Difference between revisions of "Faril Ichfari"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 18: Line 18:
 
Pada pertemuan kedua metode numerik, mempeajari bagaimana masalah teknik dibuat menjadi model matematis sehingga dapat dipecahkan. Langkahnya melalu teoritis lalu dilakukan percobaan. Metode numerik salah satu model matematis yang memiliki perhitungan untuk menyelesaikannya.
 
Pada pertemuan kedua metode numerik, mempeajari bagaimana masalah teknik dibuat menjadi model matematis sehingga dapat dipecahkan. Langkahnya melalu teoritis lalu dilakukan percobaan. Metode numerik salah satu model matematis yang memiliki perhitungan untuk menyelesaikannya.
 
Metode numerik ini terdiri dari langkah-langkah yang disebut algoritma, yang di proses melalui komputer. salah satu program untuk memecahkan masalah ini adalah "python". Setelah program berhasil disusun dan didapatkan hasil, maka dibuat simulasi untuk memvisualisasikan program yang menghasilkan numerik. Hasil perhitungan ini akan menghasilkan numerk, lalu akan dibuat visualisasinya. Hasil dari visual tersebut di analisa, tujuan dari analisa ini untuk mendapatkan error dan nantinya akan diperbaiki, sehingga akan dapat menghasilkan hasil yang paling sempurna yang dapat menyelesaikan masalah teknik.
 
Metode numerik ini terdiri dari langkah-langkah yang disebut algoritma, yang di proses melalui komputer. salah satu program untuk memecahkan masalah ini adalah "python". Setelah program berhasil disusun dan didapatkan hasil, maka dibuat simulasi untuk memvisualisasikan program yang menghasilkan numerik. Hasil perhitungan ini akan menghasilkan numerk, lalu akan dibuat visualisasinya. Hasil dari visual tersebut di analisa, tujuan dari analisa ini untuk mendapatkan error dan nantinya akan diperbaiki, sehingga akan dapat menghasilkan hasil yang paling sempurna yang dapat menyelesaikan masalah teknik.
 +
 +
 +
== Tugas ==
 +
 +
print ('Persamaan linear dua variabel \n ax + by = c\n px + qy = r ')
 +
 +
a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))
 +
 +
 +
if a == p :
 +
 +
  i = b - q
 +
  j = c - r
 +
  y = j/i
 +
  x = (c -(b*y))/a
 +
  print("nilai y=",y,"nilai x =",x)
 +
 +
elif a == 0:
 +
 +
  y = c / b
 +
  x = (r - (q * y)) / p
 +
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
 +
elif b == 0:
 +
 +
  x = c / a
 +
  y = (r - (p * x)) / q
 +
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
 +
elif p == 0:
 +
 +
  y = r / q
 +
  x = (c - (a * y)) / b
 +
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
 +
elif q == 0:
 +
 +
  x = r / p
 +
  y = (c - (a * x)) / b
 +
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
 +
elif a != p :
 +
 +
  a2= a*p
 +
  b2=b*p
 +
  c2=c*p
 +
  p2=p*a
 +
  q2=q*a
 +
  r2=r*a
 +
  i2 = b2 - q2
 +
  j2 = c2 - r2
 +
  y = j2 / i2
 +
  x = (c - (b * y))/a
 +
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
 +
 +
input()

Revision as of 22:42, 19 February 2019

Pertemuan 1

Metode Numerik

Pada pertemuan pertama metode numerik, di kelas diberikan penjelasan terkait apa saja hal yang akan kita pelajari selama perkuliahan ini dan peraturan yang berlaku selama perkuliahan berlangsung. tujuan dan metode perkuliahan juga dijelaskan. tujuan dari mempelajari metode numerik adalah : 1. memahami konsep/prinsip dan mampu menerapkannya 2. menjadi orang yang lebih mengenal dirinya

Yang saya dapat di perkuliahan ini, metode numerik digunakan jika secara perhitungan menggunakan metode manual tidak mendapat angka yang real atau pasti, jadi metode numerik digunakan untuk menyelesaikan perhitungan tersebut yang tidak dapat dihitung di metode biasa. Metode numerik juga merupakan lanjutan dari kalkulus dan matematika teknik

Di kelas ini juga pak DAI memberikan penjelasan terkait Akal. Kita sebagai manusia harus berakal, dimana akal itu diibaratkan tali yang mengikat atau mengililingi otak kita agar kita tidak melampaui batas manusiawi pak DAI juga menjelaskan bahwa matematika itu bisa bermaksud 2 hal, bisa membantu dan bisa menyesatkan.


Pertemuan 2

Pada pertemuan kedua metode numerik, mempeajari bagaimana masalah teknik dibuat menjadi model matematis sehingga dapat dipecahkan. Langkahnya melalu teoritis lalu dilakukan percobaan. Metode numerik salah satu model matematis yang memiliki perhitungan untuk menyelesaikannya. Metode numerik ini terdiri dari langkah-langkah yang disebut algoritma, yang di proses melalui komputer. salah satu program untuk memecahkan masalah ini adalah "python". Setelah program berhasil disusun dan didapatkan hasil, maka dibuat simulasi untuk memvisualisasikan program yang menghasilkan numerik. Hasil perhitungan ini akan menghasilkan numerk, lalu akan dibuat visualisasinya. Hasil dari visual tersebut di analisa, tujuan dari analisa ini untuk mendapatkan error dan nantinya akan diperbaiki, sehingga akan dapat menghasilkan hasil yang paling sempurna yang dapat menyelesaikan masalah teknik.


Tugas

print ('Persamaan linear dua variabel \n ax + by = c\n px + qy = r ')

a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))


if a == p :

  i = b - q
  j = c - r
  y = j/i
  x = (c -(b*y))/a
  print("nilai y=",y,"nilai x =",x)

elif a == 0:

  y = c / b
  x = (r - (q * y)) / p
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif b == 0:

  x = c / a
  y = (r - (p * x)) / q
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif p == 0:

  y = r / q
  x = (c - (a * y)) / b
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif q == 0:

  x = r / p
  y = (c - (a * x)) / b
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif a != p :

  a2= a*p
  b2=b*p
  c2=c*p
  p2=p*a
  q2=q*a
  r2=r*a
  i2 = b2 - q2
  j2 = c2 - r2
  y = j2 / i2
  x = (c - (b * y))/a
  print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

input()