Difference between revisions of "I Gede Nyoman Ari Bhaskara Wiraputra"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Pertemuan Hari Kedua Metode Numerik)
Line 21: Line 21:
 
Pada awalnya Dr. Ahmad Indra menjelaskan python dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya bagaikan papan catur. Selain itu, dalam pelajaran hidup-nya juga diajarkan untuk membahagiakan diri sendiri dengan ''empowering yourself''.
 
Pada awalnya Dr. Ahmad Indra menjelaskan python dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya bagaikan papan catur. Selain itu, dalam pelajaran hidup-nya juga diajarkan untuk membahagiakan diri sendiri dengan ''empowering yourself''.
 
Setelah diberikan ke Pak Radon, Pak Radon menjelaskan SAP untuk satu semester ke depan.
 
Setelah diberikan ke Pak Radon, Pak Radon menjelaskan SAP untuk satu semester ke depan.
Hari pertama dalam pembelajaran, kita memulai dengan membuat "Hello world" dalam aplikasi python
+
Hari pertama dalam pembelajaran, kita memulai dengan membuat "Hello world" dalam aplikasi python.
 +
 
 +
Selain itu kita membuat tuple dengan cara seperti berikut.
 +
rec = ("Nyoman","Ari","Bhaskara", "13,03,2000")
 +
 
 +
NamaAwal, NamaTengah, NamaAkhir, tanggallahir = rec
 +
 
 +
TahunLahir =tanggallahir[6:10]
 +
 
 +
print(NamaTengah)
 +
 
 +
print(TahunLahir)

Revision as of 17:51, 11 September 2019

I Gede Nyoman Ari Bhaskara Wiraputra lahir di Bintaro, 13 Maret 2000.

Dalam belajar Python, saya menggunakan website: http://anh.cs.luc.edu/python/hands-on/3.1/handsonHtml/index.html

Pertemuan Hari Pertama Metode Numerik

Mengapa seorang anak mesin harus menguasai kalkulus?

Menurut Nyoman seorang anak Departemen Teknik Mesin harus menguasai kalkulus karena dengan menguasai kalkulus anak tersebut dapat memahami esensi dari ke-teknikan.

Bahasa Python

Python adalah sebuah bahasa pemrograman. Digunakan sebagai tools bagi engineers untuk menggunakan matematika dalam menyelesaikan masalahnya. Banyak hal yang tidak dapat secara langsung dihitung, maka bahasa pemrograman python digunakan. Selain python, bahasa C juga dapat digunakan.

Materi

Pak Dr. Ahmad Indra pun lebih memilih mahasiswa yang belajar lebih dan mengerti dalam mempelajari python, walaupun pada awalnya mahasiswa tersebut tidak memiliki basic knowledge di awal pengajaran Metode Numerik. Masalah yang biasanya dapat diselesaikan dengan metode limit, setelah mempelajari Metode Numerik, mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan dengan algoritma/flowchart/program. Soal yang diberikan untuk pertama kali adalah

Rums.png

Maka dari itu dengan menggunakan bahasa pemrograman python dapat menjawab permasalahan sebagai berikut dengan flowchart dalam python

Jawabans.png

Pertemuan Hari Kedua Metode Numerik

Pada awalnya Dr. Ahmad Indra menjelaskan python dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya bagaikan papan catur. Selain itu, dalam pelajaran hidup-nya juga diajarkan untuk membahagiakan diri sendiri dengan empowering yourself. Setelah diberikan ke Pak Radon, Pak Radon menjelaskan SAP untuk satu semester ke depan. Hari pertama dalam pembelajaran, kita memulai dengan membuat "Hello world" dalam aplikasi python.

Selain itu kita membuat tuple dengan cara seperti berikut.

rec = ("Nyoman","Ari","Bhaskara", "13,03,2000")
NamaAwal, NamaTengah, NamaAkhir, tanggallahir = rec
TahunLahir =tanggallahir[6:10]
print(NamaTengah)
print(TahunLahir)