Difference between revisions of "Cornelia Christiani Vianney"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Pertemuan 2 (18/11/2020))
Line 85: Line 85:
  
 
Membuat sebuah kelas fungsi dan kelas pemanggil untuk menyelesaikan persamaan simultan (bisa berupa kasus nyata)
 
Membuat sebuah kelas fungsi dan kelas pemanggil untuk menyelesaikan persamaan simultan (bisa berupa kasus nyata)
 +
 +
 +
Disini saya baru mencoba menyelesaikan SPL dengan metode matriks (array) dari 10 persamaan dengan 10 variabel.

Revision as of 08:49, 25 November 2020

Perkenalan

alt text

Nama Lengkap : Cornelia Christiani Vianney

Nama Panggilan : Christin

NPM : 1806149066

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 29 Juni 2000

Jurusan : Teknik Mesin

Angkatan : 2018


Saya adalah seorang mahasiswa semester 5 di Departemen Teknik Mesin jurusan teknik mesin. Saya bersyukur bisa berada sampai pada tahap ini karena berkat dan pertolongan Tuhan yang mengijinkan saya mendapatkan jurusan teknik mesin di UI ini. Pada bagian ini, saya akan belajar mengenai Metode Numerik. Saya berharap melalui pembelajaran mata kuliah ini, saya dapat menggunakannya dan mengaplikasikannya untuk menyelesaikan masalah yang akan saya hadapi ke depannya juga untuk membantu orang lain.





Review Materi Sebelumnya

Selama setengah semester sebelumnya, mata kuliah metode numerik ini diajar oleh bapak Dr. Ir. Engkos A. Kosasih, M.T. Disini saya belajar mengenai beberapa hal, antara lain :

  • penghitungan deret Taylor dan McLaurin dengan metode forward, center, dan backward dan penghitungannya dalam Excel;
  • menghitung akar-akar persamaan dengan metode Bisection, Secant, dan Newton Raphson serta pengaplikasiannya melalui Excel;
  • menyelesaikan sistem persamaan menggunakan deret Taylor;
  • serta mencari nilai interpolasi dan regresi linier menggunakan matriks.

Yang masih saya kurang pahami adalah mengenai code yang dapat digunakan di aplikasi, karena sebelumnya kurang dijelaskan dan cara pengaplikasiannya pun juga masih belum terbayang.

Pertemuan 1 (11/11/2020)

Pada pertemuan pertama setelah UTS ini, Pak Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara meminta mahasiswa untuk membuat akun pada situs wiki air. Kami dijelaskan langkah-langkah membuat halaman baru berjudulkan nama lengkap kami masing-masing. Halaman ini yang nantinya akan digunakan sebagai update review tiap minggu pertemuan dan sebagai wadah menuangkan pemikiran dari tugas-tugas yang diberikan. Selain itu, beliau juga memaparkan tujuan pembelajaran mata kuliah metode numerik ini, yaitu :

  • memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar dalam metode numerik;
  • mengerti aplikasi dari metode numerik;
  • mampu menerapkan metode numerik dalam persoalan teknik;
  • dan untuk mendapat nilai tambah sehingga kita bisa menjadi orang yang lebih beradab.

Kami diingatkan juga bahwa meskipun kita menggunakan komputer sebagai salah satu media penghitungan, komputer juga memiliki batasan penghitungan yang sebenarnya masih dapat dihitung oleh manusia. Manusialah yang berperan sebagai subjek yang pintar dalam mengoperasikan komputer.


Tugas Minggu I

  • Mempelajari aplikasi Open Modelica melalui video youtube dan memberikan tautan link hasil pembelajaran.

Saya coba mempelajari aplikasi Open Modelica melalui video berikut :

Hasil pembelajaran saya dapat dilihat melalui video :


Pertemuan 2 (18/11/2020)

Hari ini kembali diingatkan oleh Pak Dai bahwa orang yang beruntung adalah orang yang menjalani hari ini lebih baik dari hari kemarin, yang memiliki gradien hidup positif. Apabila seseorang menjalani hari ini tidak berbeda dari hari kemarin, maka gradien nya 0, dan apabila hari ini justru malah lebih buruk dari hari kemarin, maka gradiennya negatif. Kami juga diminta untuk mencoba merenungkan apa yang telah didapat dari mata kuliah sebelumnya. Untuk materi yang disampaikan berupa penggunaan open modellica dengan kelas 'class' dan 'function', yaitu dimana kita menuliskan fungsi pada kelas 'function' kemudian kita panggil melalui kelas 'class'.


Diberi contoh fungsi yang digunakan sebagai berikut, dan diberi nama file 'fungsitmbhx1'

Function.png


Kemudian dibuat kelas yang memanggil fungsi tersebut, diberi nama 'Kelaspanggil' dan kita misalkan nilai x1=5

Class.png


Maka akan kita dapatkan hasil sebagai berikut

Hasil Class-function.png

Dengan nilai x1 yang dapat diubah sesuai kebutuhan.


Tugas Minggu II

Membuat sebuah kelas fungsi dan kelas pemanggil untuk menyelesaikan persamaan simultan (bisa berupa kasus nyata)


Disini saya baru mencoba menyelesaikan SPL dengan metode matriks (array) dari 10 persamaan dengan 10 variabel.