Difference between revisions of "Muhammad Athallah Aidane"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 37: Line 37:
 
==Pertemuan Kedua==
 
==Pertemuan Kedua==
 
Pada pertemuan kedua pada tanggal 13 Februari 2019, mempelajari bagaimana masalah teknik dibuat model matematisnya yang langkahnya melalui teoritis lalu percobaan. Model matematis memiliki perhitungan dengan banyak hasil sehingga membutuhkan metode numerik untuk menyelesaikannya. Metode numerik terdiri dari langkah-langkah yang disebut algoritma, yang hanya bisa diproses melalui program komputer. Komputer memiliki bahasa yang berbeda, dimana hanya mengerti penambahan dan pengurangan. Butuh program untuk mentranslasinya, salah satunya adalah "Python". Setelah program berhasil disusun, dibuatlah simulasi untuk menjelaskan program yang menghasilkan hasil numerik. Dimana satu input, satu simulasi, dan satu hasil. Nantinya hasil perhitungan berupa numerik, lalu akan dibuat interpretasi visualnya. Hasil interpretasi lalu di analisa hingga berulang atau disebut "trial" dan "error" hingga menghasilkan hasil yang paling sempurna yang dapat menyelesaikan masalah teknik yang diinginkan.
 
Pada pertemuan kedua pada tanggal 13 Februari 2019, mempelajari bagaimana masalah teknik dibuat model matematisnya yang langkahnya melalui teoritis lalu percobaan. Model matematis memiliki perhitungan dengan banyak hasil sehingga membutuhkan metode numerik untuk menyelesaikannya. Metode numerik terdiri dari langkah-langkah yang disebut algoritma, yang hanya bisa diproses melalui program komputer. Komputer memiliki bahasa yang berbeda, dimana hanya mengerti penambahan dan pengurangan. Butuh program untuk mentranslasinya, salah satunya adalah "Python". Setelah program berhasil disusun, dibuatlah simulasi untuk menjelaskan program yang menghasilkan hasil numerik. Dimana satu input, satu simulasi, dan satu hasil. Nantinya hasil perhitungan berupa numerik, lalu akan dibuat interpretasi visualnya. Hasil interpretasi lalu di analisa hingga berulang atau disebut "trial" dan "error" hingga menghasilkan hasil yang paling sempurna yang dapat menyelesaikan masalah teknik yang diinginkan.
 +
 +
 +
print ('Tugas Metnum \n  ax + by = c\n  px + qy = r ')
 +
 +
a = float(input(" masukan nilai a ="))
 +
b = float(input(" masukan nilai b ="))
 +
c = float(input(" masukan nilai c ="))
 +
p = float(input(" masukan nilai p ="))
 +
q = float(input(" masukan nilai q ="))
 +
r = float(input(" masukan nilai r ="))
 +
 +
 +
 +
if a == p :
 +
    m = b - q
 +
    n = c - r
 +
    y = n/m
 +
    x = (c -(b*y))/a
 +
    print("nilai y=",y,"nilai x =",x)
 +
 +
 +
elif a == 0:
 +
    y = c / b
 +
    x = (r - (q * y)) / p
 +
    print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
elif b == 0:
 +
    x = c / a
 +
    y = (r - (p * x)) / q
 +
    print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
elif p == 0:
 +
    y = r / q
 +
    x = (c - (a * y)) / b
 +
    print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
elif q == 0:
 +
    x = r / p
 +
    y = (c - (a * x)) / b
 +
    print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
elif a != p :
 +
    a2= a*p
 +
    b2= b*p
 +
    c2= c*p
 +
    p2= p*a
 +
    q2= q*a
 +
    r2= r*a
 +
    i2 = b2 - q2
 +
    j2 = c2 - r2
 +
    y = j2 / i2
 +
    x = (c - (b * y))/a
 +
    print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
 +
 +
 +
input()
 +
  
  
 
==Pertemuan Ketiga==
 
==Pertemuan Ketiga==
 
Pada pertemuan ketiga tanggal 20 Februari 2019, mempelajari tentang program bahasa pemrograman Python. Contoh aplikasinya adalah dengan pengerjaan persamaan dua variabel. Pada mata kuliah aljabar linear, persamaan dua atau tiga variabel bisa dikerjakan dengan matriks. Kita sekarang mempelajari bagaimana python menyelesaikan persamaan dua/tiga variabel. Sebelum itu, kita harus mengerti cara menggunakan python itu sendiri. Jika kita membicarakan numerikal, kita membicarakan pola. Oleh karenanya kita harus mementukan pola yang ingin digunakan untuk mengerjakan masalah numerikal.
 
