Difference between revisions of "Kelompok 3"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Tugas Optimasi CFD Airfoil)
(Tugas Optimasi CFD Airfoil)
 
(5 intermediate revisions by the same user not shown)
Line 114: Line 114:
 
== '''Tugas Simulasi CFD Pada Mobil''' ==
 
== '''Tugas Simulasi CFD Pada Mobil''' ==
  
 +
Tugas ini merupakan tugas untuk melakukan simulasi aliran udara pada permukaan mobil untuk mendapatkan nilai drag force menggunakan software CFDSOF-NG. CFDSOF-NG merupakan aplikasi berbasis metode numerik yang berfungsi untuk menganalisa aliran fluida pada suatu permukaan benda. Langkah-langkah untuk melakukan analisis CFD menggunakan CFDSOF-NG adalah sebagai berikut:
  
[[File:Sim1.png]]
+
1. Mengimport file .stl ke dalam software CFDSOF-NG
[[File:Sim2.png]]
 
[[File:Sim3.png]]
 
[[File:4.png]]
 
  
[[File:Simulasi.png]]
+
2. Membuat mesh dari file .stl
  
 +
3. Run solve pada software CFDSOF-NG
 +
 +
4. Melakukan analisis lebih lanjut dengan menggunakan software paraview
 +
 +
[[File:Sim1.png|500px|thumb|center]]
 +
 +
[[File:Sim2.png|500px|thumb|center]]
 +
 +
[[File:Sim3.png|500px|thumb|center]]
 +
 +
[[File:4.png|500px|thumb|center]]
 +
 +
[[File:Simulasi.png|500px|thumb|center]]
  
 
== '''Tugas Optimasi CFD Airfoil''' ==
 
== '''Tugas Optimasi CFD Airfoil''' ==
 +
 +
Tugas ini mengenai optimasi pada airfoil menggunakan metode numerik. Mula-mula kami melakukan analisis menggunakan CFDSOF-NG untuk mendapatkan nilai lift force dan drag force. Setelah itu didapatkan grafik berdasarkan setiap perubahan AoA. Kemudian dilakukan optimasi dengan metode numerik untuk mendapatkan nilai maksimal dari gaya drag dan lif berdasarkan AoA. Berdasarkan hasil optimasi didapatkan hasil berupa sudut optimal dari pesawat yang mana akan meningkatkan performa dan meminimalisir gaya gesekan.
 +
 +
Kemudian kami diberikan tugas mengenai simulasi airfoil dengan menggunakan airfoil buatan sendiri ataupun airfoil yang sudah ada. Simulasi dilakukan dengan merubah sudut Angle of Attack (AoA) dalam kecepatan tertentu. AoA yang digunakan mulai dari -15 derajat sampai 90 derajat, dengan increment 15 derajat. Tugas ini nantinya akan dipresentasikan pada pertemuan selanjutnya, sehingga harus dibuat dalam bentuk powerpoint.
  
 
[[File:slide1.png|700px|thumb|center]]
 
[[File:slide1.png|700px|thumb|center]]
Line 144: Line 159:
  
 
[[File:slide10.png|700px|thumb|center]]
 
[[File:slide10.png|700px|thumb|center]]
 
[[File:slide11.png|700px|thumb|center]]
 
  
  

Latest revision as of 00:42, 17 December 2019

Perkenalkan, Kami dari kelompok 3 dengan anggota

1. Candra Steven

2. Fahmi Ismail Wibisono

3. Wildan Zulfa Abdurrohman


Metode Eliminasi Gauss

Eliminisasi Gauss adalah metode untuk mengoperasikan nilai-nilai di dalam matriks sehingga menjadi matriks yang lebih sederhana. Dengan melakukan operasi baris sehingga matriks tersebut menjadi salah satu metode penyelesaian persamaan linear.

Contoh soal

Contoh soal kelompok 3.PNG


Pengerjaan Matematis

Menggunakan Eliminasi Gauss

Gaussbagian 1.PNG
Gaussbagian 2.PNG


Kemudian menyelesaikan dengan Subtitusi


Pengerjaan Menggunakan Bahasa Python

Dalam penggunaan matriks pada bahasa python dibutuhkan fungsi array dengan cara import numpy

Gausspython 1 kel 3.jpeg
Gausspython 2.JPG

Hasil perhitungan dengan Python

Gausspython 3.JPG

Program Python

Runge Kutta

Pada tanggal 9 Oktober 2019, kami diberikan tugas untuk membuat persamaan pegas dengan metode Runge Kutta. Soalnya adalah sebagai berikut


