Agis Gilang Setiawan

From ccitonlinewiki
Revision as of 16:52, 17 December 2019 by Agis Gilang Setiawan (talk | contribs) (Minggu 4)
Jump to: navigation, search

Bismillahirrahmannirrahim ("Hello World!")

Fotoagis.jpg

Jangan lupa istighfar dan berdoa sebelum melakukan sesuatu

Minggu 1

Mengapa kita harus belajar kalkulus?

Sebagai fondasi dasar untuk dapat mempelajari dan memahami mata kuliah lanjutan lainnya sekaligus melatih sense pelajar dalam menyelesaikan masalah yang berbasis logika

Phyton adalah salah satu bahasa pemrograman yang umum digunakan

Flowchart

Input --> Process --> Output

Pelajaran 1 minggu kedepan : pelajari Phyton, dan buat program untuk menyelesaikan suatu persoalan (dimulai dari alogaritmanya)


TUGAS 1

Python adalah salah satu dari banyaknya bahasa pemrograman. Python merupakan bahasa pemrograman yang paling sering digunakan di zaman modern ini.
Menyelesaikan persamaan (x^2-1)/(x-1) dengan menggunakan pyhthon.


  def tugas(x):
     result = (x**2-1)/(x-1)
     try:
         result
     except ZeroDivisionError:
         result = float('~')
     return result

  a = 1
  b = a + 0.3
  d = a - c
  hasilnya = 0
  jumlah = 0
  while a < b+ 0.5:
     d =d + 0.01
     print(result(d))
     a = a + 0.1
     jumlah = jumlah + 1
     if soal(d) != float('~'):
         hasilnya = hasilnya + soal(d)

      
     print("Limit = ")
     print(hasilnya/jumlah)

Minggu 2

Kita harus mengenal terlebih dahulu partner kita dalam bekerja, yakni komputer

Pengertian bit

Praktik Langsung

Dasar-dasar programming + Phython

Diberi tugas dan mengerjakan dirumah

Mempelajari Tupple dan List

Tuple

Tuple adalah daftar yang berurutan dan terdiri dari beberapa elemen. Sebagai contoh tuple digunakan untuk menyimpan data seperti nama, nomor telepon, tempat dan tanggal lahir, email, dll.


List

List adalah kumpulan data yang berurutan maupun yang tidak berurutan. List dapat digunakan untuk menyimpan data kedalam daftar, mengurangi data, dan menambah data.

Minggu depan akan diadakan quiz 1 metnum

Minggu 3

Mempelajari penggunaan fungsi while, if, else, dan for

Mempraktikan penggunaan bahasa pemrograman untuk membuat deret bilangan Fibonacci

Penggunaan while

a=0
b=1
d=1
n1=input()
n=int(n1)
if(n==1):
    c=1
else:
    while(d<n):
        c=a+b
        a=b
        b=c
        d=d+1
print("Suku " + n1 + " adalah:")
print(c)

Penggunaan For

a=0
b=1
d=1
n1=input()
n=int(n1)
if(n==1):
    c=1
else:
    for d in range(n-1):
        c=a+b
        a=b
        b=c
        d=d+1
print("Suku " + n1 + " adalah:")
print(c)

Sebelum pekan depan sudah dibuatkan kelompok dan oekan depan sudah mengerjakan tugas kelompok


Minggu 4

Tugas Membuat program Gauss Elimination Saya dapat membuat program menghitung nilai X pada AX=B dengan metode Gauss Elimination. Namun masih memiliki kekurangan yaitu, hanya berlaku untuk matriks rectangular (nxn), dan Matrik B hanya memiliki 1 kolom.

a=[[2,-3,-1],
  [3,2,-5],
  [2,4,-4]]
b =[[3],
   [-9],
   [-5]]
c=[1,1,1,1,1,1,1,1]
n=len(b)
#Elimination
for k in range(0,n-1):
        for i in range(n-1,k,-1):
            if a[i][k] != 0.0:
                op= a[i][k]/a[i-1][k]
                b[i][0]=b[i][0]-op*b[i-1][0]
                for f in range(0,n):
                        a[i][f]=a[i][f]-op*a[i-1][f]
#Subtitution                       
if a[n-1][n-1] != 0:
    c[n-1]=b[n-1][0]/a[n-1][n-1]
else:
    c[n-1]=0
for i in range(n-2,-1,-1):
    sigma=0
    for k in range(0,n,1):
            y=a[i][k]*c[k]
            sigma=sigma+y
    sigma=sigma-a[i][i]
    if a[i][i] != 0:
        c[i]=(b[i][0]-sigma)/a[i][i]
    else:
        a[i][i] =0
for v in range(0,n,1):
    print(a[v])
print(c[0:n])

Perhatikan dosen dan serap ilmunya, jangan bukunya Mechanical modelling seperti stress Parameter elastisitas sebagai sifat bahan kita makhluk yang sangat dimuliakan kenalkan pancasila, keengganan dalam berubah bentuk modeling kasus engineering dengan metnum parameter secara pyshically Macam macam tegangan Mengurangi kebenaran, karena pengurangan asumsi pada simulasi Keadaan disederhanakan terus Mengimplementasikan bab 2 untuk Tugas saya menyusun persamaan diatas untuk tiap titik

Minggu 5

Phyton adalah bahasa pemrograman yang umum digunakan
Modelling spring system
Modelling menggunakan matrix system
Penggunaan Third Party Tool seperti Numpy dan Simpy


Minggu 6

Peran komputer adalah sebagai tool dalam menyelesaikan modelling
Asumsi kontinuum, homogen, dan konstan 
Imagination is more powerful than knowledge
Kontinuum adalah sebuah notasi dimana ketika variabel terikat memiliki perubahan yang sangat kecil mendekati 0 akan memiliki nilai yang sama
Percaya akan tuhan, surga, dan neraka
Metode numerik merupakan Computer Aided Engineering
Penjelasan runge kutta untuk penyelesaian persamaan turunan.


