Budi Ismoyo

From ccitonlinewiki
Revision as of 19:14, 24 March 2019 by Budi Ismoyo (talk | contribs)
Jump to: navigation, search

Profil

Budi Ismoyo.JPG

Nama : Budi Ismoyo

NPM : 1706991901

Bidang Peminatan : Konversi Energi

Program Studi : S2 Teknik Mesin


Resume Diskusi Kelas Komputasi Teknik, Senin 4 Februari 2019

Komputasi Teknik

Tujuan dari mata ajaran ini adalah agar mahasiswa mengetahui dengan baik dan mampu menerapkan proses dan metoda (algoritma) perhitungan (numerik dan analitik) keteknikan dalam dunia komputasi secara riil berbasis komputer dan parameter yang mempengaruhi kecepatan dan keakuratan hasil perhitungan. Mahasiswa dalam mata kuliah komputasi teknik diharapkan mampu memahami kriteria dalam melakukan komputasi.

Objective :

1. Mahasiwa mampu memahami mengenai konsep algoritma, matematik model, iterasi, error dll

2. Mahasiswa bisa lebih mengenal diri, karena yang bisa melihat perubahan kita adalah diri kita sendiri.

Komponen Komputer Modeling :

1.Software

2.Hardware

3.Brainware : konsep model

Dalam komputer modeling, software dan hardware hanyalah tools sehingga diperlukan kriteria-kriteria komputasi. Brainware dari user merupakan komponen terpenting agar data, model yang dimasukkan ke dalam tools sudah sesuai kriteria yang dibutuhkan oleh tools dan kriteria engineering lainnya agar output yang dihasilkan dapat diterima analisisnya. Sehingga untuk mampu merangkai alur komputasi yang baik, diperlukan user yang berakal. Berakal yang dimaksud disini menurut saya, bahwa manusia diciptakan Tuhan Yang Maha Esa diberi karunia daya cipta, rasa dan karsa sebagai ciptaan-Nya dan dibekali tuntunan agar tetap bersikap tetap rendah hati, lemah lembut dan sabar.

Konsep 'Infinite'

Konsep infinite, merupakan sesuatu yang tidak terbatas, tanpa akhir, tanpa batas. Tiga tipe utama infinite dapat dibedakan: matematika, fisik, dan metafisik. Matematis terjadi, misalnya, sebagai ukuran urutan penghitungan angka tanpa akhir: 1, 2, 3,….dst. Fisika ketika seseorang bertanya apakah alam semesta akan bertahan selamanya. Metafisik tentang Tuhan, ada pertanyaan apakah entitas tertinggi harus tanpa batas dan apakah hal-hal yang lebih kecil juga bisa tanpa batas.

Bagaimana anda menjelaskan secara rasional atas pertanyaan berapa nilai (x^2-1)/(x-1) jika x=1 ?

Jawaban dari pertanyaan diatas apabila dikerjakan secara langsung dengan memasukkan x=1 maka penyebut menjadi sama dengan 0 sehingga y menjadi tidak terdefinisi. Namun secara rasional apabila kita hitung dengan numerik berdasar nilai x mendekati 1 baik dibawah maupun diatasnya maka diperoleh y ≈ 2


Tabel penyelesaian dengan numerik :

Math Budi Ismoyo.JPG




Resume Diskusi Kelas Komputasi Teknik, Senin 11 Februari 2019

Permodelan (Modeling)

Penggunaan akal untuk memaknai sesuatu konsep agar lebih mendalam pemahaman dan manfaatnya bagi kehidupan. Orang yang menggunakan akal adalah orang yang selalu memikirkan penciptanya dan segalah hal dari hasil penciptaan Nya.

Ilmu mekanik adalah disiplin ilmu yang mempelajari gerak laku sebuah benda. material disini memiliki arti luas tidak terbatas pada material logam, tapi seluruh material baik tubuh manusia, angina, tumbuhan dan seterusnya. Sebuah gaya adalah tarikan atau dorongan. jadi mekanikal bisa berbentuk fisik atau non fisik. Dalam fisik, gaya berlaku pada suatu materi.


