Afitro Adam Nugraha

From ccitonlinewiki
Revision as of 22:17, 15 February 2020 by Afitro Adam Nugraha (talk | contribs)
Jump to: navigation, search


Profil

Afitro.jpg

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Nama : Afitro Adam Nugraha

NPM : 1906323962

Prodi : Magister Teknik Mesin

Konsentrasi : Teknik Kendaraan dan Alat Berat

e mail : afitro.adam@ui.ac.id

Komputasi Teknik

Dosen : Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara

Kode : ENME802004

Bobot : 2 sks


Pertemuan ke-1 (03-02-2020)

Bismillahirrahmanirrahim...

1. Muhasabah

Hal yang saya ketahui dari komputasi teknik sangat sedikit sekali. Pada masa S1 saya menggunakan software desain seperti solidwork dan inventor dalam mendesain komponen-komponen yang ada pada kendaraan dan microsoft exel untuk mengolah/mensimulasikan data. Untuk mensimulasikan dinamika kendaraan saya menggunakan software CarSim. Untuk simulasi menggunakan CFD saya belum pernah memakainya.

Pada saat sekarang saya melakukan analisis yang sangat sederhana. Penelitian yang saya lakukan merupakan penelitian lanjutan untuk Mobil Listrik Nasional City Car MEV-02 Universitas Indonesia khususnya komponen booster rem yang merupakan bagian dari sistem rem. Booster rem berfungsi untuk menambah bantuan gaya dorong pengemudi pada saat pengereman, sehingga membuat proses pengereman lebih ringan dan nyaman bagi pengendara. Booster rem yang digunakan City Car MEV-02 masih menggunakan tipe Vacum Brake Booster yang digunakan pada kendaraan konvensional berbahan bakar fosil. Untuk dapat digunakan pada kendaraan listrik, penggunaan Vacum Brake Booster memerlukan adanya tambahan komponen berupa pompa vakum yang menghabiskan baterai 1200 Wh. Penggunaan Vacum Brake Booster akan digantikan dengan model Selenoid Brake Booster sehingga diharapkan lebih efisien dalam penggunaan baterai, menghilangkan pompa vakum berbobot 4,5 kg sehingga lebih sederhana serta lebih mudah dalam proses perawatan/perbaikan.

Saya menggunakan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan tahapan sebagai berikut:

1. Kajian literatur

2. Pengambilan data awal spesifikasi kendaraan

3. Pengukuran awal proses pengereman kendaraan dengan booster rem tipe vakum

4. Pemodelan desain komponen Selenoid Brake Booster dengan softwere Solidwork

5. Simulasi komponen Selenoid Brake Booster dengan software carsim

6. Pembuatan model komponen Selenoid Brake Booster

7. Melakukan analisis data pengereman seperti gaya pengereman, jarak pengereman dan waktu pengereman dengan mekanisme komponen Selenoid Brake Booster yang telah dibuat.

Setelah melalui tahap kedua, saya melakukan pengukuran awal sederhana menggunakan microsoft exel untuk mengolah data-data dan mengetahui berbagai macam gaya-gaya yang bekerja pada sistem rem kendaraan sehingga dapat mendesain komponen Selenoid Brake Booster dengan Solidwork.

Diharapkan setelah mengikuti perkuliahan komputasi teknik dengan Pak Dai dapat menambah wawasan dan pengetahuan saya dalam melanjutkan penelitian yang sedang saya jalani.

2. Tujuan Perkuliahan

1.1. Diharapkan dapat memahami konsep dan prinsip yang ada dalam komputasi teknik

1.2. Mampu menerapkan tujuan pertama pada konsep teknik mesin

1.3. Lebih bisa dalam mengenal diri sendiri

3. Komputasi Teknik

Komputasi teknik adalah suatu sistem perhitungan yang membutuhkan input berupa data numerik yang akan diproses dengan menggunakan komputer untuk menghasilkan suatu output berupa data analisis untuk memecahkan suatu masalah pada bidang teknik. Dengan adanya komputasi teknik dapat meminimalisir bahkan menghilangkan kesalahan - kesalahan dalam perhitungan data yang dilakukan oleh manusia secara manual, karena otak manusia akan semakin berkuran kefokusannya ketika terus-terusan digunakan untuk menghitung data numerik yang sangan banyak sekali.

Pertemuan ke-2 (10-02-2020)

1. Sinopsis Tugas Akhir (S1)

ANALISIS PERANCANGAN SISTEM REM PADA KENDARAAN ELECTRIC URBAN CONCEPT

Tujuan penelitian yang saya lakukan yaitu untuk memodifikasi rem pada kendaraan electrical urban concept agar bisa mengikuti kejuaraan Driver’s World Championship London 2016 sesuai regulasi. Penelitian ini di fokuskan untuk mengetahui pengaruh modifikasi mekanisme rem terhadap efisiensi gaya gesek pada kendaraan electrical urban concept. Penelitian menggunakan rem sepedam motor yang dimodifikasi dengan membuat sistem pegas pengembali untuk mencagah adanya gaya gesek antara pad rem dengan piringan cakram rem yang dapat menghambat laju kendaraan. Perhitungan dilakukan setelah didapat data hasil pengujian. Berdasarkan pengujian dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa sistem rem dengan menggunakan pegas pengembali dapat meningkatkan efisiensi laju kendaraan yang terhambat oleh gaya gesek antara pad rem dengan piringan cakram. Perancangan sistem rem tersebut mampu memberhentikan kendaraan dengan waktu 2,36s dan jarak pengereman 16,43m dengan kecepatan kendaraan minimal 50km/jam. Syarat tersebut telah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan panitia lomba yaitu harus dapat berhenti tidak lebih dari 20m dari titik pengereman pada kecepatan minimal 50km/jam.

2. Sinopsis Tugas Akhir (S1) Berdasarkan Ilmu Komputasi Teknik

Untuk mengembangkan tugas akhir saya dengan komputasi teknik yaitu mendapatkan data hambatan udara (aerodinamis) kendaraan. Hambatam udara merupakan salah satu komponen yang ada dalam menentukan laju dan proses pngereman kendaraan. Untuk mendapakan besarnya hambatan udara saya sedang belajar menggunakan CFDSOF yang dapat menghitung aliran udara yang mengenai penampang kendaraan.

Langkah yang pertama dilakukan mendesain dimensi dan bentuk kendaraan menggunakan software design Solidwork seperti berikut:

3sld.jpg

2.jpg