Algoritma, ''Flowchart'', dan Pemograman Komputer
Algoritma
susunan langkah-langkah sistemis dan logis dalam pemecahan suatu masalah. Mempunyai tiga cara dalam penyusunan algoritma :
- Dengan merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah melalui kalimat yang terstruktur (tersusun secara logis)
- Menggabungkan kalimat dengan penggalan stratements yang ada di suat bahasa pemrograman (mis: Pascal). Biasanya disebut dengan Pseudo code (mirip dengan kode atau perintah pemrograman)
- Menggunakan diagram alir (flowchart)
Struktur algoritma antara lain :
- Input
- Output
- Proses Pengolahan Data
- Penyimpanan Data
Flowchart
Penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian. Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.
Jenis Flowchart :
- Flowchart Sistem
- Flowchart Dokumen
- Flowchart Skematik
Pemrograman Komputer
Segala kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan program komputer. Program komputer adalah kumpulan instruksi untuk mengatur komputer agar melaksanakan tugas sesuai dengan yang dikehendaki oleh user / pemakai. Program dibedakan menjadi dua macam :
- Program Sistem : merupakan program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya yang ada pada komputer baik yang bersifat internal seperti RAM maupun bersifat eksternal seperti driver printer, modem, dll.
- Program Aplikasi : merupakan program yang biasa dipakai user untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan aktivitas pekerjaan. Misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, memutar musik, dll.