Desy Kurniawati

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search

Desy Pertemuan 2 11 February 2019

- Komputasi proses adalah ilmu yang dilakukan oleh orang yang berfikir, dan berakal, dalam hal ini yang dimaksud akal adalah yang selalu ingat dengan Tuhan. - Tuhan itu merupakan zat yang infinity yang mana tidak terpengaruh terhadap apa yang dilakukan hambanya, manusia dalam melakukan keterbatasan. Harta, nafsu, kedudukan merupakan hal yang infinity, sehingga harus ada agama untuk mengendalikannya hingga mencapai finnity, atau keterbatasan, agar tidak melampaui batas. - Akal berasal dari tali, yang jaman dahulu kala akal berarti mengendalikan dengan alat, akal sebagai alat pengendali - ilmu mekanika, adalah ilmu yang mempelajari pergerakan atau mobilitas tertentu. - benda mati tidak memiliki persepsi, hanya karakter sifat bawaan dia, yang memiliki persepsi adalah hewan, tumbuhan, manusia dan makhluk hidup. - persepsi dilakukan pada makhluk hidup yang tidak hanya memiliki otak, karena pada tumbuhan tdk memiliki otak tapi memiliki persepsi atau sense yaitu dengan panca indra. jadi dapat disimpulkan persepsi lebih terhadap panca indra.


- Komputasi bukan pemodelan fisik, tapi pemodelan numerik atau dipecahkan dengan matematis. - sesuatu itu adalah sebuah simplifikasi dari suatu keadaan atau sesuatu sistem yang rumit menjadi pemodelan. - dalam membuat pemodelan harus aerodinamis yang lain yang sesuai keadaan tsb. Di model skala kecil terowongan angin dengan skala dalam pemberian beban/ angin juga hanya 1 arah saja, sehingga simplifikasi ini mengurangi kemiripan yang ada. - persepsi adalah apa yang dia tangkap pakai pancap indramayu atau otaknya. - berfikir adalah orang yang berusaha memahami otak, hati, ke otak lagi - Tuhan yang mempunyai / mengendalikan infinite, infinity bisa maksimum, dan bisa infinity minimum. - Manusia finit, mencapai finite, dengan menggunakan kata. - Kata berasal dari kata tali jaman dulu hewannya bisa kabur pikiran kita diikat dengan dengan tali/ akal. - Atom ada yang positron, elektron dll - manusia yang memakai akal (ratio) adalah orang yang beragama. - harta, nafsu, kedudukan itu infinity, sehingga harus ada agama untuk mengendalikannya hingga finit agar tidak melampaui batas. - tumbuhan memakai pancaindra

Pertemuan 3

Komputasi Teknik dan Simulasi. Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan meggunakan suatu algoritma. Tujuan dari pembelajaran ini: 1. Memahami prinsip-prinsip dasar dari komputasi teknik . bahasa pengantar nya dapat berupa matlab, html, dll. 2. Mampu mengaplikasikan konsep dalam alogaritma. 3. Menambah values pelajaran. Secara umum komputasi memiliki perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah dalam Teknik Mesin. Model pembelajaran seseorang adalah sebuah penyederhanaan untuk memudahkan dalam mengaplikasikan. Yang harus dimiliki oleh seseorang adalah pengetahuan, ketrampilan dan values dalam belajar komputasi teknik dan simulasinya dibandingkan dengan waktu pembelajaran.

Materi pembelajaran adalah: 1. Engineering (Mechanical) dan Mathematic Review

    Dibahas tentang pengetahuan dasar engineering dan matematika dalam penerapan aplikasi yang ada.

2. Computer System

   Dibahas tentang sebuah sistem komputerisasi atas elemen-elemen yang bekerja sama dengan sebuah    
   pengaturan dalam mencapai suatu tujuan.

3. Alogaritma

   Dibahas tentang bagaimana prosedur atau langkah formulasi dalam menghitung/memproses suatu
  angka dengan tujuan mendapatkan hasil.

4. Progamming dan Metoda Numerik

   Dibahas bagaimana menggunakan satu atau lebih alogaritma yang saling berhubungan dengan menciptakan/menggunakan pemprograman yang berkaitan dengan alogaritma tersebut.

5. Aplikasi Sistem Komputer

   Dibahas tentang penggunaan aplikasi komputer.

6. CAE (COmputer Aided Engineering)

   Dibahas bagaimana menggunakan software dalam aplikasi CAE dengan bantuan komputer.

7. Case Studies

   Dibahas bagaimana memecahkan masalah di Teknik Mesin dengan komputasi teknik dan simulasinya.

Dalam belajar penting memiliki motivasi yang kuat agar pantang menyerah.

Pertemuan 4

Quiz, memodelkan usaha penyewaan rumah yang dirancang dari pembiayaan, modal, beban pembiayaan, keuntungan per bulan untuk penghitungan dalam setahun, agar didapat nilai BEP (Break Even Point) yang kemudian dapat diketahui bahwa dengan usaha yang dijalankan, maka balik modal murni keuntungan didapatkan, hingga berapa tahun modal akan terbayar dengan keuntungan yang didapat. dan dari pemodelan yang saya lakukan membuka rumah sewa untuk mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) yang memiliki kapasitas 6 kamar, yang dengan analisa perhitungan didapat BEP 9 tahun.

Setelah quiz, kami diajarkan mengenai cara menghitung nilai maksimum dan minimum, dalam hal ini dijelaskan mengenai nilai maksimum dari suatu batang yang akan dijadikan pagar, luas pagar maksimum dari panjang pagar yang dimilikki, dengan EES.

Pertemuan 5 (4 Maret 2019)

Apa yang diperoleh dari pembelajaran kita selama masa belajar yang telah lampau. Menurut Einstein, Pendidikan adalah yang tertinggal di benak kita.

Kita akan melanjutkan pembelajaran mengenai SAP yang nantinya akan dipakai untuk menentukan kekuatan suatu bangunan, kenapa itu penting karena jika akan membangun bangunan beberapa lantai perlu diperhatikan mengenai beban yang ditahan oleh pondasi bangunan, dan dalam mendesain seharusnya didapat desain yang memudahkan tidak menyusahkan.