Difference between revisions of "Arnold layuk mairi"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Hasil Asistensi (25 Februari 2020))
 
(18 intermediate revisions by the same user not shown)
Line 15: Line 15:
  
 
Selama saya sekolah, saya sudah pernah mempelajari tentang HTML, akan tetapi berhenti mempelajarinya ketika saya menginjak bangku SMA.
 
Selama saya sekolah, saya sudah pernah mempelajari tentang HTML, akan tetapi berhenti mempelajarinya ketika saya menginjak bangku SMA.
 
 
 
 
  
  
Line 58: Line 54:
  
 
Hasil proses pengerjaan saya dengan manual
 
Hasil proses pengerjaan saya dengan manual
 +
 +
  
 
== Pertemuan Kedua  ==
 
== Pertemuan Kedua  ==
Line 66: Line 64:
  
 
[[File:soal.jpg|700px|thumb|left|Source : Jaan Kiusalaas - Numeric Methods in Python 3]]
 
[[File:soal.jpg|700px|thumb|left|Source : Jaan Kiusalaas - Numeric Methods in Python 3]]
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 
 +
 +
 +
 +
  
 
== Tugas 2 ==
 
== Tugas 2 ==
 +
 +
  
 
1. My choice
 
1. My choice
 +
 +
  
 
Dikerjakan secara manual
 
Dikerjakan secara manual
Line 104: Line 120:
  
 
Hasil Eror
 
Hasil Eror
 
  
 
== Presentasi ==
 
== Presentasi ==
Line 179: Line 194:
 
[[File:Popo4.PNG|300px|thumb|left|]]
 
[[File:Popo4.PNG|300px|thumb|left|]]
  
== Tugas 3 ==
 
  
Mencari Soal dan menyelesaikan permasalahan dengan Range Kutta
 
  
  
  
Soal :
 
  
  
  
[[File:Pipi8.PNG|500px|thumb|left|]]
 
  
  
Line 220: Line 231:
  
  
Cara Penyelesaian Soal dengan  Metode Range Kutta (menggunakan Python) :
 
  
  
  
[[File:Pipi6.PNG|500px|thumb|left|]]
 
  
  
Line 258: Line 267:
  
  
 +
 +
== Tugas 3 ==
 +
 +
Mencari Soal dan menyelesaikan permasalahan dengan Range Kutta
 +
 +
 +
 +
Soal :
 +
 +
 +
 +
[[File:Pipi8.PNG|500px|thumb|centre|]]
 +
 +
 +
 +
Cara Penyelesaian Soal dengan  Metode Range Kutta (menggunakan Python) :
 +
 +
 +
 +
[[File:Pipi6.PNG|500px|thumb|centre|]]
  
  
Line 268: Line 297:
  
  
== Tugas CDFSOF ==
+
== Tugas 4 ==
  
 
1. Masukkan file UssALbacore.stl ke CFDSOF
 
1. Masukkan file UssALbacore.stl ke CFDSOF
Line 321: Line 350:
 
[[File:asis3-3.PNG|500px|thumb|centre|]]
 
[[File:asis3-3.PNG|500px|thumb|centre|]]
  
== Boundary Problem ==
+
== Tugas 5 ==
  
 
[[File:yoo1.jpg|500px|thumb|centre|]]
 
[[File:yoo1.jpg|500px|thumb|centre|]]
  
 
[[File:yoo2.jpg|500px|thumb|centre|]]
 
[[File:yoo2.jpg|500px|thumb|centre|]]
 +
 +
== Tugas 6 ==
 +
 +
Contoh soal yang diberikan ialah Toni mempunyai sebuah kayu sepanjang 20 meter. Lalu Toni ingin menjadikan kayu itu menjadi pagar untuk melindungi rumahnya dari pencuri. Ia ingin memiliki seluas mungkin area halaman rumah yang ia huni sekarang tetapi panjang pagar tidak boleh kurang dari 8 meter. Toni mengoptimasi kayu tersebut menjadi pagar yang memiliki Luas maksimum dengan cara?
 +
 +
Menggunakan Anaconda -> Jupyter notebook
 +
 +
[[File:Tugas6arnold.PNG|2000px|thumb|centre|]]
 +
 +
 +
== Tugas 7 ==
 +
 +
Ada seorang anak ingin membuat maket. untuk membuat maket, diperlukannya gabus. anak tersebut hanya memiliki gabus sepanjang 150 cm. untuk membuat maket seluas mungkin, berapakah luasnya?
 +
 +
Jawaban : menggunakan anaconda -> Jupyter Notebook
 +
 +
[[File:Zoom_0.mp4|5000px|thumb|centre|]]
 +
 +
 +
 +
 +
== UTS ==
 +
 +
Mencari Drag pada kapal menggunakan cfdsof
 +
 +
https://www.youtube.com/watch?v=9U39f20GsL4
 +
 +
Kapal yang saya buat di inventor
 +
 +
[[File:Auvarnold.PNG|2000px|thumb|centre|]]

Latest revision as of 23:31, 3 April 2020

Arnold layuk Mairi





Biografi

Nama saya Arnold Layuk Mairi. Saya Berkuliah di Universitas Indonesia jurusan Teknik Perkapalan melalui jalur SNMPTN. Saya memiliki nomor NPM, yaitu: 1806149601. Di selama perkuliahan ini saya terlah mengikuti organisasi IMM ( bidang Humas ) dan sekarang sedang menjalani KPD HTW, yang bergerak diperduniaan RC Boat. setelah lulus dari Teknik Perkapalan berharap dapat menjadi orang yang berguna di lingkungan saya.

