Difference between revisions of "Apri melianes febri"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Pertemuan 2)
(PERTEMUAN 6)
 
(16 intermediate revisions by the same user not shown)
Line 1: Line 1:
 +
'''السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ'''
 +
 
Full Name : Apri Melianes Febri                                                          [[File:Apri.jpg|100px|thumb|right|Apri]]
 
Full Name : Apri Melianes Febri                                                          [[File:Apri.jpg|100px|thumb|right|Apri]]
  
Line 16: Line 18:
  
 
== pertemuan 1 ==
 
== pertemuan 1 ==
 
+
7 februari 2020
  
 
[[File:Excel.png|500px|thumb|left|excel]]
 
[[File:Excel.png|500px|thumb|left|excel]]
Line 26: Line 28:
  
 
oleh karena itu saya menggunakan formula ini pada aplikasi phyton online yang dapat memproses formula tersebut. terlebih dahulu saya buat bahasa pemograman supaya bisa dijalankan. hasilnya ternyata berhasil ketika x=1 maka hasil y=2. programming ini berhasil.
 
oleh karena itu saya menggunakan formula ini pada aplikasi phyton online yang dapat memproses formula tersebut. terlebih dahulu saya buat bahasa pemograman supaya bisa dijalankan. hasilnya ternyata berhasil ketika x=1 maka hasil y=2. programming ini berhasil.
 +
 +
== Pertemuan 2 ==
 +
14 februari 2020
 +
 +
 +
Tugas 2
 +
 +
pada pertemuan kali ini kita diminta oleh pak dai untuk selalu ingat apa tujuan kita belajar metode numerik. hal yang membuat sesorang tidak maju karena KEM( ketidaktahuan egois dan malas). pada pertemuan ini pula kita diminta untuk berlatih pada soal soal yang ada dibuku dan menerapkannya pada software programming phyton.
 +
 +
 +
selain berlatih soal kita juga diajarkan untuk belatih pada bab 7 yaitu initial value problem
 +
 +
''Data-informasi-pengetahuan-ilmu yang bermakna-hikmah-hidayah''
 +
 +
data= merupakan angka, nama, huruf ata variable yang mempunyai nilai numerik atau karakter.
 +
contoh a=1, angka 1, 1 apel
 +
 +
 +
 +
 +
 +
analisis berasal dari
 +
 +
1. Statistikal-- berupa data dsikrit
 +
 +
2. Determinitik-- berupa persamaan differensial
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
TUgas 2.1
 +
pada tugas 2.1 ini saya memilih soal pada bab 2 yaitu menggunakan metode choleski untuk dekomposisi matrix. sebelumnya disajikan soal dengan sbgai berikut. saya menggunakan metode invers untuk mnegetahui nilai masing masing x pada matriks. ini merupakan cara penyelasaian yang sangat sederhana pada umumnya karena masih tergolong matrix 3x3.
 +
[[File:Metnum - Halaman 2.jpg|500px|]]
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
kemudian saya mencoba metode choleski untuk dekomposisi matrix sesuai dengan contoh yang diberikan pada buku. akan tetapi sebelum memulai kodingan terhadap matrixnya, kita perlu membuat kodingan choleskinya  dulu pada file yang berbeda. sehingga terbentuklah programing seperti gambar dibawah ini. penggunaan programing ini juga bisa digunakan untuk matrix dengan ukuran 3x3 keatas dan tidak perlu menentukan daerah adjoinnya.
 +
[[File:MessageImage 1582187545004.jpg|500px|]]
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
Tugas 2.2
 +
initial value problem
 +
pada tugas 2.2 ini kita diminta oleh pak dai untuk menyelesaikan permasalahan inital value problem. dimana kasus kali ini adalah kita menentukan berapa ketinggian sebuah kelapa dengan data data yang telah disajikan dan hubungannya dengan diferrensial
 +
 +
 +
[[File:Metnum - Halaman 1.jpg|500px|]]
 +
 +
 +
 +
berikut adalah hasil setelah melakukan kodingan terhadap kasus tersebut.
 +
 +
 +
[[File:Metnum22.png|500px|]]
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
Tugas 2.3
 +
 +
[[File:Slide1.PNG|500px]]
 +
[[File:Slide2.PNG|500px]]
 +
[[File:Slide3.PNG|500px]]
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
Asistensi /selasa, 25 februari 2020
 +
 +
 +
 +
 +
[[File:Apri1.JPG|500px]]
 +
 +
 +
 +
 +
[[File:Apri2.JPG|500px]]
 +
 +
 +
 +
 +
 +
[[File:Apri3.JPG|500px]]
 +
 +
 +
 +
 +
[[File:Apri4.JPG|500px]]
 +
 +
 +
 +
 +
 +
tugas 3
 +
inital value problem dengan runge kutta method
 +
 +
[[File:MessageImage 1582813906896.jpg|500px]]
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
 +
== Pertemuan 4 ==
 +
28 Februari 2020
 +
 +
Pada Pertemuan kali ini kita belajar mesimulasikan kapal dan menghitung hambatannya pada beberapa kecepatan yang berbeda. Untuk mesimulasikan itu kita menggunakan CFDSOF v1.5 powered by CCIT Group Indonesia
 +
 +
[[File:Kapsel.png|500px]]
 +
 +
[[File:MessageImage 1583421405092.jpg|500px]]
 +
 +
[[File:Grafik kapsel.png|500px]]
 +
 +
 +
setelah itu kita membuat proses regresi linear dengan menggunakan program phyton(tercantum di laporan asistensi)
 +
 +
 +
Laporan Asistensi
 +
3 Maret 2020
 +
Asisten: Michael Ahli, Teknik Kapal 2017
 +
 +
 +
[[File:Pri1.JPG|500px]]
 +
 +
 +
[[File:Pri2.JPG|500px]]
 +
 +
 +
[[File:Pri3.JPG|500px]]
 +
 +
 +
[[File:Pri4.JPG|500px]]
 +
 +
 +
[[File:Pri5.JPG|500px]]
 +
  
