Difference between revisions of "Abdul Aziz Ananta"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 134: Line 134:
 
'''Rabu, 6 Maret 2019'''
 
'''Rabu, 6 Maret 2019'''
  
 +
Menghitung Persamaan
 +
Pada perhitungan struktural sederhana (pada pegas)
 +
|
 +
buat persamaan
 +
|
 +
pecahkan
 +
 +
Contoh kasus 1 :
 +
Ada bangunan dan memiliki 4 titik secara berurutan, titik 1 diatas dan titik 4 paling bawah, maka tentukan tegangan dan regangan paling tinggi.
 +
 +
hasil : tegangan terjadi pada titik 1
 +
        regangan, terjadi pada titik 4
 +
 +
Contoh kasus 2 :
 +
kerjakan menggunakan python persamaan berikut "
 +
  2x-2y=1
 +
  4x-6y=1
 +
 +
hasil : tidak bisa diselesaikan karena tidak memiliki titik temu. maka pelajaran yang bisa diambil ialah bahwa sebelum mengoprasikan dengan python maka harus ditelaah terlebih dahulu apakah persamaan bisa diselesaikan atau hanya mengecoh.
  
 
----
 
----

Revision as of 23:10, 12 March 2019

Tugas Metode Numerik 1

6 Februari 2018

Hingga Paling Dasar

Sebagai pembelajar, ilmu adalah tujuan utama dari hasil belajar, namun yang jadi pertanyaan adalah apakah ilmu yang kita dapatkan sudah benar-benar didapatkan? maksudnya hingga paling dasar.

Contohnya = (X^2-1)/(X-1) , dengan x = 1 seperti yang dicontohkan di papan tulis pada mata kuliah Metode Numerik. Pertanyaannya mengapa x=1 tidak bisa langsung dimasukkan?, banyak yang menjawab karena harus di-diferensialkan dan disederhanakan terlebih dahulu, namun banyak yang tidak tahu mengapa hal itu harus dilakukan dan apa penyebabnya?. Nah inilah yang dimaksud mengambil ilmu setengah-setengah.

Pada kelas Metode Numerik, Aki DAI mengatakan bahwa pada saat belajar kita harus selalu menyertakan pertanyaan-pertanyaan sampai paling mendasar hingga pertanyaan tersebut habis. Sehingga kita dapat paham sepenuhnya dengan dicerna dan tidak menelan ilmu mentah-mentah. Dengan begitu proses belajar menjadi lebih banyak manfaat dan jika ada pertanyaan-pertanyaan seputar pelajaran tsb, kita dapat menjawab hingga ke akar layaknya seorang ahli.

Mudah-mudahan kita sebagai mahasiswa dapat selalu menerapkan proses pembelajaran seperti ini, dan selalu menjadi orang yang merasa bodoh sehingga selalu penasaran dengan hal-hal yang belum diketahui serta tidak malu untuk bertanya.

-Abdul Aziz Ananta-



Tugas Metode Numerik 2

13 Februari 2019

Tugas Metode Numerik 2

ax + by = c dan px + qy =r dengan a,b,c,d,p,g,r adalah koeffisien dan x,y adalah variabel. buatlah algoritma dan flowchart dengan outputnya adalah syntax dengan 7-9 instruksi.

import numpy as np

A=np.array([

[a,b,c] 
])

B=np.array([

[p,q,r] 
])

Print A+B print A-B



Pertemuan 3 Kelas Metode Numerik

20 Februari 2019

penggunaan python yaitu untuk pengoprasian matematika yang lebih kompleks. seperi dari matrix n x n (anggap 50 x 50)

Materi : pengoprasian pengubahan matrix 3x3 diubah menjadi matrix segitiga bawah 0, dengan metode Gauss. Notasi : n : Jumlah baris/kolom i : Baris ke .. j : kolom k : pivot

Python memiliki bahasa sendiri, dan harus dipelajari sendiri di buku python BAB 1. contoh bahasa :

for k in range (0, n-1) :
  for i in range (k+1,n) :
if a[i,k] != 0.0: 
  lam = a[i,k]/a[k,k] (lam=lamda, dan a[i,k]=U1]
  a[i,k+l:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n]
  b[i] = b[i] - lam*b[k]

penggunaan "if" ialah menjadi pengecualian.




Tugas Metode Numerik 3

20 Februari 2019

Latihan Eliminasi Gauss


C--Users-lenovo-Pictures-Screenshots-Screenshot (201).png


Screenshot (202).png




Pertemuan 4 Metode Numerik

Rabu, 27 Februari 2019

Install numpy! command prompt -> pip install numphy

Fungsi-fungsi :

  array    : berfungsi mendefinisakan sebuah matrix
  [ ]      : berfungsi untuk memberi batasan pada matrix
  print(A) : berfungsi untuk menampilkan matrix A
  np       : berfungsi untuk komando memanggil kode seperti 
  array,dll np juga sebagai library dari python
  ' (kutip): berfungsi untuk menampilkan teks yang dikutip
  #        : notes/catatan yang diinginkan
  len      : berfungsi untuk membaca panjang array
  for      : tidak sejajar dengan yang lain
  range(o,n-1) -> x=baris, y=kolom

contoh matrix A = [U11, U12, U13], [U21, U22, U23], [U31, U32, U33] agar menjadikan segitiga 0 bawah, ialah dengan langkah-langkah, seperti;

  langkah I : 
  U21-Lam*U11=0, dengan Lamda = U21/U11
  U31-Lam*U11=0
  Langkah II :
  U32-Lam*U22=0
  dst

salah satu fungsi Eliminasi gauss dalam python adalah mencari nilai X tiap kolomnya.

Screenshot (203).png

Screenshot (204).png



Pertemuan 5 Metode Numerik

Rabu, 6 Maret 2019

Menghitung Persamaan Pada perhitungan struktural sederhana (pada pegas) | buat persamaan | pecahkan

Contoh kasus 1 : Ada bangunan dan memiliki 4 titik secara berurutan, titik 1 diatas dan titik 4 paling bawah, maka tentukan tegangan dan regangan paling tinggi.

hasil : tegangan terjadi pada titik 1

       regangan, terjadi pada titik 4

Contoh kasus 2 : kerjakan menggunakan python persamaan berikut "

 2x-2y=1
 4x-6y=1

hasil : tidak bisa diselesaikan karena tidak memiliki titik temu. maka pelajaran yang bisa diambil ialah bahwa sebelum mengoprasikan dengan python maka harus ditelaah terlebih dahulu apakah persamaan bisa diselesaikan atau hanya mengecoh.


Tugas 5 Metode Numerik

Aplikasi Eliminasi gauss pada sistem pegas seri

Jika Diketahui konstanta pegas 1,2 dan 3 serta gaya yang bekerja pada pegas :

Soalpegas.png

Pengaplikasian gaya pegas seri pada python :

Pegas1.0.png

Pegas2.png

Pegas3.png

Hasil running :

Pegas4.png