Fadlu Rahman Sirajudin Majid

From ccitonlinewiki
Revision as of 17:09, 29 May 2019 by Fadlu.rahman (talk | contribs)
Jump to: navigation, search

TUGAS UAS METODE NUMERIK

PowerPoint dan Python File https://drive.google.com/open?id=1azaGDr4bGBgv8rGM8k_wEhsX1nEpb7ta Youtube Video https://youtu.be/X6K_HkkQ3ac

PERTEMUAN 1 METODE NUMERIK

Informasi Umum Mata Kuliah

Pada pertemuan pertama kelas Merode NUmerik, diperkenalkan dosen pengampu mata kuliah yaitu:

1) Dr. Ahmad Indra Siswantara (Panggilan AKI DAI) yang mengajar pada pertemuan kali ini,

2) Dr. Gunawan.

Terdapat dua tujuan dari mata kuliah ini: (1) mahasiswa mampu menguasau konsep dari mata kuliah metode numerik serta mengaplikasikannya, dan (2) mahasiswa dapat mengenai diri pribadi yang sebenarnya.

Dari tujuan tersebut, diharapkan mahasiswa mendapatkan output setelah menyelesaikan pelajaran ini yaitu berupa:(1) kemampuan mengaplikasikan metode numerik dengan konsep yang telah dipelajari dan (2) kemampuan mengetahui diri sendiri dalam kehidupan.

Untuk mencapai tujuan pembelajaran berikut dengan outputnya, pengajar dan mahasiswa menggunakan 5 langkah metode pembelajaran yaitu:

1) algoritma, flowchart, pemograman, dan metode iteraritive;

2) penyelesaian persamaan aljabar simultan;

3) diferensial dan Integral;

4) optimasi dan;

5) studi kasus.

Untuk pengambilan nilai ujian, dosen menggunakan metode:

1) tertulis dan/atau praktik, untuk menguji skill, value dan pengetahuan mahasiswa,

2) muhasabah, berupa instropeksi diri selama pelaksanaan pembelajaran.

Sebelum mempelajari metode numerik, mahasiswa diharapkan telah menguasai mata kuliah kalkulus yang telah diajarkan sebelumnya.


Akal dan Kaitannya dalam Pembelajaran

Selama pertemuan pertama kelas metode numerik, dosen pengajar membahas mengenai akal. Akal dapat dianalogikan sebagai tali: tali yang mengikat nafsu atau keinginan manusia. Dengan adanya akal, manusia dapat mengenal istilah "cukup" dalam mengejar/mencapai sesuatu.

Adapun kaitannya dalam pembelajaran, akal-lah yang menjadi petunjuk bagi mahasiswa agar dapat mengenali tujuan kuliah yang sebenarnya: ilmu. Dengan mengetahui tujuan itu, mahasiswa dapat beperilaku jujur selama proses pembelajaran dan tidak menjadikan "nilai" atau "indeks prestasi" di atas segalanya hingga pada akhirnya membenarkan segala cara untuk mendapatkan nilai sebaik mungkin.

Akal pulalah yang menjadikan manusia untuk berpikir kritis, dan terus bertanya akan ilmu. Dengan berpikir kritis, mahasiswa mampu melihat suatu permasalahan dari berbagai aspek sehingga tidak menjadi "blind follower". Adapun Sikap terus bertanya akan ilmu menjadikan mahasiswa terus belajar dan mengembangkan pengetahuan yang dikuasainya.

Dengan akal, manusia mampu menjadikan matematika dan logika sebagai sarana untuk mengetahui alam dan Sang Pencipta. Hal ini karena dewasa ini, banyak ilmuan hebat yang tidak mempercayai keberadaan Sang Pencipta dan mengatasnamakan matematika dan logika sebagai alasan munculnya rasa ketidakpercayaan itu. Dari sana, jelas bahwa matematika dapat membantu atau menyesatkan kita.


Mind Map Pertemuan 1 Kelas Metode Numerik (06/02/2019)

Mindmap.jpg


PERTEMUAN 2 METODE NUMERIK

Metode Numerik yang dilakukan mempermudah kita sebagai calon engineer untuk melakukan perhitungan dengan cepat. Oleh karena itu, banyak permasalahan di dunia yang dapat ditulis dalam rumus matematis dapat kita lakukan perhitungan dengan menggunakan metode numerik demi mendapat nilai yang paling ideal. Optimasi juga dapat dilakukan guna untuk mendapat nilai terbaik atau hasil terbaik dengan waktu yang singkat.

Kasus yang dapat diselesaikan dengan persamaan matematis

1. Optimasi bentuk propeller sehingga propulsi yang dihasilkan seoptimal mungkin

2. Optimasi peletakan kamar mesin sehingga tenaga yang dihasilkan lebih terjaga

PERTEMUAN 3 METODE NUMERIK

Pada pertemuan kali ini kita mempelajari mengenai bahasa pemograman Python. Python dapat kita gunakan untuk memecahkan berbagai macam permasalahan yang ada baik dalam hal matematis ataupun lainnya. Dengan menggunakan python kita dapat membuat sebuah aplikasi atau program yang dapat mempermudah kita melakukan perhitungan ataupun memecahkan masalah yang ada dengan pertimbangan berbagai macam aspek. Python juga dapat digunakan untuk membuat program optimasi yang ada untuk mendapat output terbaik. Kita dapat memecahkan permasalahan matematis seperti aljabar linear, persamaan kuadrat, aritmetika, dan banyak hal lainnya. Kita hanya perlu untuk menterjemahkan output yang kita mau ke dalam bahasa pemograman python.

PERTEMUAN 4 METODE NUMERIK

Pada pertemuan kali ini kita diajarkan mengenai penggunaan numpy untuk menyelesaikan aljabar linear. Kita mengimport numpy pada python dengan tujuan agar module numerical python yang akan dipergunakan untuk menyelesaikan masalah numerik sudah terpasang pada aplikasi yang kita buat. Mengakses numpy dengan syntax "np." seperti np.array atau np.linalg bergantung pada kebutuhan. np.array dipergunakan untuk mengakses sub bab array dari modul numerical python untuk membuat matriks. Syntax print sebuah text harus diberi tanda kutip seperti print("Hello World"). Untuk print sebuah text dan variable a dapat ditulis print("Variabel A adalah" , a). Len() digunakan untuk mengukur panjang baris dari matriks yang ada. Looping pada python bisa dipergunakan syntax for atau if dengan kondisi tertentu sesuai kasus yang ada seperti for k in range(0,n-1). Jarak menjorok ke dalam mengartikan bahwa syntax yang ada adalah bagian dari syntax sebelumnya sehingga saling berkaitan. Kita diajarkan mengenai bagaimana syntax eliminasi gauss jordan pada python

PERTEMUAN 5 METODE NUMERIK

Membahas mengenai peralihan dan peregangan. Apabila luas bangunan tidak dapat dicapai hanya dengan satu lantai maka akan dibuat lantai-lantai baru hingga luas yang dicapai memadai. Optimasi mengenai struktur atau fondasi dari rumah.