Pada pertemuan ketiga tanggal 20 Februari 2019, mempelajari tentang program bahasa pemrograman Python. Contoh aplikasinya adalah dengan pengerjaan persamaan dua variabel. Pada mata kuliah aljabar linear, persamaan dua atau tiga variabel bisa dikerjakan dengan matriks. Kita sekarang mempelajari bagaimana python menyelesaikan persamaan dua/tiga variabel. Sebelum itu, kita harus mengerti cara menggunakan python itu sendiri. Jika kita membicarakan numerikal, kita membicarakan pola. Oleh karenanya kita harus mementukan pola yang ingin digunakan untuk mengerjakan masalah numerikal.

Revision as of 02:32, 21 February 2019


Pertemuan Pertama

Pada mata kuliah Metode Numerik, dosennya adalah Dr. Ahmad Indra Siswantara yang ingin dipanggil dengan "Aki DAI" serta Dr. Gunawan. Pada pertemuan pertama ini, Aki DAI menjelaskan beberapa hal. Diantaranya adalah tujuan perkuliahan Metode Numerik, yang menurut beliau adalah:

1. Memahamai konsep/prinsip dan mampu menerapkannya

2. Menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya.


Pada mata kuliah ini, beliau juga dibantu oleh 3 orang asistennya untuk membantu selama dikelas. Selain itu, beliau mengatakan bahwa prasyarat dari mata kuliah Metode Numerik ini hanya lah BERAKAL, yang memiliki kata dasar akal. Akal sendiri dapat diartikan sebagai tali yang mengikat pikiran kita (=manusia) agar tetap berada pada koridor yang manusiawi. Contoh kecil yang bisa dilihat adalah ketika seorang manusia ingin menjadi kaya, itu adalah nafsu, dan akal-lah yang menuntun manusia tersebut agar mampu mensyukuri apa yang dimilikinya.

Selain itu beliau juga menuliskan outline dari mata kuliah Metode Numerik, yang terdiri dari:

- Algoritma

- FLowchart

- Pemrograman -> EES;C#

- Metode iterative

- Penyelesian pers dan aljabar simultan

- Differensial dan Integral

- Optimasi

dan, - Studi kasus


Adapun untuk referensi dari mata kuliah ini, Aki DAI membebaskan kita untuk menggunakan sumber mana saja agar dapat membantu kita mengerti, namun ada satu buku yang ia rekomendasikan, Advanced Engineering Mathematics, oleh Edwin Kryzig.


Pertemuan Kedua

Pada pertemuan kedua pada tanggal 13 Februari 2019, mempelajari bagaimana masalah teknik dibuat model matematisnya yang langkahnya melalui teoritis lalu percobaan. Model matematis memiliki perhitungan dengan banyak hasil sehingga membutuhkan metode numerik untuk menyelesaikannya. Metode numerik terdiri dari langkah-langkah yang disebut algoritma, yang hanya bisa diproses melalui program komputer. Komputer memiliki bahasa yang berbeda, dimana hanya mengerti penambahan dan pengurangan. Butuh program untuk mentranslasinya, salah satunya adalah "Python". Setelah program berhasil disusun, dibuatlah simulasi untuk menjelaskan program yang menghasilkan hasil numerik. Dimana satu input, satu simulasi, dan satu hasil. Nantinya hasil perhitungan berupa numerik, lalu akan dibuat interpretasi visualnya. Hasil interpretasi lalu di analisa hingga berulang atau disebut "trial" dan "error" hingga menghasilkan hasil yang paling sempurna yang dapat menyelesaikan masalah teknik yang diinginkan.


print ('Tugas Metnum \n ax + by = c\n px + qy = r ')

a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))


if a == p :

   m = b - q
   n = c - r
   y = n/m
   x = (c -(b*y))/a
   print("nilai y=",y,"nilai x =",x)


elif a == 0:

   y = c / b
   x = (r - (q * y)) / p
   print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif b == 0:

   x = c / a
   y = (r - (p * x)) / q
   print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif p == 0:

   y = r / q
   x = (c - (a * y)) / b
   print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif q == 0:

   x = r / p
   y = (c - (a * x)) / b
   print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif a != p :

   a2= a*p
   b2= b*p
   c2= c*p
   p2= p*a
   q2= q*a
   r2= r*a
   i2 = b2 - q2
   j2 = c2 - r2
   y = j2 / i2
   x = (c - (b * y))/a
   print("nilai y=", y, "nilai x =", x)


input()


Pertemuan Ketiga

Pada pertemuan ketiga tanggal 20 Februari 2019, mempelajari tentang program bahasa pemrograman Python. Contoh aplikasinya adalah dengan pengerjaan persamaan dua variabel. Pada mata kuliah aljabar linear, persamaan dua atau tiga variabel bisa dikerjakan dengan matriks. Kita sekarang mempelajari bagaimana python menyelesaikan persamaan dua/tiga variabel. Sebelum itu, kita harus mengerti cara menggunakan python itu sendiri. Jika kita membicarakan numerikal, kita membicarakan pola. Oleh karenanya kita harus mementukan pola yang ingin digunakan untuk mengerjakan masalah numerikal.