma(flow chart),program komputer,hasil numerik,visual,interpretasi/analisa,solusi engineering (teknik).

Contoh menyelesaikan masalah diteknik adalah kekuatan rangka badan kapal terhadap keadaan laut tertentu Tahap penyelesaiian masalah adalah Metode teoritis,metode percobaan dan yang terakhir adalah metode komputasi. Metode komputasi adalah pendekatan dengan ilmu matematika dan dasar dasar fisika.

Algoritma adalah Langkah langkah penyelesaian masalah terdapat satu set instruksi untuk dikerjakan komputer. Terdapat juga program komputer. Salah satu contoh program komputer sendiri adalah python yang dapat mengcoding sebuah program dan dapat mensumulasikannya.

Setelah itu terdapat hasil numerik yaitu hasil dari pemograman berupa angka angka. Selanjutnya interpretasi dapat berupa hasil visualisasi seperti perbedaan warna yang dianalisa oleh engineer.



PROGRAM

print ('Persamaan linear dua variabel \n ax + by = c\n px + qy = r ')

a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))


if a == p :

   i = b - q
   j = c - r
   y = j/i
   x = (c -(b*y))/a
   print("nilai y=",y,"nilai x =",x)


elif a == 0:

   y = c / b
   x = (r - (q * y)) / p
   print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif b == 0:

   x = c / a
   y = (r - (p * x)) / q
   print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif p == 0:

   y = r / q
   x = (c - (a * y)) / b
   print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif q == 0:

   x = r / p
   y = (c - (a * x)) / b
   print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif a != p :

   a2= a*p
   b2=b*p
   c2=c*p
   p2=p*a
   q2=q*a
   r2=r*a
   i2 = b2 - q2
   j2 = c2 - r2
   y = j2 / i2
   x = (c - (b * y))/a
   print("nilai y=", y, "nilai x =", x)


input()


FLOWCHART

File:Flowchart1.jpg File:Flowchart2.jpg