  
  
 +
== PERTEMUAN KE 5 ==
  
 +
pada pertemuan kali ini kita membahas tentang perbedaan initial value problem dan boundary value problem serta contoh kejadiannya
  
  
 +
ASISTENSI KE 3
  
 +
10 MARET 2020
  
 +
[[File:Dapri1.JPG|500px]]
  
 +
[[File:Dapri2.JPG|500px]]
  
 +
[[File:Dapri3.JPG|500px]]
  
 +
[[File:Dapri4.JPG|500px]]
  
 +
[[File:Dapri5.JPG|500px]]
  
  
  
== Pertemuan 2 ==
+
Tugas Initial Value problem
14 februari 2020
+
 
 +
 
 +
Sebuah truk memiliki posisi awal 0 pada t=0 dan dihitung jarak pada waktu yang diinginkan yaitu pada 0.05 detik. Dengan metode Runge-Kutta dengan cepat kita bisa mendapatkan hasil yang diinginkan hanya dengan memasukkan waktu yang diperlukan untuk setiap pergerakan si mobil truk tersebut, Berikut penyelesaian dengan metode Runge-Kutta :
 +
 
 +
 
 +
[[File:IVP cuy.png|500px]]
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
Tugas Boundary Value Problem
 +
 
 +
 
 +
Hambatan ini dibatasi oleh kecepatan tertetu yaitu yang saya ambil pada 5 m/s, 6 m/s, 7 m/s, 8 m/s, dan 9 m/s dan didapat regresi berikut ini :
 +
 
 +
[[File:BVPcuy.png|500px]]
 +
 
 +
==PERTEMUAN 6==
 +
TUGAS OPTIMASI
 +
 
 +
https://www.youtube.com/channel/UCc6DFXRJHPRFa3XgDVOuoTw?view_as=subscriber
 +
 
  
 +
Tugas 8
 +
Optimasi sebuah balok
  
Tugas 2
 
  
pada pertemuan kali ini kita diminta oleh pak dai untuk selalu ingat apa tujuan kita belajar metode numerik. hal yang membuat sesorang tidak maju karena KEM( ketidaktahuan egois dan malas). pada pertemuan ini pula kita diminta untuk berlatih pada soal soal yang ada dibuku dan menerapkannya pada software programming phyton.
 
