Difference between revisions of "Arief Kurniawan"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 21: Line 21:
 
Pertemuan pertama dibuka dengan Bapak Dr. Ahmad Indra Siswantara yang biasa disapa Pak Dai, beliau membuka dengan bertanya kepada kami "apakah kalian mengenal saya?" walaupun tidak ada yang angkat tangan, 50% mahasiswa dikelas pasti mengenal beliau. Setelah itu kami dijelaskan tentang mata kuliah Metodologi Numerik ini, kemudian mulai membuat akun dan mengisi pengalaman kami di Wiki ini. Diakhir jam kuliah beliau memberi kami tugas untuk menyelesaikan perhitungan dengan menggunakan program.
 
Pertemuan pertama dibuka dengan Bapak Dr. Ahmad Indra Siswantara yang biasa disapa Pak Dai, beliau membuka dengan bertanya kepada kami "apakah kalian mengenal saya?" walaupun tidak ada yang angkat tangan, 50% mahasiswa dikelas pasti mengenal beliau. Setelah itu kami dijelaskan tentang mata kuliah Metodologi Numerik ini, kemudian mulai membuat akun dan mengisi pengalaman kami di Wiki ini. Diakhir jam kuliah beliau memberi kami tugas untuk menyelesaikan perhitungan dengan menggunakan program.
  
  '''Tugas Pertama'''
+
== Tugas Pertama ==
  Menyelesaikan fungsi tersebut menggunakan pemograman
+
Menyelesaikan fungsi tersebut menggunakan pemograman
  [[File:fungsi_12.PNG]] jika X = 1 berapakah nilai F(x) = ?
+
[[File:fungsi_12.PNG]] jika X = 1 berapakah nilai F(x) = ?
  jika secara manual soal tersebut dapat dikerjakan dengan menyederhanakan terlebih dahulu nilai dari x^-1 menjadi seperti ini
+
jika secara manual soal tersebut dapat dikerjakan dengan menyederhanakan terlebih dahulu nilai dari x^-1 menjadi seperti ini
  [[File:fungsi13.PNG]] kemudian akan didapatkan nilai F(1) = 2
+
[[File:fungsi13.PNG]] kemudian akan didapatkan nilai F(1) = 2
  
  Untuk menyelesaikan soal tersebut dengan pemograman saya menggunakan aplikasi Phyton dengan memasukan perintah seperti ini
+
Untuk menyelesaikan soal tersebut dengan pemograman saya menggunakan aplikasi Phyton dengan memasukan perintah seperti ini
  [[File:phytonakur.PNG]]  
+
[[File:phytonakur.PNG]]  
  ini adalah perintah yang dibuat yang akan di jalankan
+
ini adalah perintah yang dibuat yang akan di jalankan
  
  [[File:phytonakur2.PNG]]  
+
[[File:phytonakur2.PNG]]  
  dan ini adalah hasil dari perintah yang telah di jalankan
+
dan ini adalah hasil dari perintah yang telah di jalankan
  
  Dapat dilihat jika kita memasukan nilai X=1 makan hasil tersebut akan muncul = 2 sesuai dengan persamaan pada soal, dan ketika kita
+
Dapat dilihat jika kita memasukan nilai X=1 makan hasil tersebut akan muncul = 2 sesuai dengan persamaan pada soal, dan ketika kita
  memasukan nilai X=2,3,4, ... maka akan otomatis terhitung sesuai perintah yang telah dibuat.
+
memasukan nilai X=2,3,4, ... maka akan otomatis terhitung sesuai perintah yang telah dibuat.
  
  
Line 46: Line 46:
 
Pertemuan kedua kami mempelajari dasar-dasar filsuf kenapa nilai 1/1 meiliki hasil 1, 2/2 memiliki hasil 2, 3/3 memiliki hasil 1 tetapi 0/0 tidak memiliki hasil 1. lalu kami juga mempelajari apa itu maksud dan makna dari KEM, KEM merupakan singkatan dari ('''Ketidaktahuan''','''Egois''' dan '''Malas''') ini merupakan masalah-masasalah yang saat ini dihadapi oleh para millenial saat ini. untuk itu kita sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran harus memiliki ilmu, tidak egois serta aktif pada suatu kegiatan tertentu atau bekerja. Dan kami juga diminta untuk memilih soal pada buku '''Numerical Methods With Engineering Python 3''' untuk dikerjakan sebagai PR pada minggu depanya.  
 
