Difference between revisions of "Bagus Arya Tjitrosoemarto"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 7: Line 7:
  
 
Rabu,6 Pebruari 2019.
 
Rabu,6 Pebruari 2019.
 +
 
Pengajar Mata Kuliah Metode Numerik :
 
Pengajar Mata Kuliah Metode Numerik :
 
1. Dr. Ahmad Indra
 
1. Dr. Ahmad Indra

Revision as of 22:23, 17 February 2019

Rabu, 13 Pebruari 2019.

Proses-proses pemyelesaian masalah teknik : Masalah teknis ->Model matematis ->Metode Numerik ->Algoritma ->Program komputer ->Hasil numerik ->Visualisasi ->Inteprestasi ->Solusi engineering

Dalam menyelesaikan masalah teknis terdapat 3 tahapan yaitu : 1. Teori, 2. Percobaan, 3. Komputasi

Rabu,6 Pebruari 2019.

Pengajar Mata Kuliah Metode Numerik : 1. Dr. Ahmad Indra 2. Dr. Gunawan

Tujuan perkuliahan Metode Numerik : 1. Memahami konsep atau prinsip dan mampu menerapkannya 2. Menjadi pribadi yang lebih mengenal dirinya

Metode numerik adalah suatu cara pemecahan perhitungan matematika rumit menjadi lebih sederhana dengan metode pendekatan. Metode numerik memiliki error pada solusi yang dihasilkan.

Pembalajar metode numerik secara garis besar dapat digambarkan : 1. Algoritma

  I. Flowchart
  II. Programming
  III. Metode Iterative

2. Penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan 3. Differential dan integral 4. Optimasi 5. Studi kasus

Salah satu referensi yang disarankan adalah Kreyszig : Advanced Engineering Mathematics

Salah satu contoh soal yang diberikan : A=(x^2-1)/(x-1);jika x=1 berapakah A? Berdasarkan kalkulus, lim x->1(x^2-1)/(x-1)didapat A = 2. Hal tersebut menyatakan bahwa nilai 1 tidak ada, melainkan hanya ada angka yang mendekati 1 agar A memiliki nilai.

Salah satu prasyarat mata kuliah metode numerik adalah menjadi mahasiswa yang berakal.