Difference between revisions of "Abraham Mahendiartha Putra"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 103: Line 103:
 
   
 
   
 
  end GaussJordan;
 
  end GaussJordan;
 +
 +
Dengan menggunakan perhitungan diatas ini, maka didapatkan hasil sebagai berikut di Open Modellica, yang mana perhitungan ini saya bandingkan langsung dengan solusi manual yang diberikan oleh sebuah website. Hasil ini menunjukan bahwa hasil perhitungan jika data yang dimasukan adalah sama, maka tidak mungkin memiliki hasil yang berbeda.
 +
[[File:Hasil GaussJordan.jpg]]

Revision as of 14:08, 25 November 2020

Abraham Mahendiartha Putra

Biodata Diri

Nama : Abraham Mahendiartha Putra

NPM  : 1806201390

TTL  : Jakarta, 25 Mei 2000

Hobi : Bersepeda


Saya adalah mahasiswa FTUI angkatan 2018 dari jurusan Teknik Mesin dan saya adalah salah satu ciptaan terbaik dari Tuhan Yang Maha Esa, karena pada prinsipnya Tuhan Yang Maha Esa itu mendesain manusia dengan sebaik-baiknya makhluk.

Saya merupakan mahasiswa dari Universitas Indonesia dengan jurusan Teknik Mesin. Saya selalu termotivasi untuk mengembangkan kemampuan saya baik secara akademik maupun non akademik, dengan cara metode pembelajaran baik di dalam maupun diluar universitas. Saya berharap saya dapat menjadi orang yang dapat membantu bagi sekitar saya di masa depan.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan dari pembelajaran metode numerik ini adalah :

  • 1. Membuat saya paham konsep dengan dengan baik tentang dasar-dasar dari metode numerik. Jika tidak dapat memahami konsep dengan baik maka tidak dapat mengerti.
  • 2. Memampukan saya memahami konsep didalam sebuah model numerik.
  • 3. Memampukan saya dalam mengerjakan soal teknik dengan ilmu numerik.
  • 4. Sebagai nilai tambah bagi saya agar menjadi manusia yang beradab seperti pada Sila ke-2 Pancasila.

Mata Kuliah Metode Numerik

Selama pelajaran metode numerik sebelum uts ini, saya belajar tentang adanya error atau kesalahan di dalam metode numerik, serta saya juga belajar tentang banyaknya pendekatan aproksimasi dalam menentukan sebuah faktor-faktor sebuah persamaan. Cara-cara yang digunakan cukup banyak, dengan salah satunya adalah Newton-Rhapson, Bisection, serta secant method. Selain hal tersebut saya juga diajarkan metode interpolasi yang mana metode ini dapat membantu saya dalam menentukan sebuah angka diantara 2 buah data.


Pada diskusi pembelajaran Rabu 11 November 2020, saya belajar bahwa sebagai manusia saya memang sering merasa saya mengerti dan paham banyak hal. Namun diatas semua itu, saya harus mengetahui limitasi serta harus tau bahwa Tuhan adalah yang paling mengerti dan paling tau di dunia ini. Saya diberikan sebuah contoh pemahaman dengan menghitung nilai 1/0 dimana nilai tersebut tidak dapat di definisikan oleh manusia, tapi nilai tersebut hanya diketahui oleh Tuhan karena pada akhirnya Tuhan adalah Yang Maha Esa.

Tugas 1

Pada minggu pertama ini, setiap mahasiswa diminta untuk melihat dan mempraktikan tentang tutorial atau dasar Open Modellica dari youtube. Kemudian kami juga diharapkan untuk mengupload video tutorial singkat. Berikut ini adalah video basic tutorial dari saya untuk penghitungan defleksi statik pada Open Modellica


Minggu 2

Pada minggu kedua ini, kelas kami diminta untuk mereview dan menunjukan apa yang telah kami pelajari dari minggu pertama kemarin, serta apa yang telah kami pelajari dirumah pada aplikasi Open Modellica. Dalam kelas minggu 2, saya menunjukan apa yang telah saya buat pada Pak Dai dan Asisten. Selain itu, pada minggu ke 2 ini saya diajari apa alasan pemilihan penggunaan Open Modellica oleh Pak Dai, dimana Open Modellica bukanlah merupakah aplikasi programming namun aplikasi ini lebih terfokuskan untuk modelling dan perhitungan, sehingga hal ini yang menyebabkan penghitungan pada Open Modellica menjadi lama karena bahasa yang kita tulis pada Open Modellica akan di translate terlebih dahulu dalam bahasa C++ kemudian akan di proses kembali menjadi data-data perhitungan.

Dalam minggu kedua ini, kami juga mempelajari ilmu baru yaitu tentang class panggil dari file function. Dimana contoh fungsi yang kita buat adalah sebagai berikut :

FungsiTambahX1

function FungsiTambahX1

input Real x;
output Real y;

algorithm
y:=x+10;

end FungsiTambahX1;

Kemudian, kami membuat kelas untuk memanggil file fungsi yang telah kami buat diatas :

Panggil

class Panggil

parameter Real x1=5;
Real hasil10tambahx1;

equation
hasil10tambahx1=FungsiTambahX1(x1);

Dengan menggunakan file panggil diatas, nilai input x1 dapat didapatkan berdasarkan nilai yang diketik pada kelas panggil dan nilai input akan masuk terhadap function yang dipanggil oleh kelas panggil.

Tugas 2

Pada minggu ini, kami diberikan tugas kedua untuk membuat fungsi panggil seperti yang dicontohkan dalam perkelasan Metode Numerik pekan 2, dengan menggunakan persamaan algebra simultan dan variabel array. Dalam algebra simultan, ada beberapa variabel yang harus dicari valuenya dan variabel array adalah adalah variabel yang memiliki beberapa data nilai di dalamnya.

Dalam tugas ini saya akan membuat 4 persamaan sederhana dengan 4 nilai variabel yang nilainya harus dicari. Soal dari tugas 2 ini adalah sebagai berikut :

SoalGauss4x4.jpg

Kemudian, saya membuat file seperti berikut ini untuk menghitung persamaan berikut:

GaussFunction

function GaussFunction

input Real P[4,4];
input Real Q[4];
output Real R[4];

algorithm

R:=Modelica.Math.Matrices.solve(P,Q);

end GaussFunction;


GaussJordan

class GaussJordan

parameter Real A[4,4]=[2,4,-1,2;4,2,3,-1;6,-3,4,4;-2,1,-2,-1];
parameter Real B[4]={-7,17,19,-9};
Real X[4];

equation

X=GaussFunction(A,B);

end GaussJordan;

Dengan menggunakan perhitungan diatas ini, maka didapatkan hasil sebagai berikut di Open Modellica, yang mana perhitungan ini saya bandingkan langsung dengan solusi manual yang diberikan oleh sebuah website. Hasil ini menunjukan bahwa hasil perhitungan jika data yang dimasukan adalah sama, maka tidak mungkin memiliki hasil yang berbeda. Hasil GaussJordan.jpg