Pertemuan kedua kami mempelajari dasar-dasar filsuf kenapa nilai 1/1 meiliki hasil 1, 2/2 memiliki hasil 2, 3/3 memiliki hasil 1 tetapi 0/0 tidak memiliki hasil 1. lalu kami juga mempelajari apa itu maksud dan makna dari KEM, KEM merupakan singkatan dari ('''Ketidaktahuan''','''Egois''' dan '''Malas''') ini merupakan masalah-masasalah yang saat ini dihadapi oleh para millenial saat ini. untuk itu kita sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran harus memiliki ilmu, tidak egois serta aktif pada suatu kegiatan tertentu atau bekerja. Dan kami juga diminta untuk memilih soal pada buku '''Numerical Methods With Engineering Python 3''' untuk dikerjakan sebagai PR pada minggu depanya.  
  
  '''Tugas Kedua 01'''
+
== Tugas Kedua 01 ==
  Pada tanggal 14 Februari 2020, kami di kelas Metodologi Numerik, di haruskan mencari soal untuk dikerjakan sebagai tugas pada minggu berikutnya,  
+
Pada tanggal 14 Februari 2020, kami di kelas Metodologi Numerik, di haruskan mencari soal untuk dikerjakan sebagai tugas pada minggu berikutnya,  
  saya memilih soal Matriks Invers pada Problem set 2.3 nomor 5
+
saya memilih soal Matriks Invers pada Problem set 2.3 nomor 5
  [[File:SOAL1.PNG|center]]
+
[[File:SOAL1.PNG|center]]
  soal yang saya pilih cukup mudah untuk diselesaikan secara manual, saya menghitung invers dari matriks tersebut dengan kalkulator matriks dan  
+
soal yang saya pilih cukup mudah untuk diselesaikan secara manual, saya menghitung invers dari matriks tersebut dengan kalkulator matriks dan  
  mendapatkan hasil
+
mendapatkan hasil
  [[File:JAME1.PNG|center]]
+
[[File:JAME1.PNG|center]]
  Lalu saya membuat perintah yang dapat menyelesaikan invers dari persamaan matriks tersebut dengan aplikasi phyton yang telah terinstal modul numpy  
+
Lalu saya membuat perintah yang dapat menyelesaikan invers dari persamaan matriks tersebut dengan aplikasi phyton yang telah terinstal modul numpy  
  dengan memasukan matriks tersebut dan menyelesai kan seperti perintah berikut ini :
+
dengan memasukan matriks tersebut dan menyelesai kan seperti perintah berikut ini :
  [[File:PEME1.PNG|center]]  
+
[[File:PEME1.PNG|center]]  
  lalu dari perintah tersebut saya mendapatkan hasil sebagai berikut :  
+
lalu dari perintah tersebut saya mendapatkan hasil sebagai berikut :  
  [[File:HAPEME1.PNG|center]]
+
[[File:HAPEME1.PNG|center]]
  dari perintah yang saya tuliskan pada python, saya memiliki hasil output invers matriks yang sama dengan kalkulator matriks yang telah di hitung.
+
dari perintah yang saya tuliskan pada python, saya memiliki hasil output invers matriks yang sama dengan kalkulator matriks yang telah di hitung.
  
  
   '''Tugas Kedua 02'''
+
    
  Untuk PR kedua ini kami diminta untuk menyelsaikan tugas '''Initial Value Problem''' dengan menggunakan soal yang berhubungan dengan gerak suatu  
+
== Tugas Kedua 02 ==
  benda, untuk itu saya memilih soal tentang gerak jatuh bebas dengan solusi manual sebagai berikut.
+
 