No persepsi : benda mati

Persepsi : tumbuhan, hewan dan manusia

Akal (rasio) : manusia yang beragama selalu ingat Tuhan, bisa menjaga dari pikiran-pikiran yang melampaui batas. Dari kemampuan akal manuasia bisa memberi judgement.


Model : simplifikasi/penyederhanaan dari suatu keadaan/sistem yang rumit

Permodelan : permodelan fisik & permodelan matematis (bisa diselesaikan dengan numerik)


Alur Permodelan

1. Permodelan Masalah (problem) : Geometri & Material agar diperoleh design yang kokoh, kuat, ekonomis. Permodelan terstruktur merupakan permodelan yang merujuk standard tertentu misal, design vessel berdasar standard ASME. Tidak terstruktur misal dalam mendesign berdasar rule of thumb.

2. Pemikiran Awal (Analisis Awal) >> semua hipotesis (sesuatu yang perlu dibuktikan kebenarannya) kecuali kitab suci (the truly of thesis). Harus memiliki pengetahuan terkait objek yang dianalisis.

3. Algoritma

4. Model Komputasi

5. Simulasi (menjalankan model)

6. Hasil perhitungan (verifikasi dan validasi). Disini kita melakukan validasi (pengecekan persamaannya sudah benar atau belum) dan verifikasi (pengecekan apakah hasil perhitungan dari persamaan sudah benar)

7. Report (jika proses verifikasi dan validasi OK)


Chart Budi.JPG

Semakin sederhana model semakin baik, tujuan model adalah untuk mempermudah kita mempelajari behavior objek yang dimodelkan.




Resume Diskusi Kelas Komputasi Teknik, Senin 18 Februari 2019

Orang mencari ilmu bertujuan untuk mendapatkan hikmah, bukan untuk mencari kekayaan maupun popularitas.

Data -> Informasi -> Pengetahuan -> Ilmu -> Hikmah

Untuk mencapai hal tersebut mahasiswa harus (fine tuned) yaitu menyamakan gelombang atau frekuensi pemahaman agar tidak salah tujuan dalam pembelajaran. Tujuan yang paling mendasar dari referensi komputasi teknik adalah menemukan Hikmah. Berdasarkan pada sila ke-4 dari Pancasila yang berbunyi : “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”, terdapat kata hikmah yang memiliki makna mendalam tujuan yang sangat mendasar dari proses pembelajaran dan pengkajian ilmu yang sudah merupakan hasil yang dapat diakui. Setiap orang maupun benda masing-masing memiliki yang namanya frekuensi pribadi. Frekuensi pribadi adalah frekuensi dari sistem getaran bebas (free vibration) dimana apabila terdapat sistem lain dengan frekuensi yang sama akan terjadi resonansi dengan getaran akan semakin kuat.

Pada mata kuliah komputasi Teknik terdapat tugas-tugas yang akan diselesaikan secara bertahap dan diakhir semester memiliki rancangan rumah dengan optimasi dan biaya yang dikeluarkan.

DATA INFORMASI PENGETAHUAN ILMU HIKMAH

Sistematika Komputasi Teknik

Dalam penyelesaian masalah dalam komputasi Teknik adapun sistematika yang harus diikuti adalah sebagai berikut :

1. Analisa masalah

Analisa masalah adalah suatu pemikiran untuk menyelesaikan masalah untuk menghasilkan langkah-langkah solusi. Pada proses analisa masalah terdapat 2 jenis masalah yaitu terstruktur dan tidak terstruktur. Terstruktur adalah jika suatu permasalahan sudah ada acuan atau rumus pasti dalam penyelesaiannya sehingga proses penyelesaiannya adalah dengan menggunakan acuan tersebut. Sedangkan tidak berstruktur adalah jika tidak ada role atau acuan yang sesuai maka dilakukan analisis masalah bagaimana penyebab dan solusi yang mungkin bisa digunakan untuk permasalahan tersebut.

2. Pemodelan

Tujuan suatu pemodelan adalah untuk menganalisa dan memberi prediksi yang dapat mendekati kenyataan sebelum sistem di terapkan. Selain itu tujuan dari pemodelan adalah untuk memudahkan dan lebih memahami permasalahan yang akan diselesaikan.

3. Simulasi

Simulasi bertujuan untuk memudahkan kita untuk melihat behavior dari hal dianalisis dari awal.

