Difference between revisions of "Jonathan Kevin Samuel"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 77: Line 77:
  
 
[[File:Fibonacci_with_Function_2.PNG|center]]
 
[[File:Fibonacci_with_Function_2.PNG|center]]
 +
 +
 +
 +
== Meeting 4, September 25th, 2019 ==
 +
 +
Pada pertemuan keempat Metode Numerik di minggu terakhir di bulan September ini, Pak Dai dan Pak Radon menjelaskan kepada kami tentang menghitung.
 +
 +
'''Kenapa kita harus menghitung?'''
 +
 +
Karena apa yang kita desain harus kita pastikan berfungsi secara baik dan ''reliable'' dengan fungsi yang optimal.

Revision as of 11:56, 1 October 2019

Introduction

Jonathan Kevin Samuel.jpg

Nama: Jonathan Kevin Samuel

NPM: 1706036513

Jurusan: Teknik Mesin


Meeting 1, September 4th, 2019

Mengapa saya sebagai mahasiswa teknik mesin harus belajar kalkulus?

Karena menurut saya, kalkulus merupakan dasar dari perhitungan-perhitungan seperti di bidang fisika. Untuk penerapannya di jurusan teknik mesin, contohnya seperti di pelajaran Termodinamika, Matematika Teknik, dan Pengendalian Sistem. Untuk di mata kuliah Termodinamika, kalkulus diterapkan untuk menurunkan rumus-rumus yang ada. Lalu, untuk di mata kuliah Matematika Teknik, diterapkan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan fisika menggunakan persamaan matematika. Dan untuk di mata kuliah Pengendalian Sistem, digunakan untuk membuat pemodelan sistem.


Pertemuan pertama mata kuliah Metode Numerik tanggal 4 September 2019 diisi oleh Bapak Dr. Ahmad Indra dan Dr. Eng. Radon Dhelika. Yang mulai berbicara adalah Bapak Dr. Ahmad Indra. Beliau akrab dipanggil Pak Dai. Beliau mengatakan bahwa sebagai manusia kita harus berakal. Beliau juga mengatakan bahwa setiap sebelum memulai belajar, kita tidak boleh lupa untuk berdoa agar ilmu yang kita dapatkan akan berguna ke depannya.


Setelah memperkenalkan diri, Pak Dai bertanya kepada kami mengapa kami sebagai mahasiswa teknik mesin harus belajar kalkulus, sedangkan kalkulus adalah mata kuliah dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Beliau meminta kami menjawabnya sesuai pribadi kami masing-masing. Dan jawaban saya adalah seperti yang saya jabarkan di atas.


Selanjutnya, Pak Dai baru mulai menjelaskan tentang apa itu Metode Numerik. Dan ini adalah pengertian Metode Numerik.

  Metode numerik merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai kasus dan masalah matematis melalui komputasi. Metode numerik pada umumnya melibatkan jumlah komputasi yang sangat banyak, dengan melibatkan proses iterasi hitungan. Oleh karena itu, komputasi metode numerik dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer.


Dalam belajar Metode Numerik di semester 5 ini, kami sebagai mahasiswa dianjurkan menggunakan buku Numerical Methods in Engineering, Python 3 sebagai panduan. Karena bahasa pemrograman yang akan banyak digunakan adalah Python. Pak Dai juga mengatakan bahwa kami tidak boleh takut jika tidak bisa programming. Yang penting adalah harus ada progress setiap harinya. Kita harus punya driving force bahwa setiap hari harus menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

  Karena orang yang lebih baik dari hari kemarin adalah orang yang beruntung. Orang yang sama saja dari hari kemarin adalah orang yang rugi. Dan orang yang lebih buruk dari hari kemarin adalah orang yang celaka.

Setelah Pak Dai selesai berbicara, Pak Radon juga memberikan hal-hal yang harus kami ketahui dalam belajar Metode Numerik. Beliau mengatakan bahwa kemampuan programming sangat dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0 ini. Dan di akhir pertemuan pertama ini, Pak Dai dan Pak Radon memberikan kami tugas untuk belajar Python dan menyelesaikan sebuah persamaan dalam bentuk algoritma atau flow chart. Persamaan tersebut adalah sebagai berikut.