  [[File:MANU2.jpg|503px|center]]  
+
Untuk PR kedua ini kami diminta untuk menyelsaikan tugas '''Initial Value Problem''' dengan menggunakan soal yang berhubungan dengan gerak suatu  
  pada soal tersebut terdapat 4 pertanyaan a, b, c dan d yang akan saya jawab menggunakan ''software'' Python, dengan perintah yang saya buat sebagai  
+
benda, untuk itu saya memilih soal tentang gerak jatuh bebas dengan solusi manual sebagai berikut.
  berikut :
+
[[File:MANU2.jpg|503px|center]]  
  [[File:PEME2.PNG|center]]
+
pada soal tersebut terdapat 4 pertanyaan a, b, c dan d yang akan saya jawab menggunakan ''software'' Python, dengan perintah yang saya buat sebagai  
  pada gambar tersebut saya telah mendefinisikan apa saja yang diketahui dan akan dihitung, untuk pertanyaan A tidak saya jawab dengan aplkasi karena  
+
berikut :
  dapat kita ketahui bahwa '''a = N'''. Dan pertanyaan b, c dan d telah saya jawab sesuai yang ada pada solusi manual. Dan berikut ini adalah hasil  
+
[[File:PEME2.PNG|center]]
  dari perintah yang telah dibuat :
+
pada gambar tersebut saya telah mendefinisikan apa saja yang diketahui dan akan dihitung, untuk pertanyaan A tidak saya jawab dengan aplkasi karena  
  [[File:HAPEME2.PNG|center]]
+
dapat kita ketahui bahwa '''a = N'''. Dan pertanyaan b, c dan d telah saya jawab sesuai yang ada pada solusi manual. Dan berikut ini adalah hasil  
  dan saya juga mencoba untuk mengubah waktu dan laju bola pada saat jatuh yang ada pada pertanyaan b dan d untuk menunjukan bahwa hasil perintah yang  
+
dari perintah yang telah dibuat :
  dibuat sudah benar.
+
[[File:HAPEME2.PNG|center]]
 +
dan saya juga mencoba untuk mengubah waktu dan laju bola pada saat jatuh yang ada pada pertanyaan b dan d untuk menunjukan bahwa hasil perintah yang  
 +
dibuat sudah benar.
 
Kesimpulan :  
 
Kesimpulan :  
 
Perhitungan matriks dengan metode manual memang membutuhkan banyak cara jika soal yang diberikan cukup kompleks oleh karena itu dengan menggunakan program python dapat mempermudah pengerjaan soal-soal yang cukup kompleks. Sehingga program ini dapat memudahkan pekerjaan untuk mencari hasil dari perhitungan yang kompleks.
 
Perhitungan matriks dengan metode manual memang membutuhkan banyak cara jika soal yang diberikan cukup kompleks oleh karena itu dengan menggunakan program python dapat mempermudah pengerjaan soal-soal yang cukup kompleks. Sehingga program ini dapat memudahkan pekerjaan untuk mencari hasil dari perhitungan yang kompleks.
Line 91: Line 93:
 
[[File:SIA3.PNG|500px|thumb|left|Slide 3]]  [[File:SIA4.PNG|500px|thumb|right|Slide 4]]
 
[[File:SIA3.PNG|500px|thumb|left|Slide 3]]  [[File:SIA4.PNG|500px|thumb|right|Slide 4]]
 
[[File:SIA5.PNG|500px|thumb|center|Slide 5]]
 
[[File:SIA5.PNG|500px|thumb|center|Slide 5]]
 +
 +
== Tugas Ketiga ==
 +
Pada tugas ketiga ini saya mengerjakan BAB 7 dengan metode Rungge Kutta dan Initial Value Problem. saya mengambil soal problem 7.1 nomor 10
 +
 +
[[File:AL1K.PNG|center]]
 +
[[File:AL2K.PNG|center]]
 +
 +
setelah melihat soal, saya meng-input kode sebagai berikut
 +
 +
[[File:AM1K.PNG|center]]
 +
 +
dan didapatkan hasil sebagai berikut :
 +
 +
[[File:IL1K.PNG|center]]
 +
 +
dan akan muncul grafik sebagai berikut
 +
 +
[[File:IK1K.PNG|center]]
 +
 +
Berikut adalah hasil dari perhitungan menggunakan metode Runge Kutta.