Selama saya sekolah, saya sudah pernah mempelajari tentang HTML, akan tetapi berhenti mempelajarinya ketika saya menginjak bangku SMA.





Pertemuan Pertama

Pada tanggal 7 februari 2020 saya perkenalan dan diajarkan wiki oleh dosen. ketika mata kuliah berlangsung saya diajarkan membuat profil saya sendiri di web air.eng.ac.id. ketika membuat profil, saya diajarkan untuk mempost foto dan tulisan. selain itu, saya diajarkan untuk membuat nama kita di main page untuk dijadikan absen. diakhir pelajaran, kami juga diajarkan untuk menjadi mahasiswa yang berintegrasi dan taat kepada Tuhan.

Tugas Pertama

Tugas Pertama


Saya menggunakan aplikasi python untuk menyelesaikan fungsi diatas.

Proses pengerjaan :

1. memasuki format def untuk mendefinisikan suatu fungsi

2. memasuki format print untuk menyatakan hasil di aplikasi python

3. memasuki format int untuk membaca angka di aplikasi python

4. memasuki format input untuk menginput data


Tugas Pertama


Hasil proses pengerjaan saya dengan menggukan aplikasi python


Tugas Pertama


Hasil proses pengerjaan saya dengan manual


Pertemuan Kedua

Pertemuan kali ini, saya diawali dengan mereview ulang materi minggu lalu. setelah itu, dosen mengajak mahasiswanya untuk terbuka tentang mata kuliah metode numerik. dosen mengajarkan kepada kita tentang menghargai ilmu, dimana kita mempelajari metode numerik itu hanya tetesan air di laut yang luas.oleh karena itu, kami diajarkan untuk selalu menghargai dan tetap tekun untuk mencari ilmu. selama perkuliahan, dosen juga meminta kepada kami untuk mencari soal yang menarik di ebook yang diberikan.

Data -> Informasi -> pengetahuan -> ilmu yang bermanfaat ->hikmah -> hidayah

Source : Jaan Kiusalaas - Numeric Methods in Python 3








Tugas 2

1. My choice


Dikerjakan secara manual


Source : Jaan Kiusalaas - Numeric Methods in Python 3




Source :manual




2. Initial Value Problems

dikerjakan secara manual

Source :manual

dikerjakan dengan menggunakan python

Source : Python

Hasil dari python

Source : Python

Hasil Eror

Presentasi

Fotoarnold1.jpg
Fotoarnold2.jpg
Fotoarnold3.jpg
Fotoarnold4.jpg
Fotoarnold5.jpg






























Asistensi 1

Popo1.PNG
Popo2.PNG
Popo3.PNG
Popo4.PNG






































Tugas 3

Mencari Soal dan menyelesaikan permasalahan dengan Range Kutta


Soal :


Pipi8.PNG


Cara Penyelesaian Soal dengan Metode Range Kutta (menggunakan Python) :


Pipi6.PNG


Hasil Menggunakan Python :


Pipi7.PNG


Tugas 4

1. Masukkan file UssALbacore.stl ke CFDSOF

Cfdean1.PNG

2. ganti data-data Geometry Mesh sebagai berikut :

Cfdean2.PNG

3. ganti data-data Base Mesh sebagai berikut :

Cfdean3.PNG

4. ganti data-data Generate Mesh sebagai berikut, lalu di generate

Cfdean4.PNG

5. Hasil Generate Mash :

Cfdean5.PNG

6. Lalu klik check mesh

7. setelah itu, ganti data simulation sebagai berikut :

Cfdean6.PNG

8. Lalu, mengganti data water di fluid properties

Cfdean7.PNG

9. selanjutnya, ubah Boundary condition

   Face name : inlet 1 
   boundary condition type : velocity inlet

10. lalu klik CFD Solve

11. lalu run solver

12. mendapatkan grafik


NB : hasil saya eror karena di boundary condition saya, box face name tidak dapat diganti

Asistensi 3

Asis3-1.PNG
Asis3-2.PNG
Asis3-3.PNG

Tugas 5

Yoo1.jpg
Yoo2.jpg

Tugas 6

Contoh soal yang diberikan ialah Toni mempunyai sebuah kayu sepanjang 20 meter. Lalu Toni ingin menjadikan kayu itu menjadi pagar untuk melindungi rumahnya dari pencuri. Ia ingin memiliki seluas mungkin area halaman rumah yang ia huni sekarang tetapi panjang pagar tidak boleh kurang dari 8 meter. Toni mengoptimasi kayu tersebut menjadi pagar yang memiliki Luas maksimum dengan cara?

Menggunakan Anaconda -> Jupyter notebook

Tugas6arnold.PNG


Tugas 7

Ada seorang anak ingin membuat maket. untuk membuat maket, diperlukannya gabus. anak tersebut hanya memiliki gabus sepanjang 150 cm. untuk membuat maket seluas mungkin, berapakah luasnya?

Jawaban : menggunakan anaconda -> Jupyter Notebook



UTS

Mencari Drag pada kapal menggunakan cfdsof

https://www.youtube.com/watch?v=9U39f20GsL4

Kapal yang saya buat di inventor

Auvarnold.PNG