Difference between revisions of "Muhamad Zuhdi Ali"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 43: Line 43:
  
 
Berikut contoh pembuatan program
 
Berikut contoh pembuatan program
 +
 +
Program
 +
 +
 +
print ('Persamaan linear dua variabel \n ax + by = c\n px + qy = r ')
 +
 +
a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))
 +
 +
 +
if a == p :
 +
 +
  i = b - q
 +
  j = c - r
 +
  y = j/i
 +
  x = (c -(b*y))/a
 +
  print("nilai y=",y,"nilai x =",x)
 +
 +
elif a == 0:
 +
 +
  y = c / b
 +
  x = (r - (q * y)) / p
 +
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
 +
elif b == 0:
 +
 +
  x = c / a
 +
  y = (r - (p * x)) / q
 +
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
 +
elif p == 0:
 +
 +
  y = r / q
 +
  x = (c - (a * y)) / b
 +
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
 +
elif q == 0:
 +
 +
  x = r / p
 +
  y = (c - (a * x)) / b
 +
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
 +
elif a != p :
 +
 +
  a2= a*p
 +
  b2=b*p
 +
  c2=c*p
 +
  p2=p*a
 +
  q2=q*a
 +
  r2=r*a
 +
  i2 = b2 - q2
 +
  j2 = c2 - r2
 +
  y = j2 / i2
 +
  x = (c - (b * y))/a
 +
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
 +
input()

Revision as of 21:43, 19 February 2019

Metode Numerik - Pertemuan pertama 6 Februari 2018

Pada pertemuan pertama metode numerik kita diajarkan terlebih dahulu untuk mengetahui definisi tersendiri apa itu metode numerik. Metode numerik sendiri adalah mata kuliah yang ada keterkaitannya dengan mata kuliah-mata kuliah sebelumnya. Contoh mata kuliah tersebut adalah aljabar linier serta kalkulus.

Perbedaan metode numerik dengan mata kuliah lainnya adalah mahasiswa harus bisa memprogram suatu perhitungan agar dapat dihitung menggunakan komputer. Tetapi didalam komputer hanya bisa menggunakan penjumlahan,pengurangan,perkalian dan pembagian. Maka dari itu mahasiswa harus dapat mengubah perhitungan yang rumit ke dalam bentuk yang lebih sederhana. Selanjutnya baru bisa di input ke dalam komputer. Itu adalah perbedaan metode numerik dibandingkan dengan mata kuliah lainnya.

Secara garis besar tujuan mata kuliah metode numerik adalah memahami konsep lalu menerapkan,serta dapat juga menjadi orang yang mengenal lebih siapa dirinya. Terdapat 5 poin yaitu : 1. Mempelajari tentang Algoritma, Flowchart, Pemrograman, dan Metode Iterative 2. Penyelesaian persamaan-persamaan dan Aljabar Simultan 3. Differensial dan Integral 4. Optimasi 5. Studi Kasus

Selain itu pada pertemuan pertama juga membahas mengenai akal yang berkaitan dengan metode numerik.Akal yang dimaksud pengertian sebagai tali pengikat dari ilmu ilmu yang didapat untuk digunakan. Akal adalah tali yang mengikat pikiran agar tetap pada koridor yang manusiawi.

Pertemuan pertama membahas satu contoh soal,yaitu A=x^2-1/x-1 jika x=1,Jawaban yang didapatkan adalah dua. Mengapa? Jika x=1 dimasukkan ke persamaan tersebut hasilnya menjadi 0/0 sehingga disebut tidak terdefinsi. Dan mengapa disebut infinite? Jawabannya berasal dari kata finite tersendiri yang artinya terbatas.

Selain itu juga dibahas mengenai tegangan atau stress tensor, di mana pembagian atau perataan beban pada suatu benda, atau contoh sebuah balok dari A ke B.

Referensi mata kuliah Metode Numerik salah satunya dari Advance Engineering Mathematics, oleh Edwin Kryzig. Dan bisa diambil juga oleh buku atau sumber lainnya.

Metode Numerik - Pertemuan Kedua 13 Februari 2019

Hubungan mata kuliah metode numerik bisa dihubungkan dengan tiga hal. 1. Metnum dan Strutkur 2. Metnum dan Propulsi 3. Metnum dan Agama (menghitung zakat)

Dalam pertemuan kali ini juga membahas mengenai Dimensi. Terdapat tiga dimensi. Satu dimensi,dua dimensi dan tiga dimensi. Contoh perhitungan pada satu dimensi ialah Bernouli. Langkah langkah dalam menyelesaikan masalah di teknik ialah,masalah di teknik,model matematis,metode numerik,algoritma(flow chart),program komputer,hasil numerik,visual,interpretasi/analisa,solusi engineering (teknik).

Contoh menyelesaikan masalah diteknik adalah kekuatan rangka badan kapal terhadap keadaan laut tertentu Tahap penyelesaiian masalah adalah Metode teoritis,metode percobaan dan yang terakhir adalah metode komputasi. Metode komputasi adalah pendekatan dengan ilmu matematika dan dasar dasar fisika.

Selanjutnya adalah algoritma. Langkah langkah penyelesaian masalah terdapat satu set instruksi untuk dikerjakan komputer. Terdapat juga program komputer. Salah satu contoh program komputer sendiri adalah python. Setelah program dibuat dilakukan juga simulasi untuk menjalankan pemograman.

Setelah itu terdapat hasil numerik yaitu hasil dari pemograman berupa angka angka. Selanjutnya interpretasi dapat berupa hasil visual seperti perbedaan warna yang dianalisa oleh engineer.

Yang terakhir juga membahas mengenai pressure drop. Contohnya energy loss dalam pipa. Contohnya adalah minyak membutuhkan energi untuk mendorong minyak dari sumur ke tempat pengolahan. Ketika terdapat hambatan seperti belokan,energi (gaya dorong) akan berkurang sehingga terjadi energy loss/pressure drop.

Berikut contoh pembuatan program

Program


print ('Persamaan linear dua variabel \n ax + by = c\n px + qy = r ')

a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))


if a == p :

  i = b - q
  j = c - r
  y = j/i
  x = (c -(b*y))/a
  print("nilai y=",y,"nilai x =",x)

elif a == 0:

  y = c / b
  x = (r - (q * y)) / p
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif b == 0:

  x = c / a
  y = (r - (p * x)) / q
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif p == 0:

  y = r / q
  x = (c - (a * y)) / b
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif q == 0:

  x = r / p
  y = (c - (a * x)) / b
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif a != p :

  a2= a*p
  b2=b*p
  c2=c*p
  p2=p*a
  q2=q*a
  r2=r*a
  i2 = b2 - q2
  j2 = c2 - r2
  y = j2 / i2
  x = (c - (b * y))/a
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

input()