Revision as of 22:18, 27 February 2020

CaptureAriefk.png


Biografi

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Assalamualaikum Wr, Wb

Perkenalkan saya Arief Kurniawan', asal Kota Bekasi dan lahir pada 20 Juni 1999. Saat ini saya berkuliah di Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia angkatan 2018 dengan NPM 1806202323.

Saat masih SMA saya menyukai pelajaran fisika, lebih tepatnya materi yang membahas mekanika. dari situ saya berpikir meneruskan study saya di Fakultas Teknik, akhirnya saya mendaftar di Teknik Perkapalan UI. Ketika mengerjakan soal mekanika saya pernah berpikir, "Pasti akan lebih mudah jika bisa dikerjakan dengan cepat menggunakan Software perhitungan, akhirnya saya mencari di internet aplikasi perhitungan fisika dan menemukan PHET Phet Simulation karena phet ini saya jadi tertarik mendalami simulasi dan Design Engineering

Kesibukan saya saat ini adalah menyelesaikan kewajiban pada tim lomba Hydros UI 2020 yang dimana lomba tersebut bertujuan menciptakan propulsi kapal yang efisien dan hemat energi dengan tenaga penggerak motor listrik dengan bantuan Solar Panel sebagai supply energi kapal tersebut. Pada tim ini saya berada di divisi Body and Dynamics yang bertanggung jawab terhadap desain dan rancangan kapal yang akan kami manufaktur. Tentunya ada banyak masalah yang saya hadapi ketika menentukan rancangan untuk kapal tersebut diantara kekuatan struktur atau stiffner yang akan digunakan, aliran fluida yang terjadi pada body kapal dan bentuk kapal yang harus menyesuaikan barang apa saja yang akan ada di dalam kapal. Dari masalah tersebut saya menyelesaikan dengan menggunakan bantuan software seperti Maxsurf untuk mendesain bentuk kapal dan Solidworks untuk simulasi stress analysys pada struktur kapal dan aliran fluida pada kapal atau Computational Fluid Dynamics. Saya berharap di matakuliah Metodologi Numerik ini saya dapat mendalami dasar dasar pemograman yang nanti dapat membantu saya untuk melakukan simulasi atau desain yang lebih rumit nantinya, mungkin ini saja tentang saya terima kasih Wassalamualaikum Wr, Wb.

Pertemuan 1

  • Tanggal  : 7 Februari 2020
  • Pengajar : Dr. Ahmad Indra Siswantara

Pertemuan pertama dibuka dengan Bapak Dr. Ahmad Indra Siswantara yang biasa disapa Pak Dai, beliau membuka dengan bertanya kepada kami "apakah kalian mengenal saya?" walaupun tidak ada yang angkat tangan, 50% mahasiswa dikelas pasti mengenal beliau. Setelah itu kami dijelaskan tentang mata kuliah Metodologi Numerik ini, kemudian mulai membuat akun dan mengisi pengalaman kami di Wiki ini. Diakhir jam kuliah beliau memberi kami tugas untuk menyelesaikan perhitungan dengan menggunakan program.

Tugas Pertama

Menyelesaikan fungsi tersebut menggunakan pemograman Fungsi 12.PNG jika X = 1 berapakah nilai F(x) = ? jika secara manual soal tersebut dapat dikerjakan dengan menyederhanakan terlebih dahulu nilai dari x^-1 menjadi seperti ini Fungsi13.PNG kemudian akan didapatkan nilai F(1) = 2

Untuk menyelesaikan soal tersebut dengan pemograman saya menggunakan aplikasi Phyton dengan memasukan perintah seperti ini Phytonakur.PNG ini adalah perintah yang dibuat yang akan di jalankan

Phytonakur2.PNG dan ini adalah hasil dari perintah yang telah di jalankan

Dapat dilihat jika kita memasukan nilai X=1 makan hasil tersebut akan muncul = 2 sesuai dengan persamaan pada soal, dan ketika kita memasukan nilai X=2,3,4, ... maka akan otomatis terhitung sesuai perintah yang telah dibuat.