4. Cek hasil

Dari hasil yang diperoleh harus dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dalam pengecekan hasil ini dikenal dengan 2 metode yaitu sebagai berikut :

a. Verifikasi

Verifikasi adalah menguji apakah kita bisa menyelesaikan model matematisnya dengan benar, pengujian secara verifikasi dilakukan secara teoritis benar atau salah. Verifikasi adalah proses pemeriksaan apakah logika operasional model (program komputer) sesuai dengan logika diagram alur. Kalimat sederhananya, apakah ada kesalahan dalam program?

b. Validasi

Validasi adalah apakah kita sudah menyelesaikan persamaan yang benar. Validasi adalah proses penentuan apakah model, sebagai konseptualisasi atau abstraksi, merupakan representasi berarti dan akurat dari sistem nyata?

5. Solusi dan Rekomendasi

Solusi adalah jalan keluar atau jawaban dari suatu masalah. Sedangkan rekomendasi adalah usulan yang dapat disampaikan dari hasil pemecahan masalah. Jadi dari hasil verifikasi dan validasi yang dinyatakan sudah atau dipastikan benar, maka hasil akhir yang dapat menjadi sebuah luaran yang dimanfaatkan adalah berupa solusi permasalahan atau rekomendasi sebagai perbaikan dan saran-saran sesuai dari analisa hasil simulasi pemodelan.


Resume Diskusi Kelas Komputasi Teknik, Senin 25 Februari 2019


Resume Diskusi Kelas Komputasi Teknik, Senin 4 Maret 2019

Hal yang cukup utama dalam memaknai berhasil tidaknya pendidikan yang dijalani adalah memahami sejauh mana yang diajarkan dalam dunia pendidikan tertanam dalam benak kita.

Penyelesaian dengan pendekatan matematika pada awalnya berasal dari aksioma-aksioma yang berkembang menjadi teorema matematik untuk meyelesaikan suatu permasalahan yang dapat dimodelkan secara matematik. Objek-objek yang diukur secara kontinyu perlu model matematik sehingga keterkaitan antar data yang kompleks dapat disederhanakan dalam model matematik tersebut.


Resume Diskusi Kelas Komputasi Teknik, Senin 11 Maret 2019

Sharing permasalahan yang dihadapi dalam menyelesaikan persoalan desain struktur dengan menggunakan software frame3dd.

Dalam kesempatan kuliah kali ini dibahas terkait pengoperasian software frame3dd dengan inti yang dapat dipelajari adalah sebagai berikut :

1. Frame3dd memberikan pembelajaran pengoperasian software secara terstruktur mulai dari membuat koordinat noda dan menghubungkan antar noda menjadi satu kesatuan struktur yang dianalisa.

2. Dalam melakukan input profil objek material dan propertiesnya diperlukan penguasaan terhadap dasar teori simulasi yang akan dipakai misal :

 Truss Beam.JPG

Bagaimana bentuk profil A, L secara aktual dan bagaimana pendefinisian didalam simulasi perlu dipelajari.

3. Intepretasi terhadap hasil simulasi merupakan poin utama, namun sampai saat ini masih terus dicoba bagaimana cara mengintepretasikan data yang dihasilkan sepenuhnya belum bisa dipahami.



Resume Diskusi Kelas Komputasi Teknik, Senin 11 Maret 2019

Konsep : ide/gagasan yang dinarasikan

Dinamika : mempelajari interaksi gaya dari suatu fenomena, interaksi tersebut dipelajari penyebabnya. Sifat dinamis dari sebuah struktur umumnya ditandai dengan frekuensi pribadi/natural struktur tersebut.

Kinematika : mempelajari gerak dari suatu benda tanpa memperhatikan penyebab gerak tersebut.


Studi Kasus

Tugas Membuat Desain Rumah :

Desain Rumah 2 Lantai, Desain Pondasi dengan EES : [[1]]

Desain Rumah 2 Lantai, Struktur Biaya : [[2]]

Analisa Truss Atap Rumah dengan Baja Ringan menggunakan Frame3DD : [[3]]

Desain Kolom Rumah 2 Lantai dengan Struktur Beam menggunakan Frame3DD : [[4]]

Simulasi Struktur Balok dengan Frame3DD : [[5]]