Persamaan.PNG


Meeting 2, September 11th, 2019

Pada pertemuan kedua kelas Metode Numerik kali ini, kelas kembali diisi oleh Pak Dai dan Pak Radon. Mereka mengatakan bahwa numerik sangat berhubungan dengan komputer karena kita tidak mampu menghafal banyak hal. Beliau memberikan contoh seperti permainan catur di komputer. Jika kita bermain catur di komputer, sistem permainan catur komputer ini sudah menyimpan database untuk mengingat gerakan-gerakan kita dan gerakan-gerakan komputer itu sendiri.


Karena numerik sangat berhubungan dengan komputer, maka kita sebagai mahasiswa yang sedang mempelajari Metode Numerik harus menjadikan komputer sebagai partner kita. Di dalam komputer ada istilah 32 bit dan 64 bit. Seperti di dalam otak kita, komputer mampu menyimpan data-data dalam binary digit. Jika komputer kita 64 bit, maka komputer tersebut memiliki kemampuan yang lebih akurat dan tepat. Dan sekarang ini, hampir semua gadget menggunakan 64 bit.


Selain membahas komputer, Pak Dai dan Pak Radon juga membahas tentang Artificial Intelligence atau yang biasa disingkat AI karena sekarang sedang zamannya Revolusi Industri 4.0. AI dibuat untuk membantu kehidupan manusia. AI ini berupa robot yang dibuat seakan-akan mempunyai kecerdasan seperti manusia. Tetapi Pak Dai mengatakan bahwa yang memiliki kecerdasan sebenarnya hanyalah MANUSIA. Hanya saja, manusia memiliki keterbatasan dan exhaust. Selain itu, manusia juga mempunyai hati yang membuat manusia berbeda dengan AI. Menurut Pak Dai, jika nanti ada Revolusi Industri 5.0, maka harus ada kaitannya dengan Pancasila. Karena teknologi seharusnya empowering human, bukan melemahkan manusia dan menjadikan manusia idiot. Manusia tidak boleh dikendalikan oleh teknologi contohnya media sosial. Tetapi kita yang seharusnya mengendalikan dan mengerti teknologi.


Setelah itu, Pak Dai dan Pak Radon menjelaskan kembali tentang Python. Untuk mempelajari teknis dari program Python, beliau mengarahkan kami untuk melihat di web Intro to Python. Dan kami mendapatkan 2 tahap untuk menggunakan Python. Yang pertama adalah dengan meng-install package Python. Dan yang kedua adalah dengan meng-install IDE. Selanjutnya, Pak Dai dan Pak Radon juga memberitahu kami cara untuk menggunakan Python tanpa harus meng-install di laptop/komputer kita. Caranya adalah dengan membuka web Python Anywhere.


Meeting 3, September 18th, 2019

Pada pertemuan ketiga kelas Metode Numerik ini, kelas seperti biasa kembali diisi oleh Pak Dai dan Pak Radon. Dan di pertemuan ketiga ini, Pak Dai dan Pak Radon mengadakan quiz untuk melihat apa saja yang sudah kami pelajari di kelas Metode Numerik ini. Soal quiz yang kami dapat adalah membuat algoritma, flowchart, dan pemrograman Python. Untuk bisa menyelesaikan soal tersebut, kami diberikan kasus deret Fibonacci 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, ...., n.


Kami diberikan waktu 30 menit untuk menyelesaikan quiz tersebut. Kami mengerjakan quiz tersebut di selembar kertas. Setelah selesai mengerjakan, Pak Radon mengatakan bahwa membuat program untuk menyelesaikan deret Fibonacci tersebut cukup kompleks. Jadi, Pak Radon memberi kami kasus yang lebih mudah supaya kami dapat lebih mengerti tentang pemrograman, terutama dalam menggunakan Python. Kasus yang diberikan adalah membuat sebuah program yang dapat menentukan selisih dari 2 bilangan. Dan kami diminta dengan menggunakan metode Loop dengan while condition dan metode Function.


Untuk metode Loop dengan while condition, ini yang berhasil saya dapatkan:

Fibonacci with Loop Update.PNG


Fibonacci with Loop 2.PNG


Untuk metode Function, ini yang berhasil saya dapatkan:


Fibonacci with Function.PNG


Fibonacci with Function 2.PNG


Meeting 4, September 25th, 2019

Pada pertemuan keempat Metode Numerik di minggu terakhir di bulan September ini, Pak Dai dan Pak Radon menjelaskan kepada kami tentang menghitung.

Kenapa kita harus menghitung?

Karena apa yang kita desain harus kita pastikan berfungsi secara baik dan reliable dengan fungsi yang optimal.