Pertemuan 2

  • Tanggal  : 14 Februari 2020
  • Pengajar : Dr. Ahmad Indra Siswantara

Pertemuan kedua

Pertemuan kedua kami mempelajari dasar-dasar filsuf kenapa nilai 1/1 meiliki hasil 1, 2/2 memiliki hasil 2, 3/3 memiliki hasil 1 tetapi 0/0 tidak memiliki hasil 1. lalu kami juga mempelajari apa itu maksud dan makna dari KEM, KEM merupakan singkatan dari (Ketidaktahuan,Egois dan Malas) ini merupakan masalah-masasalah yang saat ini dihadapi oleh para millenial saat ini. untuk itu kita sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran harus memiliki ilmu, tidak egois serta aktif pada suatu kegiatan tertentu atau bekerja. Dan kami juga diminta untuk memilih soal pada buku Numerical Methods With Engineering Python 3 untuk dikerjakan sebagai PR pada minggu depanya.

Tugas Kedua 01

Pada tanggal 14 Februari 2020, kami di kelas Metodologi Numerik, di haruskan mencari soal untuk dikerjakan sebagai tugas pada minggu berikutnya, saya memilih soal Matriks Invers pada Problem set 2.3 nomor 5

SOAL1.PNG

soal yang saya pilih cukup mudah untuk diselesaikan secara manual, saya menghitung invers dari matriks tersebut dengan kalkulator matriks dan mendapatkan hasil

JAME1.PNG

Lalu saya membuat perintah yang dapat menyelesaikan invers dari persamaan matriks tersebut dengan aplikasi phyton yang telah terinstal modul numpy dengan memasukan matriks tersebut dan menyelesai kan seperti perintah berikut ini :

PEME1.PNG

lalu dari perintah tersebut saya mendapatkan hasil sebagai berikut :

HAPEME1.PNG

dari perintah yang saya tuliskan pada python, saya memiliki hasil output invers matriks yang sama dengan kalkulator matriks yang telah di hitung.


Tugas Kedua 02

Untuk PR kedua ini kami diminta untuk menyelsaikan tugas Initial Value Problem dengan menggunakan soal yang berhubungan dengan gerak suatu benda, untuk itu saya memilih soal tentang gerak jatuh bebas dengan solusi manual sebagai berikut.

MANU2.jpg

pada soal tersebut terdapat 4 pertanyaan a, b, c dan d yang akan saya jawab menggunakan software Python, dengan perintah yang saya buat sebagai berikut :

PEME2.PNG

pada gambar tersebut saya telah mendefinisikan apa saja yang diketahui dan akan dihitung, untuk pertanyaan A tidak saya jawab dengan aplkasi karena dapat kita ketahui bahwa a = N. Dan pertanyaan b, c dan d telah saya jawab sesuai yang ada pada solusi manual. Dan berikut ini adalah hasil dari perintah yang telah dibuat :

HAPEME2.PNG

dan saya juga mencoba untuk mengubah waktu dan laju bola pada saat jatuh yang ada pada pertanyaan b dan d untuk menunjukan bahwa hasil perintah yang dibuat sudah benar. Kesimpulan : Perhitungan matriks dengan metode manual memang membutuhkan banyak cara jika soal yang diberikan cukup kompleks oleh karena itu dengan menggunakan program python dapat mempermudah pengerjaan soal-soal yang cukup kompleks. Sehingga program ini dapat memudahkan pekerjaan untuk mencari hasil dari perhitungan yang kompleks.

Tugas Tamabahan Presentasi

Slide 1
Slide 2
Slide 3
Slide 4
Slide 5


Laporan Asistensi

  • Tanggal  : 25 Februari 2020
  • Pengajar : Michael Ahli
Slide 1
Slide 2
Slide 3
Slide 4
Slide 5

Tugas Ketiga

Pada tugas ketiga ini saya mengerjakan BAB 7 dengan metode Rungge Kutta dan Initial Value Problem. saya mengambil soal problem 7.1 nomor 10

AL1K.PNG
AL2K.PNG

setelah melihat soal, saya meng-input kode sebagai berikut

AM1K.PNG

dan didapatkan hasil sebagai berikut :

IL1K.PNG

dan akan muncul grafik sebagai berikut

IK1K.PNG

Berikut adalah hasil dari perhitungan menggunakan metode Runge Kutta.