  
 +
[[File:Apri optmasi.png|200px]]
  
selain berlatih soal kita juga diajarkan untuk belatih pada bab 7 yaitu initial value problem
+
==UTS METODE NUMERIK==
 +
Berikut ini adalah tugas simulasi AUV saya pada Software CFDSOft beserta regresi linearnya.
  
''Data-informasi-pengetahuan-ilmu yang bermakna-hikmah-hidayah''
+
https://www.youtube.com/watch?v=tA7AIKps9sM&t=304s  (part1)
  
data= merupakan angka, nama, huruf ata variable yang mempunyai nilai numerik atau karakter.
+
https://www.youtube.com/watch?v=mWCZJtBIp2Q&t=227s  (part2)
contoh a=1, angka 1, 1 apel
 

Latest revision as of 14:48, 24 July 2020

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Full Name : Apri Melianes Febri
Apri

Sex : Male

Place/Date of Birth : Padang, 19 april 1998

Address : wisma dwika jalan mandor goweng n0.65 rt4rw5 kukusan beji depok

Phone No. : 085278069287

email : aprimelianes@gmail.com


programming knowledge: Semasa di sma saya pernah belajar basic pascal. selain itu saya juga bisa MS office dan beberapa aplikasi design yang berhubungan dengan kapal seperti maxsurf dan autocad serta autodesk inventor


pertemuan 1

7 februari 2020

excel

jadi sebelumnya kita diberi tugas oleh Pak dai yaitu membuat fungsi F(x) = x^2-1/x-1 lalu menjalankan fungsi tersebut pada pemograman. pada awalnya saya menggunakan cara manual yaitu dengan menggunakan rumus tersebut pada ms excel. akan tetapi pada nilai x=0, formula tersebut tidak berfungsi dengan baik atau 0/0. oleh sebab itu, fungsi ini diubah dalam bentuk limit agar diapatkan hasil yang mendekati limit.

Phyton 3


oleh karena itu saya menggunakan formula ini pada aplikasi phyton online yang dapat memproses formula tersebut. terlebih dahulu saya buat bahasa pemograman supaya bisa dijalankan. hasilnya ternyata berhasil ketika x=1 maka hasil y=2. programming ini berhasil.

Pertemuan 2

14 februari 2020


Tugas 2

pada pertemuan kali ini kita diminta oleh pak dai untuk selalu ingat apa tujuan kita belajar metode numerik. hal yang membuat sesorang tidak maju karena KEM( ketidaktahuan egois dan malas). pada pertemuan ini pula kita diminta untuk berlatih pada soal soal yang ada dibuku dan menerapkannya pada software programming phyton.


selain berlatih soal kita juga diajarkan untuk belatih pada bab 7 yaitu initial value problem

Data-informasi-pengetahuan-ilmu yang bermakna-hikmah-hidayah

data= merupakan angka, nama, huruf ata variable yang mempunyai nilai numerik atau karakter. contoh a=1, angka 1, 1 apel



analisis berasal dari

1. Statistikal-- berupa data dsikrit

2. Determinitik-- berupa persamaan differensial




TUgas 2.1 pada tugas 2.1 ini saya memilih soal pada bab 2 yaitu menggunakan metode choleski untuk dekomposisi matrix. sebelumnya disajikan soal dengan sbgai berikut. saya menggunakan metode invers untuk mnegetahui nilai masing masing x pada matriks. ini merupakan cara penyelasaian yang sangat sederhana pada umumnya karena masih tergolong matrix 3x3. Metnum - Halaman 2.jpg





