Difference between revisions of "Fuad Abrar"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 30: Line 30:
 
metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori.
 
metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori.
  
Tugas : # [[Aplikasi metode numerik break even point oleh fuad abrar]]
+
Tugas :  
        #
+
# [[Aplikasi metode numerik break even point oleh fuad abrar]]

Revision as of 21:25, 18 March 2019

Metode Numerik

Pendahuluan

Selasa, 12 Februari 2019

Dr. Ahmad Indra

Prasyarat : berakal

Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan.

Tujuan pembelajaran metode numerik :

  1. Memahami konsep-konsep, prinsip-prinsip dalam metode numerik dan mampu menerapkannya
  2. Menjadi lebih mengenal diri sendiri

Materi :

  1. Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian
  2. Metode iterative;
  3. Penyelesaian aljabar simultan
  4. Diferensiasi dan integral
  5. Optimasi
  6. Studi kasus

Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu :

  1. Brainware
  2. Hardware
  3. Software


Di dalam bidang teknik, khususnya teknik mesin ada tiga metode penyelesaian masalah : metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori.

Tugas :

  1. Aplikasi metode numerik break even point oleh fuad abrar