Minggu 7

Diadakan kuis

UTS

Muhasabah UTS

Problem A
#Menentukan nilai gravitasi
g=float(input("Masukkan nilai g(m/s^2):"))
#Menentukan nilai m4
m4=float(input("Masukkan nilai m4(kg):"))
#Menentukan nilai m3
m3=float(input("Masukkan nilai m3(kg):"))
#Menentukan nilai m2
m2=float(input("Masukkan nilai m2(kg):"))
#Menentukan nilai m1
m1=float(input("Masukkan nilai m1(kg):"))

#Pengoperasian mencari nilai sin a
sina=m4/(m3+m2+m1)
#Menghitung nilai T3
T3=m4*g
#Menghitung nilai T2
T2=T3-(m3*g*sina)
#Menghitung nilai T1
T1=m1*g*sina

#print nilai T3
print("Besar T3:",T3,"N")
#print nilai T2
print("Besar T2:",T2,"N")
#print nilai T1
print("Besar T1:",T1,"N")

Problem B
#Menentukan nilai gravitasi
g=float(input("Masukkan nilai g(m/s^2):"))
#Menentukan nilai massa mobil
m=float(input("Masukkan nilai massa mobil(kg):"))
#Menentukan nilai koefisien gesek
cs=float(input("Masukkan nilai cs:"))
#Menentukan nilai koefisien drag udara
cd=float(input("Masukkan nilai cd:"))
#Menentukan nilai a
a=float(input("Masukkan nilai a(m/s^2):"))
#Menentukan nilai xo
xo=float(input("Masukkan nilai xo(m):"))
#Menentukan nilai vo
vo=float(input("Masukkan nilai vo(m/s):"))
#Menentukan nilai vmaks
vmaks=float(input("Masukkan nilai vmaks(m/s):"))
#Pengoperasian mencari nilai gaya gesek
frik=m*g*cs
din=cd*vmaks**2
#Pengoperasian mencari tmaks
tmaks=(vmaks-xo)/(a-(m*g*cs)-(cd*vmaks**2))
#Menghitung nilai xmaks
xmaks=xo+vo*tmaks+(0.5*a*tmaks**2)-(0.5*frik*tmaks**2)-(0.5*din*tmaks**2)

#print nilai tmaks
print("t saat vmaks:",tmaks,"s")
#print nilai T3
print("x saat vmaks",xmaks,"m")


test

m = eval(input("massa mobil : "))
g = 9.81
cd = eval(input("koefisien drag udara : "))
frik = eval(input("koefisien gesek jalan : "))
hp = eval(input("Besar Horsepower mobil : "))
rpm = eval(input("Besar RPM mobil : "))
sina = eval(input("Besar sina bidang miring: "))
cosa = eval(input("Besar cosa bidang miring: "))
v = 0
t = 0
dt = 1 #tinggi step atau waktu
error = 100 

Fmobil = (hp * 9550) / (rpm * ((2 * 3.14)/60))
p = (Fmobil/m) - g*frik
q = cd/m 

def dvdt(t, v):
    return p-(q*(v)**(1.5))-(cosa*frik*g)-(sina*g)

while error > 0.005: 
    k1 = dvdt(t, v) 
    k2 = dvdt(t + 0.5 * h, v + 0.5 * h * k1)
    k3 = dvdt(t + 0.5 * h, v + 0.5 * h * k2) 
    k4 = dvdt(t + h, v + h * k3) 
    v1 = v + (1.0 / 6.0)*(k1 + 2 * k2 + 2 * k3 + k4)
    t = t + h
    error = ((v1 - v) / v1)*100 #persentase error
    v = v1
    lst.append(v1)
   
waktu = len(lst)

print ("waktu untuk mencapai velocity maksimal adalah: ", waktu+1)
print ("velocity maksimal adalah: ", v1)


Minggu 10

Kasus fisika nyata runge-kutta


Minggu 11

Penjelasan mengenai gelombang
Sarjana dituntut merumuskan masalah kemudian menemukan solusi
Sales mobil menjual mobil dengan spesifikasi power dan torque


Minggu 12

Terdapat banyak cara pengelolaan data
Terdapat error dalam suatu pengelolaan data
Dilakukan optimasi sebagai pengurangan error
Optimasi dilakukan untuk mencari nilai efektif


Minggu 13

Penggunaan CFDSOF
Penggunaan Paraview
Menghitung gaya drag dan gaya lift


Minggu 14

Quiz
Soal yang diberikan berupa soal yang sudah diberikan sebelumnya
Sebagai review
Presentasi kelompok yang sudah selesai


Minggu 15

Presentasi CFDSOF


Minggu 16

Mempelajari tentang ANN (Artificial Neural Network)
Terinspirasi dari otak manusia
Digunakan dalam klasifikasi dan prediksi
Tahapan-tahapan membuat ANN