Hejos.jpg


Penyelesaian dari soal ini dapat diselesaikan dengan coding sebagai berikut


# Di sini, kita akan menggunakan x0 dan y sebagai titik asal, x sebagai t yang diinginkan, dan h sebagai increment. Kita menggunakan h = 0.01. 
x0 = 0
y = 0
h = 0.01
x = float(input("Masukkan nilai t: "))
if 0 <= x < 2:
  # dydx menyatakan persamaan awal dalam soal. Persamaan harus diintegralkan sekali untuk menghasilkan persamaan kecepatan.
  # Didapat hasil 2x^2 - 30xy karena dipakai massa m = 2,5 kg dan konstanta pegas k = 75 N/m.
  # P(t) dinyatakan dalam x. 
  def dydx(x, y): 
    return (2*x**2 - 30*x*y) 
  # Ini merupakan implementasi perhitungan Runge-Kutta.
  def rungeKutta(x0, y0, x, h): 
    n = (int)((x - x0)/h)  
    y = y0 
    for i in range(1, n + 1): 
       k1 = h * dydx(x0, y) 
       k2 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k1) 
       k3 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k2) 
       k4 = h * dydx(x0 + h, y + k3) 
 
       # untuk y selanjutnya 
       y = y + (1.0 / 6.0)*(k1 + 2 * k2 + 2 * k3 + k4) 
 
       # untuk x selanjutnya
       x0 = x0 + h 
    return y 
  print("Nilai y pada t =", x, "adalah", rungeKutta(x0, y, x, h))
elif x >= 2:
  # Ketika x >= 2, perhitungan harus diganti karena P(t) sudah konstan di angka 20 N.
  def dydx(x, y): 
    return (8 - 30*x*y) 
  def rungeKutta(x0, y0, x, h): 
    n = (int)((x - x0)/h)  
    y = y0 
    for i in range(1, n + 1): 
       k1 = h * dydx(x0, y) 
       k2 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k1) 
       k3 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k2) 
       k4 = h * dydx(x0 + h, y + k3) 
       y = y + (1.0 / 6.0)*(k1 + 2 * k2 + 2 * k3 + k4)
       x0 = x0 + h 
    return y 
  print("Nilai y pada t =", x, "adalah", rungeKutta(x0, y, x, h))
else:
  print("Mohon masukkan nilai t positif.")

Tugas Simulasi CFD Pada Mobil

Tugas ini merupakan tugas untuk melakukan simulasi aliran udara pada permukaan mobil untuk mendapatkan nilai drag force menggunakan software CFDSOF-NG. CFDSOF-NG merupakan aplikasi berbasis metode numerik yang berfungsi untuk menganalisa aliran fluida pada suatu permukaan benda. Langkah-langkah untuk melakukan analisis CFD menggunakan CFDSOF-NG adalah sebagai berikut:

1. Mengimport file .stl ke dalam software CFDSOF-NG

2. Membuat mesh dari file .stl

3. Run solve pada software CFDSOF-NG

4. Melakukan analisis lebih lanjut dengan menggunakan software paraview

Sim1.png
Sim2.png
Sim3.png
4.png
Simulasi.png

Tugas Optimasi CFD Airfoil

Tugas ini mengenai optimasi pada airfoil menggunakan metode numerik. Mula-mula kami melakukan analisis menggunakan CFDSOF-NG untuk mendapatkan nilai lift force dan drag force. Setelah itu didapatkan grafik berdasarkan setiap perubahan AoA. Kemudian dilakukan optimasi dengan metode numerik untuk mendapatkan nilai maksimal dari gaya drag dan lif berdasarkan AoA. Berdasarkan hasil optimasi didapatkan hasil berupa sudut optimal dari pesawat yang mana akan meningkatkan performa dan meminimalisir gaya gesekan.

Kemudian kami diberikan tugas mengenai simulasi airfoil dengan menggunakan airfoil buatan sendiri ataupun airfoil yang sudah ada. Simulasi dilakukan dengan merubah sudut Angle of Attack (AoA) dalam kecepatan tertentu. AoA yang digunakan mulai dari -15 derajat sampai 90 derajat, dengan increment 15 derajat. Tugas ini nantinya akan dipresentasikan pada pertemuan selanjutnya, sehingga harus dibuat dalam bentuk powerpoint.

Slide1.png
Slide2.png
Slide3.png
Slide4.png
Slide5.png
Slide6.png
Slide7.png
Slide8.png
Slide9.png
Slide10.png


Silahkan berkomentar pada kolom di bawah


Add your comment
ccitonlinewiki welcomes all comments. If you do not want to be anonymous, register or log in. It is free.