kemudian saya mencoba metode choleski untuk dekomposisi matrix sesuai dengan contoh yang diberikan pada buku. akan tetapi sebelum memulai kodingan terhadap matrixnya, kita perlu membuat kodingan choleskinya dulu pada file yang berbeda. sehingga terbentuklah programing seperti gambar dibawah ini. penggunaan programing ini juga bisa digunakan untuk matrix dengan ukuran 3x3 keatas dan tidak perlu menentukan daerah adjoinnya. MessageImage 1582187545004.jpg





Tugas 2.2 initial value problem pada tugas 2.2 ini kita diminta oleh pak dai untuk menyelesaikan permasalahan inital value problem. dimana kasus kali ini adalah kita menentukan berapa ketinggian sebuah kelapa dengan data data yang telah disajikan dan hubungannya dengan diferrensial


Metnum - Halaman 1.jpg


berikut adalah hasil setelah melakukan kodingan terhadap kasus tersebut.


Metnum22.png








Tugas 2.3

Slide1.PNG Slide2.PNG Slide3.PNG






Asistensi /selasa, 25 februari 2020



Apri1.JPG



Apri2.JPG



Apri3.JPG



Apri4.JPG



tugas 3 inital value problem dengan runge kutta method

MessageImage 1582813906896.jpg






Pertemuan 4

28 Februari 2020

Pada Pertemuan kali ini kita belajar mesimulasikan kapal dan menghitung hambatannya pada beberapa kecepatan yang berbeda. Untuk mesimulasikan itu kita menggunakan CFDSOF v1.5 powered by CCIT Group Indonesia

Kapsel.png

MessageImage 1583421405092.jpg

Grafik kapsel.png


setelah itu kita membuat proses regresi linear dengan menggunakan program phyton(tercantum di laporan asistensi)


Laporan Asistensi 3 Maret 2020 Asisten: Michael Ahli, Teknik Kapal 2017


Pri1.JPG


Pri2.JPG


Pri3.JPG


Pri4.JPG


Pri5.JPG



PERTEMUAN KE 5

pada pertemuan kali ini kita membahas tentang perbedaan initial value problem dan boundary value problem serta contoh kejadiannya


ASISTENSI KE 3

10 MARET 2020

Dapri1.JPG

Dapri2.JPG

Dapri3.JPG

Dapri4.JPG

Dapri5.JPG


Tugas Initial Value problem


Sebuah truk memiliki posisi awal 0 pada t=0 dan dihitung jarak pada waktu yang diinginkan yaitu pada 0.05 detik. Dengan metode Runge-Kutta dengan cepat kita bisa mendapatkan hasil yang diinginkan hanya dengan memasukkan waktu yang diperlukan untuk setiap pergerakan si mobil truk tersebut, Berikut penyelesaian dengan metode Runge-Kutta :


IVP cuy.png



Tugas Boundary Value Problem


Hambatan ini dibatasi oleh kecepatan tertetu yaitu yang saya ambil pada 5 m/s, 6 m/s, 7 m/s, 8 m/s, dan 9 m/s dan didapat regresi berikut ini :

BVPcuy.png

PERTEMUAN 6

TUGAS OPTIMASI

https://www.youtube.com/channel/UCc6DFXRJHPRFa3XgDVOuoTw?view_as=subscriber


Tugas 8 Optimasi sebuah balok


Apri optmasi.png

UTS METODE NUMERIK

Berikut ini adalah tugas simulasi AUV saya pada Software CFDSOft beserta regresi linearnya.

https://www.youtube.com/watch?v=tA7AIKps9sM&t=304s (part1)

https://www.youtube.com/watch?v=mWCZJtBIp2Q&t=227s (part2)