Difference between revisions of "John Patrick Anhar"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 72: Line 72:
  
 
Untuk itu, pada tugas ini saya akan mencoba menyelesaikan 4 persamaan dengan 4 variabel yang akan dicari nilai dari masing-masing variabel tersebut. Contoh yang saya ambil ialah sebagai berikut:
 
Untuk itu, pada tugas ini saya akan mencoba menyelesaikan 4 persamaan dengan 4 variabel yang akan dicari nilai dari masing-masing variabel tersebut. Contoh yang saya ambil ialah sebagai berikut:
[[File:ContohSoalGauss.png]]
+
 
 +
[[File:ContohSoalGauss2.png]]
  
 
Untuk menjawab persoalan tersebut pertama-tama saya membuat fungsi Gauss seperti berikut ini:
 
Untuk menjawab persoalan tersebut pertama-tama saya membuat fungsi Gauss seperti berikut ini:

Revision as of 14:55, 25 November 2020

John Patrick Anhar

Biodata Diri

Nama : John Patrick Anhar

NPM  : 1806201062

TTL  : Jakarta, 21 Oktober 2000

Hobi : Berenang


Saya adalah mahasiswa FTUI angkatan 2018 dari jurusan Teknik Mesin dan saya adalah salah satu ciptaan terbaik dari Tuhan Yang Maha Esa, karena pada prinsipnya Tuhan Yang Maha Esa itu mendesain manusia dengan sebaik-baiknya makhluk.

Saya mengikuti kuliah Teknik Mesin karena saya menyukai di bidang otomotif sejak saya kecil dan jurusan ini sungguh berkaitan dengan bidang tersebut. Di jurusan Teknik Mesin ini ada banyak mata kuliah yang saya ikuti, salah satunya yaitu mata kuliah Metode Numerik.

Metode Numerik

Tujuan dari mempelajari metode numerik adalah:

  • Memahami konsep dasar metode numerik dengan baik.
  • Mampu menerapkan konsep metode numerik.
  • Mampu menerapkan metode numerik untuk menyelesaikan berbagai persoalan teknik.
  • Mendapat nilai tambah/adab agar menjadi manusia yang beradab.

Saya telah mengikuti mata kuliah ini selama setengah semester dan saya sudah mempelajari beberapa hal, seperti apa itu penyelesaian matematika menggunakan metode numerik, error-error dalam perhitungan secara numerik, turunan forward centered dan backward, cara-cara melakukan interpolasi dan regresi, serta cara mencari akar dari suatu persamaan secara numerik seperti menggunakan metode Newton-Raphson, metode Bisection, dan metode Secant.

Pertemuan Minggu 1 (11 November 2020)

Pada pertemuan minggu pertama ini, saya belajar bahwa sebagai manusia kita sebaiknya dapat mengetahui apa saja hal-hal yang kita pahami dan tidak kita pahami. Lalu berikutnya saya juga belajar bahwa komputer dapat membantu kita manusia untuk menyelesaikan berbagai persoalan. Namun meskipun teknologi komputer dan pengetahuan manusia saat ini sudah sangat berkembang, manusia dan komputer masih memiliki limitasi tertentu seperti contohnya tidak mampu menentukan nilai 1/0 dimana hanya Tuhan yang tahu nilainya. Oleh karena itu manusia tidak boleh melupakan Tuhan sebab hanya Tuhan yang Maha Tahu.

Tugas Minggu 1

Pada minggu ini, mahasiswa diberikan tugas untuk membuat video mengenai tutorial penggunaan software OpenModelica. Berikut ini video tutorial dasar-dasar penggunaan OpenModelica yang saya buat:


Pertemuan Minggu 2 (18 November 2020)

Pada pertemuan minggu kedua ini, kami diminta memberikan penjelasan mengenai apa yang sudah kami kerjakan pada pertemuan minggu pertama dan apa saja hal-hal yang sudah kami lakukan menggunakan OpenModelica.

Pada pertemuan ini juga kami dijelaskan oleh Pak Dai alasan mengapa aplikasi yang digunakan adalah OpenModelica dan bukan aplikasi lainnya seperti Python. Alasannya adalah karena OpenModelica merupakan aplikasi yang fungsi utamanya adalah modelling dan bukan programming, dimana sebenarnya modelling ini lebih tepat untuk seorang engineer. Simulasi yang dilakukan OpenModelica memang sedikit lebih lama dibandingkan aplikasi lainnya, karena bahasa yang ditulis di OpenModelica akan dikonversi terlebih dahulu kedalam bahasa C++ baru diproses datanya sebab OpenModelica tidak memiliki bahasa pemrograman tersendiri.

Lalu, kami pun diajarkan mengenai jenis-jenis file pada OpenModelica. Pada kesempatan kali ini kami mempelajari mengenai jenis file function dan file class. Contoh fungsi yang kami buat adalah sebagai berikut: FungsiTambahX1.mo

function FungsiTambahX1

input Real X;
output Real Y;

algorithm
Y:=X+10;

end FungsiTambahX1;

Lalu, kami juga diajarkan cara untuk memanggil fungsi tersebut ke dalam suatu class, yaitu contohnya seperti berikut ini:

Panggil.mo

class Panggil

parameter Real X1=5;
Real Hasil10TambahX1;

equation
Hasil10TambahX1=FungsiTambahX1(X1);

end Panggil;

Dalam fungsi 'FungsiTambahX1.mo' input nya adalah sebuah variabel misalnya X dan output dari fungsinya adalah Y yang merupakan hasil penjumlahan X+10. Ketika fungsi ini dipanggil ke class 'Panggil.mo', nilai input fungsi ini diisi dengan nilai X1.

Tugas Minggu 2

Pada minggu ini, mahasiswa diberikan tugas untuk mencoba memanggil suatu fungsi kedalam suatu class seperti yang sudah dicontohkan, namun menggunakan persamaan aljabar simultan dan variable array. Persamaan aljabar simultan merupakan persamaan yang kompleks dimana persamaan ini terdiri dari banyak variabel yang perlu dicari valuenya. Variable array merupakan kumpulan variabel yang disimpan dalam nama yang sama namun tetap memiliki nilai yang berbeda-beda.

Untuk itu, pada tugas ini saya akan mencoba menyelesaikan 4 persamaan dengan 4 variabel yang akan dicari nilai dari masing-masing variabel tersebut. Contoh yang saya ambil ialah sebagai berikut:

ContohSoalGauss2.png

Untuk menjawab persoalan tersebut pertama-tama saya membuat fungsi Gauss seperti berikut ini: FungsiGauss.mo

function FungsiGauss

input Real U[4,4];
output Real V[4];

algorithm
W:=Modelica.Math.Matrices.solve(U,V);

end FungsiGauss;

Fungsi tersebut saya panggil kedalam class berikut ini: ClassGauss.mo

class ClassGauss

parameter Real A[4,4]=[1,-4,2,3;2,1,3,-1;4,1,2,-3;3,-4,-2,2];
parameter Real B[4]={2,0,1,8};
Real O[3];

equation
O=FungsiGauss(A,B);

end ClassGauss;